Acer Aspire 4730zg vs Asus K40IN

Bulan ini saya sepertinya akan membeli laptop.  Dana berkisar antara 5-7 juta.  Laptop yang saya inginkan minimal memiliki beberapa persyaratan berikut sesuai kebutuhan saya :

  • Memiliki VGA discrete (dari ATI atau NVIDIA, memorynya tidak shared dari memory system, dedicated)
  • Processor Dual Core sudah cukup. (seri Dual Core T4200)
  • Memory 4 GB (biasanya memory bawaan hanya 1 GB, saya berencana akan menambah hingga 4 GB)
  • Harddisk minimal 120 GB, lebih dari itu lebih baik
  • Layar 13″ ke atas, maksimal 14.5″, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.
  • Konstruksi body meyakinkan (hmmm apa ya… sturdy?)
  • Batere minimal 1.5 jam dalam keadaan full load

Laptop ini akan saya gunakan untuk mengakses internet, multimedia, bermain game, programming, dsb (all round).

Dari pameran komputer bulan lalu dan beberapa review di internet, saya mengerucutkan pilihan pada 2 seri berikut : Acer Aspire 4730zg dan Asus K40IN. Saat ini saya masih membaca-baca review.  Barangkali ada di antara anda yang sudah menggunakan salah satu atau bahkan keduanya, saya mohon komentarnya di sini.  Jika anda punya rekomendasi merek dan seri lainnya, silahkan anda tuliskan di sini juga, sebagai bahan pembanding buat saya dan para pembaca lainnya.

Update 16 Juli 2009 :

Saya mendapatkan alternatif lain, yaitu HP Compaq CQ40-419TX dengan spesifikasi Processor Dual Core T4200, 1 GB DDR2 RAM, 250 GB HD, 14″, GeForce 103M 512 MB. Harganya sekitar 649$. Sepertinya ini bisa jadi alternatif menarik, karena Acer 4730zg sudah langka di pasaran, sudah masuk End Of Line alias discontinued.  Dari beberapa review, Compaq seri CQ40 ini agak susah untuk diinstall Windows XP karena hanya diberi driver untuk Windows Vista.  Anda sudah pernah pakai CQ40-419TX?

Update : saya sudah membeli Asus K40IN😀

93 thoughts on “Acer Aspire 4730zg vs Asus K40IN”

    1. masalh acer cept rusak tu hanya masalah penggunaan aja…acer punya kelemahan,compaq juga punya…asus juga ada ribetnya….kalu masalh service acer n compaq mudah aklu asus sulit banget n lam nggunya…nh itu ae..

    2. Saya pengguna Acer 4730ZG… Udah 2 tahun pake ga ada masalah cuma kurangnya itu ga ada bluetoothnya aja. Saya pake buat bikin design Corel , PhotoShop , bikin beberapa short clip movie , sound recording pake Cool Edit Pro , produk2 dari Steinberg , dll secara bongkar pasang. Hanya belakangan ini saya bekerja sering overload juga(terus2an) dan ada kmungkinan overheat juga tiba2 mati deh laptopnya… mungkin semua laptop juga sama ya kalo overheat. Solusinya kan udah ada , pake deskfan heuheuheuheu.. Untuk management system sih saya cukup terbantu oleh Tune Up Utilities jadi ga ribet setting sana sini tinggal klik klik klik (pada dasarnya emang pmalesan heuheuheu…)

      Untuk layanan Acer sendiri, kebetulan paman saya pake 4250 (apa 4520 takut kbalik) rusak motherboardnya karena tegangan listrik yg tidak stabil. Saya bawa ke SC Acer Bandung(Gatsu) dan setelah diperiksa ternyata untuk tipe tersebut memang sudah tidak diproduksi lagi jadi tidak ada sparepartnya di Indonesia (sedih sedih seddih).. solusinya harus dibawa ke Korea untuk diperiksa langsung di pabriknya(uwwwaaaawwww jaaauuuhhh)… dan… perlu waktu 3 bulan dengan service cost yg tidak sedikit (kurleb Rp 700rbuan)..
      Dari pada laptop nya jadi bangke akhirnya diambillah solusi itu… Sebelum 3 bulan penuh paman saya dikabari laptopnya sudah sampai di Indonesia dan berhasil hidup…

