Catatan Instalasi OS di Asus K40IN

30 10 2009

Singkat cerita akhirnya saya memutuskan untuk membeli laptop Asus K40IN, lengkapnya: Asus K40IN-VX017.  Spesifikasinya:

Processor : Intel Dual Core T4200, 2Ghz, 1 MB L2 Cache
RAM : 2 GB DDR2-800 Kingston ( saya tambah 1 GB DDR2-800 Visipro, jadi totalnya 3 GB)
OS : No OS (Kosongan, sekarang saya menggunakan Windows 7 Professional lisensi MSDN-AA :)  )

Spesifikasi lengkapnya bisa anda lihat di website ASUS.

Beberapa sistem operasi yang sudah saya coba:

Windows 7 Professional: Lancar, Aero, WEI : 4.4
Processor: 5.2
RAM : 5.2
Desktop Graphic untuk Aero : 4.4
Gaming Graphic : 5.2
Primary Harddisk : 5.8

Ubuntu 9.04 32 i386 (32 bit) : Error, muncul int bug (sepertinya driver chipset MCP75L belum masuk ke kernel)

Ubuntu 9.04 x86_64 (64 bit) : Lancar, semua hardware dikenali kecuali Wifi (Atheros 9285)

Ubuntu 9.10 i386 (32 bit) : Lancar, semua hardware terdeteksi termasuk Wifi Atheros 9285.

Saya juga melakukan beberapa eksperimen berupa instalasi Hackintosh.  Berikut beberapa installer yang sudah saya coba:

Kalyway 10.5.1 : butuh cpus=1 (hanya berjalan single core), graphic tidak terdeteksi (resolusi hanya 1024×768), sound tidak jalan, Wifi tidak jalan, port USB tidak jalan :(

iAtkos 7 : butuh cpus=1 (hanya berjalan single core), graphic tidak terdeteksi (resolusi hanya 1024×768) sound tidak jalan, Wifi tidak jalan, port USB tidak jalan, LAN tidak terdeteksi :(

iDeneb 1.4 : berjalan dual core, graphic tidak terdeteksi (resolusi hanya 1024×768), sound tidak jalan, Wifi tidak jalan, port USB tidak jalan, LAN terdeteksi.

Untuk eksperimen berikutnya saya berencana akan mencoba instalasi menggunakan iPC dan instalasi dengan DVD Installer Snow Leopard.

Anda punya laptop ini? bagikan cerita anda di sini :)
Lebih bagus lagi jika anda sudah berhasil menginstall Hackintosh di laptop seperti ini, saya mohon bimbingannya :)

Anda juga bisa mengikuti diskusi di Kaskus dengan para pemakai K40IN, di sini :)

Aksi

Information

78 tanggapan

9 11 2009
bAng_haji

Om, kalo di instal di xp jalan ga??

17 11 2009
fahrul

Saya juga menggunakan lappie ini. Konfirmasi juga saya coba install Ubuntu 9.04 32 i386 (32 bit) : Error, muncul int bug (sepertinya driver chipset MCP75L belum masuk ke kernel) gt gan sama. lom coba install lainnya. Install XP tapi g bisa di matikan. cuma layar doank yg mati tapi mesin kagak. tapi udah ter solved di kaskus

17 11 2009
Yuan Lukito

@bang_haji : sepertinya bisa, seperti kata @fahrul, masalah-masalah yang ditemui saat install xp dapat dipecahkan semuanya. Sumber yang cukup lengkap ada di salah satu thread di forum Kaskus

Sementara ini saya belum mencoba install Windows XP

22 11 2009
Rendha

Om. .
aku beli asus K40IN tak instal windows seven tpii kok drive dari asusnya g keinstall smua. . Kebanyakan drive bisa dinstal dan dirun pake XP atau Vista. .
Minta saran biar drivenya mau dinstal dan dirun pake windows seven.
eman2 klu harus ganti ke vista soalnya q blii asli windows sevennya =(

26 11 2009
Yuan Lukito

@Rendha: driver untuk windows seven bisa didownload dari situsnya ASUS. Tidak semua driver Vista bisa diinstall di Windows Seven

16 12 2009
khuman

om.. saya jg pake k40in, lagi nyoba install ideneb 1.4 n kalyway 10.5.1 tp gagal terus.. boleh kasih tau step by step n cara setting biosnya ga..

