Identifikasi Lagu (MP3 Fingerprint)

Tadi pagi sempat nonton acara Sing A Song di RCTI. Menarik juga… itu komentar saya pada awalnya. Salah satu segmen pada acara tersebut mengingatkan saya pada ide lama yaitu bagaimana caranya supaya komputer bisa mengenali irama lagu dan mampu menyebutkan judul lagu dan penyanyinya dengan benar. Contoh kasusnya, kita dengar potongan lagu di radio. Lagu tersebut kebetulan enak didengar dan terasa familiar (sudah pernah dengar sebelumnya) tapi kita lupa judulnya.

Dengan memperdengarkan lagu tersebut pada komputer (atau perangkat lainnya seperti handphone, pda, dsb) maka gadget tersebut mampu menampilkan judul lagu dan nama penyanyinya.  Nantinya ide ini bisa dijadikan layanan komersial. Untuk setiap request yang berhasil (ditemukan judul lagu dan nama penyanyinya) maka operator memungut biaya tertentu. Jika tidak ditemukan maka hanya perlu membayar biaya gprs (jika memakai webservice) atau gratis (yang ini sepertinya tidak mungkin).

Lalu pertanyaannya apa yang membedakan satu lagu dengan lagu lainnya? pitch? frekuensi? Hmmm terus terang saya kurang ahli dalam bidang musik. Salah satu alternatif yang terbayang di otak saya saat ini dengan memetakan frekuensi dari file mp3 menjadi sebuah string (rangkaian karakter). Pemetaan dilakukan dengan melihat frekuensi dan pitch dari lagu tersebut.
Contoh :
Lagu Namidairo by YUI : F454D34E3FFDGAC987334DFGBC … 45DFGBC
Lagu Balonku ada 5 : 56FGCHGGDBOPQ45BCV … DBA

Jika ada potongan lagu lalu diubah dengan pemetaan tersebut menjadi 34E3FFDGAC…, maka dengan algoritma pencarian string ditemukan potongan tersebut cocok dengan lagu Namidairo by YUI.

Potongan lagu : 34E3FFDGAC
Namidairo by YUI : F454D34E3FFDGAC987334DFGBC … 45DFGBC

Tentu saja proses pemetaan ini perlu dilakukan dengan hati-hati karena kasus dimana lagu yang sama tapi dinyanyikan dengan irama berbeda sering ditemukan. Proses pencarian juga harus mampu mencari dengan suatu batas toleransi kemiripan (misal mirip 80%, mirip 92%). Proses pemetaan tersebut tujuannya untuk mencari “sidik jari” (fingerprint) dari suatu file mp3. Mungkin tidak terbatas untuk mp3 karena dimungkinkan untuk melakukan pemetaan format file audio lainnya seperti WMA, OGG, Wav dan sebagainya.

Ada yang berminat? atau ada yang ahli dalam teori musik dan punya pendapat lain mengenai cara mengenali suatu lagu? Ditunggu komentarnya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s