      Dari pengalaman itu memang mengingatkan user pada pentingnya kepedulian dalam penggunaan dan maintenance… Saya pikir sih memang cukup mahal juga harga yg harus dibayarkan atas sebuah kecerobohan menggunakan laptop direct ke stop kontak tanpa menggunakan stabilizer dalam intensitas tinggi..
      Di sisi lain juga saya acungi jempol buat Acer yg konsisten berusaha untuk mperbaiki meskipun harus dkirim dulu ke luar negeri, dbandingkan (mungkin) dengan beberapa produk lain yg langsung dilempar ke tukang service emperan u/mdapatkan sparepart `kanibal` dari yg sudah rusak juga….

  1. ASUS K40in vs Lenovo Idea Pad G430-1131…dua2nya belom masuk Indonesia, gw udah order yang lenovo dari tanggal 10 Juni 2009, tapi sampe skrg belom masuk Indonesia juga…

    saran gw, pilih diantara ASUS n Lenovo aja..jgn ACER…cepet rusak…

    1. Dalam beberapa hal ASUS K40IN lebih baik dibanding Compaq CQ40-419TX
      1. K40IN bisa diinstall Windows XP (Drivernya lengkap), CQ40-419TX harus cari-cari drivernya dulu (driver untuk XP tidak disertakan)
      2. Layar K40IN sudah menggunakan backlight LED
      3. Dengan harga lebih murah, 609$, K40IN sudah dibundle dengan RAM 2 GB, sedangkan CQ40-419TX seharga 649$ hanya memberi RAM 1 GB.
      4. Ventilasi seri CQ40 memiliki reputasi yang kurang baik

      1. saya pemakai laptop CQ40-419TX.. menurut saya performanya bagus.. grafisnya sangat terlihat sekali keunggulannya.. terutama untuk game.. kalau untuk pemain lain selain toshiba dan compaq saya gk berani nyoba.. karena saya melihat sisi sparepart… dan service centernya… namanya juga barang elektronik.. suatu saat pasti trouble..
        cuma saya smapai sekarang belum menemukan seseorang yang dapat menginstal CQ40-419TX tersebut dengan Windows XP dengan audio yang normal..
        karna kemarin saya coba install dengan remastering.. audionya selalu hilang setelah di restart.. mohon bantuannya..

      2. @vientan :
        Ada 2 solusi :
        1. Install windows Seven. Windows Seven lebih ringan dan lebih baik dibanding Windows Vista.
        2. Downgrade versi bios, panduannya dapat dicari di Google.

  2. jadi kesimpulannya udah beli belum?😀
    btw, ada lg yg cukup menarik, MSI EX460 & Lenovo U330…
    MSI 6,9jt, Lenovo blum masuk…

    1. Belum🙂
      Hari selasa kemarin sudah tanya di Computa ternyata stok CQ40-419TX sedang kosong. Tinggal 1 di gudang tapi kondisinya ada 1 dead pixel.

      Lenovo U330 menarik juga jika spesifikasinya seperti di sini, cuma harganya masih belum jelas berapa😀
      Sedangkan spesifikasi MSI EX460 secara umum juga bagus, tapi ada satu hal yang membuat saya kurang berminat, chipset yang digunakan SIS 672DX/SIS 968. Saya bukannya anti SIS atau menganggap kualitas SIS kurang baik, soalnya PC saya sebelumnya menggunakan motherboard dengan chipset SIS dan sampai sekarang masih berjalan dengan baik. Tapi saya meragukan kompatibilitasnya dengan Mac OSX (Hackintosh)

