Captcha Semakin Susah Dibaca

Pagi ini saya mendapatkan kesulitan saat dihadapkan dengan verifikasi ala captcha di yahoogroups. Coba tebak apa huruf-huruf yang ada dalam gambar berikut :

captcha1.jpg

Definisi dan keterangan lengkap mengenai captcha dapat dibaca di Wikipedia. Mudahnya, captcha itu digunakan untuk memverifikasi “kemanusiaan”.  He he he …. saya tidak dapat menemukan kata yang pas. Intinya komputer tidak bisa baca huruf-huruf dalam gambar itu, tetapi manusia bisa. Kenapa komputer yang sangat hebat, sangat cepat dan sangat tekun itu tidak bisa membacanya? Karena pattern (pola) dari huruf tersebut disajikan berbeda dengan pattern huruf biasanya. Ada yang meliuk-liuk, ada pula yang bertumpuk.

Dalam perkembangannya beberapa peneliti berhasil menemukan algoritma untuk memecahkan kode captcha. Oleh karena itulah akhir-akhir ini para pengembang captcha berusaha meningkatkan keamanan sistem captcha dengan membuatnya lebih sulit.

Jika anda mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi huruf-huruf/angka yang ada dalam suatu verifikasi ala captcha, coba refresh halaman tersebut. Biasanya akan muncul captcha challenge yang baru. Berikut contoh captcha yang saya dapatkan setelah reload page :

captcha2.jpg

Lebih mudah dari gambar yang pertama. Apa anda sudah bisa membaca huruf-huruf yang ada pada gambar pertama?

**Update**
Dari blog ini kelihatannya peneliti keamanan dari Rusia tersebut berhasil menemukan metode untuk memecahkan captcha milik Yahoo dengan tingkat keberhasilan yang lumayan.

4 thoughts on “Captcha Semakin Susah Dibaca”

  1. @nonadita : yup, setuju. Semoga ada yang bisa menemukan metode baru supaya captcha makin susah dibaca komputer, tapi tetap mudah dibaca manusia. Hue he he he… RS memang tidak ada lawannya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s