21 12 2009
Yuan Lukito

@khuman : setting biosnya default, tidak ada yang diganti. Sepertinya bios K40IN tidak ada setting macam-macam yang bisa diubah :D

Untuk kalyway (10.5.1) anda harus memasukkan parameter cpus=1, sedangkan untuk iDeneb 1.4 langsung install seperti biasa. Masalahnya dari dua distro tersebut VGA G102M tidak terdeteksi dan driver-driver yang ada di internet sepertinya tidak ada yang cocok.

Jadi sampai sekarang ini saya belum menemukan distro hackintosh yang bisa mengenai Geforce G102M. Mungkin Snow Leopard bisa, tapi karena harus mengubah layout partisi sepertinya saya tidak akan mencobanya dalam waktu dekat ini.

28 12 2009
pyou@bcozjc

xp lancar …

ubuntu 9.04 emang eror … mau install eror

8.04 error vga

kmrn 9.10 pake live cd lancar gan ,,,
tapi lum install

29 12 2009
Saruman13

Udah coba Mandriva 2010.0 belum bro, soalnya aku mau coba tapi lagi nyari referensi.

29 12 2009
Yuan Lukito

@Saruman13 : Mandriva 2010 jalan dengan lancar, semua hardware terdeteksi dan bisa berjalan dengan baik. Untuk VGA seperti biasa install driver dari Nvidia :)

3 01 2010
alfin

Broww, gua mau instal asus K40in gua OS win xp sp2, tapi gua dapet masalah waktu gua pake cd os xp sp2 ternyata g k deted sata’na,,!! ada masukan g dimana gua bisa download driver sata’nya coz gua cari di situs asus g ketemu2,,!!
Plesae,,,

4 01 2010
Yuan Lukito

@alfin: masuk ke BIOS, ganti IDE Mode ke Compatibility Mode. Nanti akan langsung terdeteksi oleh installer XP.

15 01 2010
hen

aku install xp sp 2 ga mau shutdown loh (led powenya nyala terus,,tapi layar uda mati)…kalo ubuntu karmic ga bisa restart,,tapi shutdown lancar..knapa yak?? ubuntu Netbook Remix juga error kaya jaunty jackalope..sekarang pake win 7..driver2 nya donlot di webnya asus…

17 01 2010
Yuan Lukito

@hen : masalah di xp sp2 itu bisa diatasi dengan menginstall patch dari microsoft. saya pernah membaca panduannya di forum kaskus pada thread asus k40in. selain itu saya juga tidak pernah menginstall xp di laptop ini.

di laptop saya ubuntu karmic koala berjalan dengan lancar, semua hardware dapat terdeteksi dan bekerja dengan baik. restart, sleep dan shutdown berjalan dengan lancar juga.

untuk ubuntu netbook remix saya sendiri belum pernah mencobanya.

15 01 2010
nurhasanalfaqih

mas, saya juga pake k40in. tp yang core2duo.
pertama aq instal xp, lalu tak coba install w7. nah ketika setelah di instal w7nya kok hanya ada partisi C saja (system), D,E,F hilang semua. aq coba lagi ke xp. partisi D,E, dan F muncul lagi. namun ketika nyoba w7 lagi D,E, dan F hilang lagi. ada masukan?
itu masalah yang pertama. masalah yang kedua, kok nggak nggak bisa di crack ya? tidak bisa diactivated. selalu trial 30 day trus. gimana ya?

17 01 2010
Yuan Lukito

@nurhasanalfaqih : saat anda masuk ke XP, coba format drive D, E, dan F dengan tipe FAT32 atau NTFS.

di windows 7 ada opsi untuk menyembunyikan drive kosong, anda bisa mencoba setting ini agar drive yang kosong (baru diformat) bisa muncul di windows explorer pada windows 7.

