Materi Kuliah Algoritma dan Struktur Data

14 03 2008

Post ini bertujuan untuk mempromosikan teman saya yang menjadi dosen di UKDW. Dia sudah menulis beberapa modul kuliah yang mungkin berguna bagi kalian yang berminat. Kali ini saya menyajikan link untuk mendownload modul Algoritma dan Struktur Data.  Mata kuliah ini menurut saya sangat penting dan akan sangat membantu bagi anda yang berminat dalam bidang software engineering.

Ingat, materi kuliah ini buatan teman saya dan jika anda menjiplak / mengubah / mengutipnya mohon mencantumkan nama pembuat aslinya : Antonius Rachmat C.

Tujuan mata kuliah Algoritma dan Struktur Data :
Mahasiswa mampu memahami logika berpikir komputer, memahami prinsip kerja program, memahami alasan-alasan komputer dapat mengerjakan perintah-perintah yang diberikan, dan mampu menggambarkan logika jalannya program secara tertulis dengan algoritma (pseudo code) dan dilengkapi dengan diagram alir (flow chart) .

Perkenalan

Pengantar Algoritma dan Pemrograman
– Apa itu algoritma
– Kegunaan dan contoh
– Apa yang akan dipelajari selama kuliah

Flowchart dan Bahasa Pemrograman
– Flowchart
– Bahasa Pemrograman 3 GL dan Contohnya
– Mengenal C++ dan C#

Tipe Data, Keyword, Operator dan Kondisi (Percabangan)
– Tipe Data dan keyword
– Operator dan Derajatnya
– IF tunggal, bertingkat
– Multiple Conditions
– Switch Case
– Contoh-contoh dan latihan!

Perulangan (looping)
– For, While, DoWhile
– Break dan Continue
– Nested Loop
– Contoh kasus dan latihan!

Array 1 : Array 1 dimensi dan operasinya
– Definisi dan deklarasi
– Kegunaan, sifat-sifat Array 1 dimensi
– Contoh-contoh : add, search, edit, delete

Array 2 dimensi dan Manipulasi String
– Apa itu String
– Berbagai hal menarik tentang String

Prosedur dan Fungsi
– Procedure (void)
– Function (non-void)
– Parameter: formal dan aktual
– Latihan

ADT (Abstract Data Type) dan Stack dengan Array
– Definisi dan Deklarasi
– Kegunaan, sifat-sifat
– Contoh-contoh
– Stack dan kegunaanya

Struktur Data Antrian dengan Array
– Pengertian Antrian dan sifatnya
– Deklarasi
– Contoh penggunaan

Sorting dan Searching Array
– Bubble Sort
– Selection Sort
– Insertion Sort
– Quick Sort
– Searching sekuensial

Function by Reference
– Pengertian dan sifat-sifat
– Contoh-contoh

Aksi

Information

50 responses

14 03 2008
antonie

wahh terimakasih ya….
aku sudah dipromosikan… trims…

26 11 2010
rico

y podo2 ???????????????????????????????????????????
blh knln gak nie?????

15 03 2008
yuanlukito

@antonie : Hue he he he he… sama-sama. Ntar aku ditraktir makan aja ya :)

11 04 2008
PACE

terima kasih atas bahan – bahan kuliahnya.
bisa di kasih tentang ini ngak.
saya mau buat TA, judulnya pnerjemah inggris – makassar dengan metode loading data. bisa jelasin ngak bagaimana algoritmanya tuh. ada cara lain ngak
selain metode tersebut.

12 04 2008
yuanlukito

@PACE : saya baru kali ini dengar metode Loading Data. Jadi untuk saat ini belum bisa menjelaskan mengenai algoritma tersebut. Untuk membuat translator (penerjemah), mungkin artikel Computer Assisted Translator di Wikipedia ini bisa sebagai acuan awal untuk mencari bahan-bahan pendukung.

23 06 2008
hendriyoel

saya juga butuh algo dan petunjuk nya kawan2,bole bantu saya ?

23 06 2008
Yuan Lukito

@hendriyoel : coba mulai dari situsnya Anton (Dosen UKDW). Di sana dia banyak membagikan materi kuliah, terutama mengenai algoritma dan pemrograman.
http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/

13 10 2008
esa

nuhun. Iya, sebelum kesini pernah berkunjung ke blog pak Anton itu. Emang keren :)
Makasih ya.

31 10 2008
Margareth

Mas, bisa dalam bhs Inggris gak materi logika algoritmanya???

2 11 2008
Yuan Lukito

@Margareth : silahkan anda terjemahkan sendiri. Untuk materi berbahasa inggris anda bisa mencari di Wikipedia.

6 11 2008
juhEND

kaka,,,,kok dsna ga ada tutorial vb.net ya?wahh,,,saya lgi butuh bgd ne,,,ada yang punya ga ya??????