  3. sayas pembeli acer aspire 4730zg sudah saya upgrade ram menjadi 2GB
    semuanya lancar,vista bisa xp juga bisa….
    crysis warhead mainstream resolusi 1280×800 aa2x lancar,ga ngelek tuh……
    harga cuma 5,7 juta hehehe..
    eh sapa bilang awas cepet rusak,itu tidak perlu di bilang..leptopcepet rusak di karenakan memakai vga onboard dan shared dengan ram..kalo 4730zg tidak tuh..silakan kunjungi toko prima komputer solo……

  4. Mau ngrekomendasi EX460 sih, cuma kalo dipasang Hackintosh kurang tau..

    Chipset Sis yang dipake cukup stabil.. MSI punya 3 keunggulan :
    1. Sudah pake Core 2 Duo T6500
    2. Ada Bluetooth
    3. VGA yang digunakan (ATi HD4330) lebih kuat daripada Geforce 110M sekalipun, padahal K40IN maupun Compaq cuma pake 102-103M😀

    Harganya aku jual 6.55 juta…😀

  5. ambil 4730zg sekitar bulan mei. upgrade mem ke corsair ddr2 800 gaming memory 2×2 (identik). maen gta IV kalo res 800×600 setting all high masih dapet 15fps. kalo native dapet dibawah 10fps. cukup puas dengan harga segini

  6. Gw pemakai CQ40-419TX, kalo instal sound card sudah OK, masalahnya instal VGAnya gak bisa-bisa.
    Udah pake driver 185.85 ganti lagi 186.81 gak bisa juga.
    Ada yang tau cara instal VGAnya?
    (vientan kayaknya bisa ya, karena tadi dibilangnya cuma audionya saja yang masalah, tukeran ide mau gak?)

  7. Hmmm jadi bingung semua yak? tapi aku dah mengambil keputusan untuk vote dan membeli ASUS K40IN. Dah sreg dan manteb bro.. dapet harga $605 dibanding acer yang hanya bertaut Rp100.000. RAM dah 2G acer 1G. VGA pun juga g jelek2 amat. Dah wes ASUS pokoknya.

  8. Vote For ASUS K40IN !!!

    Saya pernah Mencoba 3 Notebook tersebut, ASUS K40IN, COMPAQ CQ40, & ACER
    Pilihan Harga/Performa tetap ASUS.
    1. Kinerja Dual Core T4200 tidak berbeda jauh dengan Core 2 Duo, bahkan performanya mengalahkan Core 2 Duo (seri tertentu)
    2. Graphic card sudah dedicated, komputer tidak akan kehilangan performa memory.
    3. Desain “ice cool” asus terbukti sngat dingin.
    4. Layar sudah LED backpanel
    5. Performa mainboard & jeroan tidak perlu diragukan lagi.
    6. Install XP no problem.
    7. Harga kompetitif.

    Sementara untuk 2 merk lain, terutama Compaq, anda akan kesulitan mencari drivernya (saya ada, namun untuk pemakai awam tidak disarankan untuk melakukan tweak pada compaq). Sementara untuk ACER, meskipun bisa diinstall XP/Vista…kesan kurang solid sudah terlanjur melekat. performanya juga standar, harga kurang kompetitif.

    Satu-satunya Kekurangan ASUS K40IN adalah bodynya yang kelihatan “gemuk” dan agak sedikit lebih besar daripada notebook sejenis dengan tipe layar sama.

