Starone Pasca Bayar, Beresiko ?

Bulan ini saya banyak menggunakan koneksi internet dengan menggunakan Starone (Prabayar).  Dengan menggunakan sistem waktu, koneksi terasa lambat, sedangkan jika menggunakan sistem volume, koneksi cepat tapi sangat menguras pulsa.  Apalagi jika mendownload email berattachment 2 MB, langsung terpotong pulsa Rp. 2000.😦

Saya saat ini tertarik untuk menggunakan layanan internet dari Starone Pascabayar, mengambil paket internet Rp 49.000 untuk quota 350 MB.  Jika dibagi selama 30 hari, berarti rata-rata setiap hari saya bisa menggunakan sekitar 11,6 MB.  Quota sebesar itu saya rasa akan cukup untuk kebutuhan internet saya di rumah (email, browsing, blogwalking, tanpa mendownload).

Hasil dari googling, saya menemukan beberapa kasus mengenai sistem billing starone yang kacau, biaya bulanan bisa meningkat jauh di atas estimasi.  Beberapa keluhan di forum Mystarone juga kasusnya hampir serupa, tagihan melambung jauh di atas estimasi.

Anda punya pengalaman menggunakan layanan internet Starone pasca bayar ? Mohon berbagi cerita, keluhan, pengalaman baik maupun buruk anda di sini.

Salah satu cara untuk menjaga pemakaian internet anda supaya tidak melebihi quota bisa gunakan software pencatat aktifitas internet (menghitung jumlah paket data masuk dan keluar).  Saya sedang mencoba menggunakan NetMeter.

40 thoughts on “Starone Pasca Bayar, Beresiko ?”

  1. Hmm.., aku pakai starone yang 1 GB pak…,
    dan kemarin kaget juga sih tagihan bisa melambung tinggi,
    sampai 280rb an, padahal aku ga merasa
    pakai internet sampai segitu…

    Nanti aku coba liat tagihan bulan ini, moga2
    aja ga error2 gitu.. kalau masi kaya gitu == cabut.. hahaha..

  2. Hi.. saya pakai Starone pascabayar yg 1 GB jg… bulanan Rp.99.000,- mmm… udah sekitar 6 bln berjalan n lancar2 aja.. biasanya setiap 10 hari sekali saya akan telp ke operator starone utk check pemakaian berjalannya supaya gak over..

  3. @Nina : Ok, jadi untuk mengecek pemakaian kita perlu telepon ke starone. Jadi tidak ada metode pengecekan lain?

    Saya saat ini sudah mulai enggan menggunakan layanan starone pascabayar untuk internet tadi. Sepertinya tawaran Indosat IM2 Broom paket unlimited lebih menarik.

    Saya akan posting review koneksi Indosat IM2 Broom unlimited segera setelah saya mendaftar layanan tersebut.

  4. saya jg pernah pake star one 1 gb……….
    bulan pertama 350 rb….bulan kedua 400rb….bulan ketiga 75o rb….langsung berhenti berlangganan……mending pake speedy klo gt,,
    gw kmaren pke hp nokia di colokin ke kbel DKU-5,,HIKS…HIKSS…..
    SAYA BARU TAU BISA NELPON KE STAR ONE NYA??? PAADAHAL SAYA MAKE GAK SAMPE SGT KOK..PENGALAMAN BURUK SEUMUR HIDUP DEH…

  5. kalo aku saat ini masih pake pra bayar, yg time base, sebenarnya saya pengen juga sih pindah ke yang pascabayar. aku udah pake net meter, kalo aku lihat di summarynya sih tiap hari aku rata2 cuma pake 3 – 4MB. kalo masalah konektivitas starone memang oke, cepet dan stabil, sinyal 2 BAR aja dapet 115 – 180 kpbs. tapi pertanyaanku apakah perhitungan billing starone sama dengan perhitungan netmeter ? mohon tanggapannya !!!!

  6. kalo lihat lihat komentar yang ada saya jadi ragu nih pake pascabayar, aku ada pengalaman menarik nih , mungkin bisa dicoba, pake starone pra bayar, ngisi pulsanya pake voucher 10.000an, kalo ngisi 2 x 10.000 dapet bonus pulsa 10.000, kemaren aku ngisi 4 x 10.000 dapet bonus 20.000. khan lumayan buat bayar NGORBIT BLN nya. cuma yaa rada ribet juga sih isi pulsanya. tapi saya pikir lebih nyaman seperti ini daripada dapet tagihan yang nggak masuk akal ( menurut kita ).

  7. Mosok tho? sore ini pasca bayarku dah jadi dan dah aktif…lumayan oke juga…jadi takut nih tragihan meledak..masak sampe segitunya??? kalo gitu tiap hari nelpon starone ah…sekaliah nelpon mbaknya yang cakep cakep tuh..ha..ha..

