Loading Windows XP pada memory 4 GB

Salah satu posting di Forum CHIP di thread ini :
setelah ganti ram ke 4 x 1 gb …loading windows XP dan Vista saya kok sama aja ya …sekitar 15 detik ??
sebenernya ram itu ngaruh dimana nya ya ???
kok org2 pada ganti ram2 yg tinggi2 …
jadi menurut aku skrg sih 1 gb cukup kali ya …
thanksss

Jawaban saya :
Yup, secara sederhana bisa dibilang untuk load cepat (baik windows maupun aplikasi) memang lebih dibutuhkan harddisk yang cepat transfer datanya.

Sedangkan memory mulai “berbicara” jika kita menjalankan banyak program sekaligus, atau program yang haus memory, performa PC kita tidak turun drastis.

Tentu saja hanya harddisk yang cepat saja tidak menjamin, karena tentunya diperlukan keseimbangan sistem, seperti processor yang cepat, memory yang besar, dan komponen berkualitas lainnya. Harddisk cepat (10K atau malah 15K RPM) tapi memory kecil ya sama saja, cuma cepat di loadingnya aja.

Misal kasus 3DStudio Max.
Untuk menjalankan program ini, dibutuhkan loading dari harddisk (karena terinstall di harddisk), makanya dibutuhkan harddisk dengan kecepatan transfer yang hebat supaya program ini bisa loading lebih cepat.

Jika 3DS Max tersebut sudah berjalan maka giliran berikutnya adalah tanggung jawab memory, karena segala pemrosesan dalam program itu (rendering, texturing, mesh, etc) dioperasikan dalam memory.

Tambahan : Windows XP gw loading cuma dalam waktu 17-18 detik, dengan spesifikasi Pentium III 800 Mhz, 256 MB SDRAM dan 80 GB Harddisk Seagate 7200 RPM.

Tapi untuk jalanin photoshop CS 3 dah megap-megap keabisan nafas…. he he he he….

Moral of the story : kenapa orang masih mempermasalahkan waktu loading Windows, bahkan ada beberapa yang mengeluh tadinya loading Windows hanya progress 5x, sekarang tunggu 10x baru muncul Windowsnya. Bukannya lebih penting kecepatan program-program yang dijalankan ?🙂 Bukan cuma loadingnya saja, tapi kecepatan setelah loading tentu lebih diperlukan…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s