Error Performing Inpage Operation

Anda pernah mendapatkan pesan tersebut muncul ketika akan membuka harddisk eksternal anda ?  Wew, sepertinya harddisk anda tersebut sudah bermasalah dan mungkin masa pakainya akan segera berakhir.

Salah satu cara yang bisa anda coba adalah tool CHKDSK bawaan windows.  Tips berikut bisa anda coba jika anda menggunakan Windows XP.

Start > Run, ketik chkdsk <drive>: /r

Contoh, jika harddisk eksternal anda dikenali sebagai drive K, maka perintahnya menjadi :

chkdsk k: /r

CHKDSK merupakan tool bawaan microsoft windows, yaitu CHecK DisK. Opsi /r berarti chkdsk akan mencoba merecover sector-sector pada harddisk yang tidak terbaca (bad sector, dsb).

Jika cara tersebut tidak berhasil, maka anda bisa mencoba cara lain, yaitu dengan memasang harddisk eksternal tersebut pada komputer anda yang terinstall Linux.  Coba mount harddisk eksternal tersebut dengan tambahan opsi force.

One thought on “Error Performing Inpage Operation”

  1. terima kasih untuk pembuat artikel ini, saya sangat terbantu dengan adanya nie sukses selamat datanya, setau saya chkdsk hanya bisa di buka saat drive nya bisa di access tapi bila g bisa di access saya bingung untung ada artikel ini, semoga amal n ibadahnya di terima ALLAH aminnnnnnnnnnnnnnnnn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s