  8. PAYAH PAYAH….
    HATI HATI DG BILLING NYA STARONE (serius)
    ya ga masuk akal

    ========================================
    Andai saja indosat menyediakan informasi realtime di websitenya indosat
    sehingga kita bisa check setiap saat.
    CS indosat cuman bilang:” wah belum ada rencana mengarah ke sistem spt itu…,
    selama ini pake sistem telpon saja..”
    ========================================

    Udah beberapa bulan ini pake star1 pasca dan pake netmeter…

    laporan billingnya sering meleset dg yg tertera bulanan di netmeter.

    billing nya sering meledak-ledak biayanya diluar dugaan…

    ini udah mengambil ancang2 untuk pindah dg teknik lain (spt pra bayar spt cara mas cahyono di atas).

    atau paket unlimited spt tanggapan diatas…

    atau pindah operator lain aj…

  9. Barusan dari gallery Isat, ngomel2 disono gw, masak dipakek inet ditagih 2,7 juta.
    Setelah minta perincian tagihan, ternyata bulan pebruari yg dah gw bayar di tagihan Maret ikut ditagih lagi di bulan april, dah gitu angkanya ngaco2 semua.
    Billingnya gak jelas karena gak ada lama login per sesi, lagian angkanya ngaco nurut gw, masak kira2 30 menit-an online dibilang downlaod 100 mb.
    Selama gw langganan star1 selama 3 tahun speed-nya antara 8 – 18 KB/s , gak mungkin 30 menit bisa download 100 mb
    Pemakai star1, ati2 loh , kalo merasa tagihan tidak wajar jangan sungkan protes

  10. makai net meter gimana sih setting nya …. kok nggak jalan setelah di coba.
    aku modem USB wirelles CDMA 1 X. tolong donk.

  11. Starone kacau, jangan pake starone dah.

    gue bayar 930ribu buat pemakaian internet dari starone,
    padahal gue check di meter rumah pemakaian 3.6 GB,
    dengan pemakaian 1GB = 100rb
    sisanya 2.6 GB seharusnya seharusnya dihitung (rp 0.1 / 1kb)
    0.1 * 2600000 = 260.000.
    total 360ribu.

    koq bisa 930 ribu totalnya..

    StarOne penipuuu….

  12. Aku Lg mo Launching pke Starone pasca bayar nih….tp masih penasaran,emang sih pengalaman guru utama cuma aku cenderung lebih berat ke penasaran ingin coba pke starone untuk akses internetnya……………………mudah2an aku gag seperti mereka yg telah meraa jd korban ke tidak puasan customer service!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  13. kalo aku sich udah percaya 100% …. bilingnya memang kaco.
    Aku check di detail billingnya … disitu ada record pemakaian yang aku sendiri 100% merasa gak make …. dan itu terjadi berkali – kali dalam satu bulan …. jadinya ya tagihan meledak.
    Aku udah complai ke Indosat …. tapi ya jawaban yang di dapat sangat klise … sistem kami sudah di uji coba dan gak mungkin salah .. bla … bla .. bla …

    pokoknya ati – ati dah … kalo ada yang lain … cabut aja … segera ganti.

  14. Billing Indosat emang sialan !!!!

    Saya berlangganan paket star1 1gb mulai Agustus 2006 S/D Akhir taun 2008 Pake inet star1 lagi pada bulan april 2009, tanpa paket 1gb ( males ke gallery)
    Taihan bulan april09 : Rp.284.000 ( voice sms ± 100br)
    Tadi pagi kebetulan saya lagi di ATM untuk transfer orang, lalu saya pikir sekalian aja bayar tagihan star1. Saya sangat terkejut dengan angka yang muncul Rp.3.088.000 !!!! Sungguh gila ini, Lalu saya ke gallery untuk minta print out anehnya CS nya bilang masih blum bisa di print, lalu dia ke atas untuk print disana, setelah menunggu ternyata masih blum bisa juga, saya disuruh kembali tgl 8juni ( rasanya masih mau dikarangin detailnya kali ya). akhirnya saya cuma bisa ngeliat detail yg ada di layar monitor cs, tertera pemakaian saya selama bulan mei sebesar 2.7gb. Selama dua tahun pake paket 1gb hanya 2-3 kali saja saya over Quota, paling besar juga 200-300mban(koneksi tiap hari).Sedangkan akhir² ini saya lebih jarang pake Inet di rumah(paling 4hr dlam semingu) itu juga biasanya malam jam 10-an dan paling akhir jam 1malam saya udah keok. Anehnya di detail yg saya liat tadi banyak pemakaian saya yang diatas jam 1 malam, bahkan ada yg startnya jam 1.55dini hari.
    Selama dua tahun lebih saya pake star1 g pernah tagihan kacau seperti ini. apa karena 3-4 belakangan ini taghan saya turun drastis ya (hanya di kisaran 100rb/bulan) dibanding dengan tagihan saya yang dulu berkisar 250-400rb-an perbulan ( dengan paket 99rb/gb)
    Saya heran saja kenapa Indosat tidak mau melakukan pembenahan yang menyelurh terhadap sistem billingnya agar tidak merugikan pelanggannya