Settingnya ada di (Windows 7) :
Buka Windows Explorer
Organize > Folder and Search Options, pilih pada tab View, lalu hilangkan centang pada pilihan Hide Empty Drive in the Computer folder

Masalah aktivasi dan crack saya tidak dapat membantu. :)

19 01 2010
jalkhan

Gan,ane br beli ni lapie..tp yg t6600..tanpa os,minta rekomen os yg g ribet buat diinstallin kr2 apa ya?
Punten maklum nubie..mohon pencerahannya

20 01 2010
Yuan Lukito

Windows XP, Windows Vista dan Windows 7 rata-rata mudah untuk diinstall :)

30 06 2013
Bajingan Kamu

dasar goblok,ya paling mudah win vista ma win 7 untuk diinstall.pemula kebingunan sama installernya windows xp yang gak user friendly.Sedangkan win7,win8 win vista bahkan anak TK pun bisa nginstall nya karna user friendly

21 01 2010
Gioniqle

om,, bagi2 donk iso OS nya… email in ke ane ya om…. tks ^^

23 01 2010
Yuan Lukito

@Gioniqle : saya tidak bisa mengirimkannya via email karena ukurannya terlalu besar, silahkan anda download dari situs lainnya :)

28 01 2010
okembudi

bos kemarin aq coba instal 7 tapi kok ga bisa ya???
aq pake win 7 beta, apa harus pake win 7 seri tertentu ?

29 01 2010
Yuan Lukito

@okembudi : gak bisanya gimana ya? bisa dijelaskan lebih detail gagal di mananya ?

30 01 2010
okembudi

saat boot manager hampir selesai
muncul perintah
“windows has encountered a problem bla……bla…..bla……..

status oxc0000000xg
info: an unexpected I/O error has occured

nah itu kata kata yang keluar, gmn bos???

oh ya, mau tanya skarang aq kok ga bisa masuk bios ya? padahal udah teken f2, del, esc, ato alt+f2, gmn ya caranya ngereset bios?

30 01 2010
Yuan Lukito

@okembudi : coba gunakan DVD installer yang lain, ada kemungkinan installernya tidak sempurna (ada file yang corrupt atau proses pembakarannya tidak sempurna)

BIOS anda versi berapa? apakah anda pernah melakukan update BIOS sendiri ?

30 01 2010
okembudi

nah itu dia, cara untuk liat versi bios gimana??
nah kemarin waktu aq instal driver k40in untuk xp, aq coba instal semua driver nya, termasuk bios nya tapi aq juga ga nerti fungsinya untuk apa, aku kira dengan menginstal semua driver untuk xp maka hasilnya lebih bagus, nah sekarang waktu ingin mengganti ke win 7 aku kesulitan masuk ke biosnya, semua tombol esc, del, f2, alt+f2 udah tak coba tapi ga bsa…..
gimana bos???

31 01 2010
Yuan Lukito

apakah tombol F2 terdeteksi di Windows? siapa tahu keyboard anda rusak di tombol F2-nya? karena masuk bios dengan F2

jika ternyata keyboardnya tidak bermasalah, coba bawa ke service center asus saja :D

2 02 2010
Kris

ini link patch untuk trouble shutdown xp di notebook ASUS K40IN :
http://thehotfixshare.net/board/index.php?autocom=downloads&showfile=850%5D

Thanks untuk kaskuser yang telah kasih linknya

2 02 2010
Yuan Lukito

@Kris : terima kasih, semoga link yang diberikan bisa memecahkan masalah bagi para pengguna K40IN :)

4 02 2010
Jamal

Pak, setelah selesai install xp, muncul dilayar update bios saya ok
setelah selesai update langsung tidak bisa masuk ke windows lagi, saya coba install
ulang tetap tidak bisa muncul blue screen error bla bla bla
apakah ini efek dari update bios?
emang default ver bios nya berapa?
saat update (2.20), sudah saya coba downgrade versi (2.08, 2.11, 2.13) tetap tidak bisa.
mohon pencerahannya pak?
terima kasih.