12 11 2008
22023028

Pak punya coding struktur data dengan Delphi ato pascal?

13 11 2008
Yuan Lukito

@22023028 : kamu bisa cari bukunya di perpustakaan. saya juga sempat lihat. :

14 11 2008
Arif

Terima kasih

4 02 2009
SRIYANTO

Atur nuhun pisan. Materi kuliahnya. Pasti bermanfaat banyak bagi saya dan rekan2 yg lain.

6 04 2009
Andik

Wah thank’s nih Pak, kebetulan saya lagi butuh2nya nih, soalnya saya baru masuk smester 2, saya kul di LPKIA (TI). Boleh minta contoh2 soalnya ga? sample implementasinya mungkin, kalo ada tlong k email saya y Pak? juga buat tmen2 smua dsini kalo ada masukan… boleh deh.
Email: andik00djblack@gmail.com
YM: andikdjblack

23 04 2009
rap_bean

pak saya minta nilai A ya ?? :D

28 04 2009
c03p2

makasih atas materinya pak, saya jadi terbantu dengan materi dari bapak

9 09 2009
Muhammad Dasuki

Terima Kasih Materinya saya baru mendalami/kuliah komputer jadi saya mengumpulkan data/kuliah tentang komputer.

22 09 2009
kade

memang asyik ya kuliah di era internet, tiggal klak-klik doang, dapet deh materi kuliah :)

27 10 2009
nuri

saya ada tugas ni pak di suruh bikin logic progra untuk aplikasi cari jodoh…..
tolong bantu saya y pak….

6 12 2009
dwi

tolong, jawabannya pake’ bahas c++ ya…………!

26 11 2010
rico

gak isok non????????????

22 02 2010
garry lotulung

makasih banyak atas slide2 yang telah dipublish..,
semoga berguna bagi anak2 IT di seluruh indonesia..,

22 02 2010
Yuan Lukito

@garry lotulung : ok sama-sama, yang perlu anda ingat, slide tersebut buatan teman saya, Antonius RC, bukan buatan saya pribadi. :)

27 02 2010
Eva Damayanti

Trims ya atas kebaikannya smoga ilmu yang ditulis ini bermanfaat bagi semua. amin

26 11 2010
rico

iiia sm sm??????????????????????????????????????????????

23 03 2010
dores

thanks ya…
dah bagi-bagi materi.
sukses dah…

17 04 2010
jalis

trim’s Om atas materi kuliahnya

28 04 2010
Ferry_ji

tq, jadi nambah2 ne ilmu gw……mudah2 pelajaran ibu acik, gw bisa lu2…amin..hehehe

1 05 2010
suyitno

matur nuwn yo kang ,mugo mugo bermanfaat.kanggo kabeh umumme lan pribadi

14 05 2010
arie

makasih ya bg informasinya…..

29 09 2010
ren

thx
blog anda membantu orang laen

26 11 2010
rico

he eh

12 10 2010
Ummul

terima kasih,,,pas buanget,,,hhe..^^

4 11 2010
hunter

terima kasih bt ilmu a yaaa……….

4 11 2010
hunter

terima kasih bt ilmu a yaaa……….

10 03 2011
kankunk

wah, koq pada minta dibikinin ya,
minta dijelasin dikit sih gak masalah. tapi loq sampe minta dibikinin sih terlalu,
tapi loq ada komisinya kayaknya pak anton gak keberatan tuh ..
hehehehe.
bener kan pak anton?

btw, materinya keren abiz, tapi pendekatan contohnya masih terlalu sederhana,,

11 03 2011
aslan

mksih…ilmunya,

28 03 2011
Wang Mei Li

thanks y tuk materi struk data ini ,
sangat membantu saya dlm proses pembelajaran ,
saya kuliah d mdp , smster 2.
sukses yy

13 05 2011
rofik

ok banget ni> makasih ….

22 08 2011
Gie

si om top markotop… hebat… sukses slalu GBU
hatur nuhun…… materinya yahhhuuuutt..

2 02 2012
cacamoi

terimakasih bahan kuliahnyaaa … sangat membantuuu .

14 02 2012
anto

ikut baca-baca bosss, kbetulan lagi nyari materi ini….. makasih bossss…..

27 02 2012
joko susilo

kok downloadnya error?

6 03 2012
sandy

makasih gan modulnya, ajib dahh

5 09 2012
Bagoes

Thx gann,,, membantu x saya kuliah ne,,,
http://erfolgmedia.com
share gann

17 10 2012
okishandy

matur suwun info.nya

21 10 2012
WebHosting Indonesia

Studi otodidak memang seringkali lebih mengena dan masuk ke otak. Namun, pelaku otodidak juga perlu wacana yang terstruktur seperti dalam tulisan ini.
Trims sudah berbagi ilmu :)

20 11 2013
Muhammad Ibnu

terimakasih. sangat membantu

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

