Bahasa Pemrograman Paling Populer ?

Saya beberapa kali mendapat pertanyaan :

“kalo mau belajar pemrograman, enaknya belajar bahasa pemrograman apa ya?”.

Terus terang pertanyaan ini gampang-gampang susah untuk dijawab. Saya biasanya menjawab berdasarkan pengalaman pribadi.

Urutan bahasa pemrograman yang saya pelajari dan saya kuasai sekarang :

  • HTML
  • Pascal
  • Delphi
  • PHP
  • Java
  • C#

Saya juga sempat mempelajari C/C++, Javascript, Phyton, Perl, Ruby, PL/SQL, Cobol semasa kuliah. Bagaimana dengan anda ? Sebagai bahan pertimbangan, anda bisa melihat tabel tingkat kepopuleran bahasa pemrograman di dunia pada website ini.

Berikut saya salinkan 20 bahasa pemrograman terpopuler menurut The TIOBE Programming Community index :

  • Java
  • C
  • (Visual) Basic
  • PHP
  • C++
  • Perl
  • Phyton
  • C#
  • Ruby
  • Delphi
  • Javascript
  • D
  • SAS
  • PL/SQL
  • Pascal
  • Lisp/Scheme
  • Ada
  • Cobol
  • Lua
  • FoxPro/xBase

One thought on “Bahasa Pemrograman Paling Populer ?”

Leave a Reply