    Moga-moga membantu

    1. kata nya casing dari asus K40in cpt retak ato patah karena tipis…bener ato g ya..saya jg binggung tentuin pilihan antara compaq ama asus diatas

      mohon bantuan ya…

      1. @Riefdy :
        Kalau soal cepat retak atau patah sepertinya tergantung perlakuan dan perawatan kita. Kalau sering dibentur-benturkan tentu saja lambat laun akan cepat retak/lecet

        Bahan casingnya bukan dari logam, semacam plastik, sama seperti casing laptop pada harga sekitaran segitu. Untuk laptop yang casingnya kokoh tapi ringan tentunya harganya akan di atas K40IN

        Asus K40IN vs Compaq CQ40-419TX? saya sudah menentukan pilihan ke Asus K40IN🙂

        Asus ini bagus di pengaturan panasnya, terbukti sering saya nyalakan lebih dari 8 jam sehari masih tetap dingin, suhu processor, harddisk dan vga juga masih dalam batas normal

        Selain itu driver untuk Asus K40IN juga disediakan untuk XP, Vista dan Windows 7. Sedangkan pada Compaq CQ40-419TX anda harus berusaha lebih keras untuk menginstall XP.

  9. ia nie…aku juga lagi bingung mau pilih Acer Aspire or Asus K40IN..tapi setelah jalan2 lewat google kayana pilih asus aja lah..😀😀😀

    1. oia lupa.. driver yang buat win xp nya uda ada lum ya di cd bawaanya?? katanya c cuma di bawain driver vista.. trus kalo mau install xp,,butuh driver sata g??laptop2 sekarang kan biasanya minta driver sata.. donlotnya dimana y?? thx

  10. Salam kenal
    Saya setuju ma metalhell66, vote asus K40IN!
    Tp saya mo tanya, gimana install XPnya cos ada attteintion klo harddisk ga detek???
    Minta link untuk driver xp donk, thx🙂

  11. saya pemakai K401N .. baru umur sebulan …
    instal xp sp2 msh suka ga sinkron sama nvidia nya ..
    solusinya tinggal tambah RAM2gb (biar jd 4 gb) cukup deh buat main game d vista ..

    tapi untuk urusan performa gaming udah lumayan untuk laptop dgn vga mid-end …
    untuk main game Left 4 dead dgn resolution 1376×768 high semua ..
    apalagi harganya yg terjangkau (karena ga pake windows) …

  12. kalo bisa tolong komputer di indo jangan mahal2 dong, biar semuanya bisa merasakan punya laptop!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  13. gw jg masih bingung ni, mw pilih ACER 4540 atau ASUS K40IN.
    mohon yang udah pernah make atau yg tau mengenai head 2 head ke-2 produk ini utk bisa lebih mengeplorenya..
    nuhun,,

  14. saya mau tanya…untuk asus,apakah spare pats n service nya banyak?? byk yg ngomong asus agak susah spare pats nya(soalnya brg elektronok blom tentu bisa bagus trus)…trus apa bener casing dari asus tipe k40in tu gampang retak karena tipis??

    mohon bantuannya…

  15. Saya cobA MEMBANDINGKAN antara asus k40in milik saya, acer, n hp cq40 milik tmn2 sya…(sombong dikit) hehe.
    UntUk maSAlaH perform k40in the best ditambAh 2 THN garansi….semua spek sudah ok, cuma ada 1 hal ad kekurngn yaitU G AD BLUETOOTH’ny, tp iTu G MAsalaH….
    MaLAh skRg tmN2 SAYa pngn ganti pake k 40in…. Bravo asUs

  16. Mas saya bru2 ni puny asus K410n, trus pke windows 7, kra2 driver xp dan vista bsa co2k gk y lo d instal d 7? Trus ap sh klmahan windows 7?

  17. saya baru dari pameran, dan udah melihat semua produk td d ats,
    asus K40lN–>desain rounded agk tebal,lbh mngutamakan pattern case drpd material,score di vista mencapai 4,9 ,speaker kurang keras,ergonomis,suhu rendah krn kisi2 ada di blkg,lyar LED,system response cepat,jd=asus mendesain utk performa dmn fitur2 pelengkap dibuang,namun harga/performa sangat baik

