Foobar2000 Skin : iFoo 1.2.1

Sudah hampir 2 tahun saya menggunakan Foobar2000 sebagai player mp3 koleksi. Mungkin bagi sebagian orang nama Foobar2000 tidak sepopuler Winamp, Windows Media Player, iTunes dan beberapa player musik lainnya. Dimulai dari menginstall versi 0.8.x dengan tampilan sangat sederhana. Padahal waktu itu Winamp sudah memiliki tampilan yang jauh lebih bagus.

Alasan saya lebih menyukai Foobar2000 dibanding Winamp karena :

  • Foobar2000 relatif lebih ringan dibanding Winamp. Pemakaian memorinya juga lebih sedikit.
  • Dalam konfigurasi default, output suara yang dihasilkan Foobar2000 masih di atas Winamp.
  • Kustomisasi interface Foobar2000 tidak semudah Winamp, melainkan menggunakan sistem scripting. Bagi saya ini lebih menarik dan menantang

Cpu cycle evangelist? ya mungkin itu julukan yang tepat bagi saya🙂 sekaligus alasan yang kuat kenapa saya lebih memilih Foobar2000 dibanding Winamp.

Setelah beberapa bulan menggunakan skin FofR dan merasa puas, saya sedikit dikejutkan dengan muncul skin iFoo yang merubah tampilan Foobar2000 menjadi mirip dengan iPod Touch/iPhone. Lengkap dengan kemampuan memutar tampilannya, mendatar atau vertikal. Yang lebih mengasyikkan jika diubah ke tampilan mendatar maka akan muncul tampilan seperti Cover Flow pada iPod Touch/iPhone. Wow… nice work from Br3tt @ HydrogenAudio.

Hasilnya setelah skin dipasang pada Foobar2000 saya.
Posisi Vertikal :

ifoo-1.jpg

Posisi Horizontal (mendatar) :

ifoo-2.jpg

28 thoughts on “Foobar2000 Skin : iFoo 1.2.1”

  1. Thx mas buat link ifoo nya,q jg pakek foobar tp gk tau klo ada ifoo ni,blom q cb sih ifoo nya masih q download,ntar klo ada masalah bntu aq y mas coz q pakek foobar yg pling baru versi 0.9.5.1.Thx y

  2. Saya juga sudah coba dengan foobar 0.9.5.1 bisa berjalan dengan baik. Cuma saya menemukan satu bug berkaitan dengan komponen panels_ui yaitu list lagu tidak bisa dihapus. Setelah dikembalikan ke foobar 0.9.4.5 masalah tersebut hilang.

    Ok, jangan sungkan untuk tanya-tanya🙂

  3. Hi Yuan, untuk theme yg menggunakan PanelUI untuk volume tidak bisa di setting ya? And misalnya mau cepetin lagu nya juga ga bisa ya ? atau ada yg salah ya ? thx

  4. @Gyverd : sepertinya ada yang salah di instalasinya. Atau mungkin juga pada konfigurasinya tidak dipasang volume dan playback control itu.

    Untuk volume, bisa dicoba dengan trik mengaktifkan opsi global shortcut. Setting Volume Up ke tombol +, dan Volume Down ke tombol – . Nantinya untuk menaikkan/menurunkan volume bisa dengan menekan tombol itu.

    Ini buat skin sendiri atau kesulitan untuk konfigurasi skin foobar yang sudah ada? Saya sudah pernah banyak install skin foobar2000 mulai dari PanelsUI sampai ColumnsUI. Mungkin bisa didiskusikan lebih lanjut

  5. wah, kurang tau bos, soalnya g cm download dr web yg dilink itu. yg model iphone.
    apa ada yg kurang jadi ga bisa disetting volumenya ? ama ga bisa dimajuin lagunya.. mesti denger dari awal sampai habis. kurang apa ya ? thx.. btw cara diatas ga bisa juga bos.

  6. @Gyverd : sudah install .Net Framework 2.0? Selain .Net, juga perlu install library Visual C++ 2005 redistributable. Karena ada beberapa komponen yang memerlukan library .Net framework.

  7. Eh g kira Yuan blog luar, ngapain pake Inggris -.-. Ada Problem baru lagi nih hehe.. pas posisi horizontal bisa pilih album kan ya ? Pas dipilih kok lagunya itu2 aja ya. Lagu yg dipilih kaga jalan. Apa emang gitu ? hehe Sory To much questions. Masi newbie.

  8. @Gyverd : inggris juga gak apa-apa… hitung-hitung saya sekalian belajar. Kalau baca thread di hydrogenaudio sepertinya problem kamu sudah dibahas di sana. Kemungkinan ada kurang komponen? coba dicek lagi ya required components di page 1 thread tersebut.🙂

  9. @Welly : foobar2000 menggunakan sistem plugin (tampilan, output, dsp, utilities, dsb) untuk menambah kemampuannya (mirip2 seperti firefox).

    Salah satunya adalah plugin User Interface seperti (ColumnsUI, PanelsUI) yang berfungsi untuk mengubah tampilan foobar2000 (mirip seperti sistem skin). Untuk mengubah, coba lihat di menu File > Preferences, liat di bagian Display.

  10. saya sudah lama menggunakan foobar, tapi lom pernah kutik-kutik.kemaren iseng nemu skin fofr. saya sudah coba menginstalnya dan akhirnya sukses juga. Tapi kenapa pas ngeplaynya , foobarnya langsung ngeblank item, sedangkan lagunya tetep jalan.

    note:
    pake foobar yang 0.9.5.6
    sama fofr yang V.9

    regards

  11. helo, thx buat apanya ini. tp bisa ga tolong Yuan rekomendasiin series brp yg bgs, ato ga yg Yuan pake aja. ehmm sekalian cr instaall ama ganti2 skin nya dong. soalnya g br pptama x cuba install foobar2000 tp waktu mau ganti skin ngestuck dibagian configurenya.. thanks ya.

  12. halo pak yuan, kebetulan sekali pak!, saya ini salah satu murid bapak di pelatihan web joomla. wah, saya belum ada seminggu menggunakan foobar dan skrng udah mulai tertarik nih. saya setuuju dengan fakta2 yang no 1 dan 2, saya sudah membandingkan langsung dengan winamp pak. haha, sekarang tinggal belajar memodifikasi sedikit tampilannya. trimakasih pak reviewnya.

    cheers

  13. ada problem nih, saya bru pake foobar skrg, trs mo install skin ifoo,
    tp ad mslh sma panel n powerpanel, saya pake foobar 0.9.6.9, trus saya coba
    pake foobar 0.9.6.3, tetap g bsa, di mohom bantuanny dan pencerahan segera,
    thanks,

  14. Excellent post. Keep writing such kind of information on
    your blog. Im really impressed by it.
    Hey there, You have performed a fantastic job. I will definitely digg it and for my part suggest to my friends.

    I’m confident they will be benefited from this website.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s