4 02 2010
Yuan Lukito

@Jamal : coba masuk ke bios, set IDE Mode ke Compatible.

Efek dari upgrade bios adalah mengembalikan setting bios ke kondisi default (bawaan pabrik). Setting default IDE di K40IN ini sepertinya ke Enhanced, yang tidak disupport oleh Windows XP pada umumnya :)

24 02 2010
elsan

mas, saya pake k40in core 2 duo t6600..awalnya saya mo bkin backup pake acronis,tp g bisa recovery lewat start up..trs saya coba recovery gi dari awal, u/ windows 7 nya nyampe disuruh masukin cd driver asusnya dah bisa..tp pas install otomatis drivernya malah g ngangkat dari biosnya..
satu gi cara ngerubah settingan biosnya gimana?biar bisa compatible ma semua os coz install xp m vista mucul bacaan windows has encountered a problem bla……bla…..bla……..mohon pencerahan..
dibalesnya ke email aja mas..makasih sebelumnya..

25 02 2010
Yuan Lukito

untuk XP, setting IDE ke mode compatible, sedangkan vista dan windows 7 setting ke Enhanced.

supaya tidak mengubah-ubah settingan IDE di bios, silahkan set ke mode Enhanced, dengan catatan pada saat menginstall xp anda menggunakan cd installer xp yang sudah berisi driver SATA (slipstreamed)

4 03 2010
Jurmansyah

Haloo mas, salam kenal..

saya pakai laptop yg sama persis, dari awal pembeluan udah saya install Win7..
Awalnya c aman, tapi g th kenapa akhir2 ini laptop saja sering hang…

kira2 kenpa ya mas?

6 03 2010
Yuan Lukito

penyebabnya ada banyak kemungkinan, saya juga tidak dapat memberikan perkiraan masalahnya karena apa jika tidak melihatnya sendiri. mungkin anda bisa memberikan keterangan yang lebih lengkap, seperti hang saat menjalankan aplikasi apa

4 03 2010
Maulana

wah totally sayah puas dengan lapti yang satu ini… graphic lumayan untuk nemenin saya maen game…. Oh ya kadang2, di monitor ada fliker (berkedip) tapi jarang2, mungkin dalm seminggu hanya 1-2 x…. ada yang punya masalah ini g? sharing dong… saya curiga drivernya, tp belum saya coba sih untuk install ulang driver VGA nya….

6 03 2010
Yuan Lukito

saya juga mengalami masalah tersebut jika sedang menjalankan hackintosh. sepertinya terjadi juga bila layarnya ditutup setengah

6 03 2010
Maulana

eum… kalo gitu mungkin bukan masalah hardwarenya y?

7 03 2010
Yuan Lukito

saya tidak bisa memastikan, dugaan sementara ada masalah di kabel koneksi layarnya, karena gejala flicker terjadi jika layarnya digerakkan menutup :(
semoga dugaan saya salah :D

16 04 2010
danu

saya juga mngalami hal yg sama..sekarang lebih sering berkedip, apalagi klo baru dinyalain..

itu masalahnya kenapa yah..??
mohon pencerahannya.. :((

10 03 2010
adit

bro, mau cerita dikit boleh kan.
Saya pake ASUS K40IN Dual Core T4300 RAM 2Gb (masih standar semua BIOS juga masi standar, belum di upgrade).
Saya pernah install XP SP 2 dan Win7, saya download dan install driver terbaru dari website resmi ASUS. Sekarang saya pakai Win7 32bit dan sejauh ini tidak ada masalah. Tapi kalau saya pakai untuk online pake USB HSDPA modem kok sering nge-hang total, tidak ada respon sama sekali, di Ctrl+Shift+ESC juga ga bisa, terpaksa saya restart manual dengan pencet tombol powernya dan hal ini sering terjadi saat saya online. Saya juga sudah coba pinjam modem merk lain milik teman saya dan hal ini masih terjadi, terutama saat koneksi internet sedang down. Padahal HD sudah saya cek tidak ada bad sector dan laptop saya tidak pernah nge-hang kalau tidak online pake HSDPA modem.
Saya jadi bingung masalahnya ada di hardware atau software nya. Mungkin ada yang mengalami hal serupa? Mohon pencerahannya. Sebelumnya terima kasih.