  18. mas pake acer 4540 aja mas spesifikasinya
    AMD TURION X2 DUALCORE 2.2 GHZ
    M520 2.29MB
    DDR2 1024MB
    Hard Disk 320GB
    Layar 14.0 Cinecrystal LED
    ATI RADEON HD4200/ 384MB
    DVDRW, Card Reader, Webcam
    HDMI, Bluetooth
    Wifi, Lan, Modem

    ato

    CompaQ Presario CQ40-416AU
    AMD Turion X2 RM75 (2.2Ghz|1MB L2 Cache) / 1GB DDR2 SDRAM / 320GB SATA (5400RPM) / DVD-RW Super Multi / 14.1″WXGA Bright View / ATI Radeon HD 3200 256Mb Shared / 802.11b/g / 10/100 / High Speed 56K / 3 USB 2.0 / Compaq WebCam / 5-in-1 Card Reader / DOS

  19. kebetulan dulu saya pake laptop yg acer 4540 dan compaq cq40…. hasilnya sangat tidak memuaskan….
    lalu laptop itu saya tuker tambah lagi untuk membeli ASUS k40in,….
    pokona the best peformance dan saya jatuh cinta, di samping harganya yg murh.. spesifikasinya sudah pada tinggi….
    hdd 320, nvidia 512, ram 2gb pc 6400, OS VISTA BASIC…..
    DI JAMIN MUCK NYUZZZ……HEHEHEH

  20. Saya juga ge bingung milih niy..
    Pilihan uda jatuh di asus k40in, tp yang jadi masalah bodinya itu yang terlalu gendut.
    Wat yg uda make, mencolok banget g’ beda ukuran tu asus m acer 4736 to compaq cq40? Mohon bantuanny..

    1. Dari segi ukuran memang K40IN memang terlihat lebih gemuk dibanding compaq seri CQ40 dan Acer 4736.

      K40IN ini lebih dingin, walaupun dipakai lama karena sistem pembuangan panasnya bagus. Berbeda dengan CQ40 yang desain pembuangan panasnya tidak begitu bagus, mungkin malah bisa menyebabkan overheating

      Sedangkan untuk Acer 4736 saya belum pernah memakainya🙂

  21. upgrade ram acer 4730ZG mentok bisa pake ddr2 1066 gak ya???
    bagusnya pake ram merek apa ya??? tolong dong review dan harganya

  22. saya cuma mau menyaran kan mending pilih asus dari pada acer atau compaq…
    ~kalo compaq ntar rusaknya di monitor….
    ~kalo acer ntar rusaknya di motherbord….
    itu menurut sumber2 yg saya baca dan dengar…
    karena saya juga membuka service laptop…

    compaq dapat di pasang dengan XP tetapi memakai xp sp3..
    driver gak masalah kok….

    1. semua distro linux terbaru saat ini sudah enak untuk dipakai di Asus K40IN. Semua hardware sudah terdeteksi dan berjalan dengan baik. Untuk mendapatkan performa optimal, download driver NVIDIA untuk Linux🙂

  23. Beli Asusnya tipe ap bos? Setahuku varian K40IN cukup banyak.

    @cahyo,
    Untuk yang masih banyak aplikasi lawas sepertinya mesti mikir ulang buat pake Win 7 soalnya banyak aplikasi yang belum support Win 7. Vista terlalu buggy dan gak direkomendasikan. Kesimpulannya pake XP untuk sekarang dengan kemungkinan upgrade ke Win 7 setengah ato setahun kemudian.

  24. maw nanya nie,,
    core 2 duo t6600 ma dual core t4200 bagusan mana ya??
    maw beli asus k40IN juga..tp bngng,,
    tolong ya..

    1. tergantung dana yang anda miliki. Perbedaan kinerja antara T4200 dengan T6600 hanya sekitar 5-10%, silahkan anda sendiri yang menentukan apakah selisih harganya cukup “worth it” untuk perbedaan kinerja yang hanya sekitar 5-10% saja.

    2. sip tuh…keknya tergantung budgtny mas aja…mending make t4200 aja mas kan beda hargana lumayan yuh..bisa buat ugrade memory dah lebih sakti….

