Bilion, Trilion dan Kuadrilion

Saya kemaren sempat terpana membaca artikel di Kompas Bola mengenai uang Rp 7.774.621.302.683.534 (460 Miliar Poundsterling) yang dimiliki oleh pemilik baru Manchester City, Sheikh Munsoor bin Zayed al Nahyan.  Walaupun saya menjadi agak meragukan kebenaran atau keakuratan informasi tersebut, – terutama setelah saya berdiskusi dengan salah satu teman, uang 460 miliar poundsterling tersebut bukan uang miliknya pribadi, tapi nilai kapital konsorsium Abu Dhabi United Grup (ADUG) – saya tergelitik juga untuk menyebutkan uang tersebut dalam nominal Rp. 7774 triliun.  Wew… setelah triliun ada apa lagi? Sepertinya bahasa Indonesia belum menyediakannya.

Biliun ?  Kedengarannya aneh.  Apa pasalnya? Di Wikipedia, dapat dijumpai artikel mengenai Quadrillion, yaitu 1 x 10 pangkat 15.  Jika dituliskan :

Bi, tri, quad = 2, 3, 4.  Sedangkan dalam bahasa Indonesia berhenti pada triliun.  Terjadi kekosongan dan ketidakpasan (halah), dari juta ke milyar (tidak menyambung).

Jika anda berminat, anda bisa membaca keseluruhan artikel yang ditulis oleh Mr. Suwardjono (dosen FEB UGM).  Saya belum membaca artikel ini saat membaca berita di Kompas Bola.  Seorang rekan lagi memberitahukan saya bahwa artikel mengenai trilion, bilion ini sudah pernah dibahas oleh beliau.

(klik gambar untuk memperbesar)

Kebetulan saya dan teman saya mengkoleksi tulisan-tulisan beliau.  Biasanya diletakkan di depan kantornya di FEB dan bisa diambil oleh siapa saja.  Terima kasih atas artikel-artikelnya yang mencerahkan…🙂

nb : to Mr. Suwardjono : apakah anda bisa menemukan kesalahan tata bahasa pada tulisan saya? he he he he…..  Semoga tidak ada kesalahan🙂

4 thoughts on “Bilion, Trilion dan Kuadrilion”

Leave a Reply

