Utak-atik Stored Procedure

Haha… dengan sedikit malu-malu saya mengakui jika selama ini sangat jarang sekali menggunakan stored procedure.  Saya biasanya menyelesaikan masalah dengan menggunakan query demi query.

Well, salah satu keuntungan menggunakan stored procedure adalah pada meminimalkan beban bandwidth pada client ke server.  Jadi proses seluruhnya dilimpahkan ke server.  Client hanya mengirimkan input, lalu server mengolahnya, hasil keluarannya dikirimkan ke client.  Selama ini saya jarang sekali menggunakan stored procedure karena biasanya program yang saya buat merupakan program “stand-alone”, tidak perlu server.

Untuk memulai belajar, saya pikir lebih cocok menggunakan Firebird.  Sepertinya lebih simple jika dibandingkan dengan MSSQL, MySQL atau bahkan Oracle🙂

Ada yang punya sumber-sumber (artikel, buku, tutorial) mengenai Stored Procedure di Firebird ?

Leave a Reply