  25. saya punya ni ASUS K401N yg core2duo 2,1 G
    cap garansi 7jan’10 jadi garansi 2taonya masi puanjang bgt.. kondisi 99,99999%
    (emang ga penah dpake,buat pajangan doang)
    klego 5,5 ajah..low minat mail ja dulu di ano_musik@yahoo.com
    matur tengkyuw..

  26. gw udah beli asus K40IN dari bulan agustus 2008. sampe sekarang masih sangat bagussssssss…. gw dah jatuh cinta banget ni sama laptop gw. cinta mati(hahahha).
    gw pernah kaen game Cossacks II Napoleon War yg grafisnya lumayan. gw maen dari jam 9 malem sampe jam 5 pagi tu. laptop gw masih dalam keadaan normal, cz gw bisa mantau suhu prosesor sm jeroannya, pake program speed fan bro, masih normal aja tuh. cz asus sistem pengeluaran suhunya bagus. asal dijaga agar tetap bersih dari debu.. sekarang gw lg maen Medieval II: Kingdom, wes jangan salah tuh, support banget sm asus. pokoke asus K40IN gak da tandingannya sm yg sejenis!!!!
    Hidup ASUS

      1. jadi bang Yuan beli yg mana nih??
        asus apa acer apa compaq??
        gw c saranin beli ASUS.
        gw sekarang lg pengen beli Toshiba yg Core i7 ni, lg ngumpulin duit dulu🙂 hhehe

    1. Bagus si emang, tapi gk bakalan tahan lama dah tu gw jamin, boleh diadu ms laptop gw yg ASUS K40IN. lo coba tu lo pake maen game dr jam 9 malem smpe jam 5 pagi, gw jamin meledak tu acer.

    2. Yaudah lo pake sono tu acer lo yg menurut lo bagus..
      kayanya gk bakalan tahan lama tu acer.
      procie boleh core i5, tapi masih kalah jauh performanya sm core2duo asus G60. cuma sayang di indonesia blom di pasarin,
      gw tunggu kedatengannya. klo gw dah beli boleh diadu ketahanannya sm acer punya lo.

  27. sekedar menjawab. K40in kuat main PES 2010 settingan medium resolusi 1024×786 (4:3). nah kerena 4:3 gua biasanya maen colokin crt. gtu.
    (centang wait for sync)

    ntu udah settingan terbaek yg gw dapet
    sekedar info ajah

  28. JUAL LAPTOP 2nd MURAH !!

    Laptop ASUS K40IN, baru 6 bulan pakai. So, masih ada garansi nya.

    Berikut speknya :
    – Intel Pentium Dual Core T-4200
    – 2GB DDR II RAM
    – 250 GB Harddisk
    – DVD RW
    – NVidia Geforce G-102-M
    – Monitor LED Wide 14″
    – WebCam

    Oiya, sekalian sama OSnya, Microsoft Windows 7 Home Premium (Original)

    Cuma 5.xxx.xxx

    CP: ledya (0813 6309 0822)
    YM: ovahlevi@yahoo.com

    1. to septa: Yoi bro gw setuju.
      cz di malaysia gw jg baca2 do forum punya orang sono banyak yg benci sm acer jg.

  29. temanku namanya PAI pake COMPAQ CQ40 klo menurutku bagusssss,, yang 1 lagi namanya ANCA pakenya ASUS K40IN menurutku juga bagussssss….

  30. Aku udah 2,5 tahun pakai ACER 4732 ZG… buktinya sampai sekarang.. masih mulus… dan tak pernah nge hang… apalgi rusak… semuanya tergantung penggunaan…

  31. Its like you read my mind! You seem to know a lot about this,
    like you wrote the book in it or something. I think that you
    could do with a few pics to drive the message home a little bit,
    but other than that, this is magnificent blog. A fantastic read.
    I’ll definitely be back.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s