  15. 3 bulan terakhir rata2 saya kena tagihan starone > rp 200rb. dr meteran modem seh, usage gak nyampe 2GB. bulan Mei malah kena rp 400rban. pengen segera tutup nih nomor starone. meang serem !!

  16. biaya kelebihan dr kuotanya yg GILA : rp 300/mb !! padahal depkominfo sendiri sdh menurunkan tarif internet. kok starone pascabayar msh gene ya ? plg tdk tambahin kek jatah kuotanya (eg: jadi 1.5GB/bln)

  17. starone.,itu memang sering error,.,
    saat aktivasi internet unlimited prabayar aja error mulu.,.
    operator pun jawabnya seenaknya.,
    ditunggu 1×24 jam ya pak ?
    gak ada kepastian,.

  18. Hmm…
    Pertengahan Agustus lalu starone-ku udah aktif.
    Aku pake yang unlimited (Rp. 125.000/bulan). Waktu aku cek pemakaian (Pakai sofware modem Venus) pemakaian sudah mencapai 2GB lebih….
    Kemudian aku coba cek tagihan, dengan terkejut aku melihat
    Tagihan cuma 56 ribu????
    Apa karena pemakaian ga sampai sebulan ya?????

    Tapi lebih aman deh daripada over limit.

  19. Sama saya juga pernah mengalami tagihan yang melambung, Sekarang ingin berhenti langganan paket starone 350 mb. Sejak dari awal sy selalu lebih banyak memakai smart. karena selalu was-was dengan tagihannya. Seminggu yang lalu ke galeri Indosat terdekat dengan maksud untuk berhenti langganan paket internet starone, tapi lagi gangguan, katanya. padahal tinggal ngisi formulir ya?. Sekarang males untuk pergi ke galeri Indosat lagi, bagaimana caranya supaya dapat berhenti berlangganan paket internet starone tanpa pergi ke galeri indosat?

  20. Bener….. Mending pake yg unlimited aj dech…..
    jdi kan make sepuasnya tetep kena 125 rbu perbuLan….

    jd ga ad alasan bwt indosat buat melebih2 kan tagiHan………
    Bener ga’?????????
    klo msh gtu juga…..
    mending tutup aj dech indosat…
    Hihihihihi…….

  21. saya juga sedang berlangganan star1 tapi baru 1 bln ini, kalau saya lebih pilih paket yang unlimit aja, dari pada paket yang lain kan kita gak tahu penggunaan kita, apalagi perhitungan kita dengan menggunakan netmeter dengan perhitungan biling star1 sering meleset, pindah paket aja gratis kok…..

  22. Yuan Lukito : iya bro, gak ada pembatasan sama sekali. beabsa benar..

    btw saya mau nanya gimana caranya untuk berhenti inet pascca bayar starone. apa harus ke galeri dimana kita membuka permohonan karena dulu buatnya di jogja sekarang tinggal dijakarta?

  23. mending gak usah deh pake starone yang kuotanya 1gb. masa tiap bulan tagihan saya sampe 200rb lebih!! syok berat neh!! mana anak kuliahan,,, gak tegaan deh ngomong ma ortu., ne aja saya mau ganti yang unlimited,, kira-kira yang unlimited cepat gak????

    1. @ria okta : tergantung anda ambil unlimited paket apa, dari operator apa. Selain itu, konon lokasi anda juga akan mempengaruhi kecepatan dan kestabilan koneksi yang anda dapatkan. Jika anda berada jauh dari BTS, atau berada di daerah yang sudah padat pemakainya, maka kecepatannya akan turun di bawah yang dijanjikan.

      Jadi, selain operator, paket layanan, lokasi juga ikut mempengaruhi🙂

  24. Allhamdulillah selama saya pakai paket starone unlimited pasca bayar yg Rp. 45.000,- selama ini (kurang lebih 3 thn) tagihannya pas2 aja, ga pernah lebih ga pernah kurang (sesuai harga paket). Masalah koneksitas yg kadang lelet saya pikir sesuai aja utk paketnya yg murah.

Leave a Reply