10 03 2010
Yuan Lukito

Merek USB HSDPA modemnya? Dugaan sementara saya masalahnya ada di driver USB HSDPA modemnya kurang kompatibel. Anda sudah pernah mencoba menginstall ulang driver USB Modemnya?

Mungkin anda perlu juga mencoba membuka website produsen USB HSDPA modem tersebut, siapa tahu sudah ada update driver terbaru

10 03 2010
adit

Merknya Prolink PHS100. Belum ada update driver terbaru di website resmi nya. Saya juga sudah coba pakai Huawei E220 dan Haier D1200P dengan update driver terbaru dan masalah tetap muncul, laptop saya sering hang total. Dan hang nya saat koneksi internet sedang down.
Oia, teman saya juga mengalami hal serupa dengan ASUS seri ini. Kira-kira masalahnya apa ya bro?

11 03 2010
Yuan Lukito

@adit : saya tidak bisa memastikan apa penyebabnya, salah satunya karena saya perlu melihat dan mencoba sendiri laptop yang bermasalah tersebut.

hanya untuk berbagi saja, pengalaman saya selama ini dengan laptop Asus K40IN (punya saya masih Dual Core T4200, 2 Ghz) tidak pernah bermasalah dengan USB Modem. Saya sudah menggunakan 2 macam USB Modem, yaitu Sierra 881u (HSDPA) dan Haier CE100 (EVDO-CDMA) dan tidak pernah mengalami masalah hang seperti anda

Apakah anda sudah pernah mencoba menginstall ulang Windows 7 anda? lalu menginstall semua driver lengkap dari website Asus? Mungkin anda perlu mencoba menginstall modem tersebut dalam keadaan komputer masih “bersih”, belum terinstall program-program lainnya. Dalam kondisi “bersih” tersebut, apakah modem masih menimbulkan gejala hang?

Jika anda sudah menginstall ulang dan ternyata masih bermasalah (masih hang, dsb), bisa jadi ada kerusakan fisik pada port USB di K40IN anda, tapi itu merupakan dugaan terakhir :)

11 03 2010
Mar Diyan

Salam kenal mas Yuan…

Mau Lapor… Yang berhasil dengan sukses diinstal di laptop ini…

Windows XP SP2 & SP3(pake Compatible Mode di setingan BIOSnya), Windows Vista Ultimate(Lelet… Banget), Windows 7 Build RC 7100(Mantab yang satu ini), Ubuntu 9.10 Karmic Koala, Linux Mint 8 Helena, Open Suse 11.2, Fedora 12 Constantine, Mandriva Free 2010,…

Overall… Laptop ini memang handal bagi user yang ingin mencari laptop dengan kualitas lumayan high-end…

Untuk Mas Yuan… Salute buat blognya…

11 03 2010
Yuan Lukito

@Mar Diyan : ok, terima kasih untuk laporannya :)

saya sendiri belum pernah menginstall Windows XP dan Windows Vista di laptop ini, sedangkan sisanya dari yang anda sebutkan sudah saya coba semuanya, dan memang berjalan dengan lancar tanpa ada masalah :)

12 03 2010
Fahrin

Halo mas yuan,

Aku mu nanya nich,seputar modem juga,
Saya pake asus k40in, os’a win 7 64 bit

Knp ea pas nyolokin modem huawei e220,software’a dah keinstal tp pas mau mulai dipake,modem’a koq g kedetect

Mohon pencerahan’a
Trims sblm’a

Btw..koq aku pernah liat nama mas yuan di yehba…
Tp nick’a yuan kilu
Itu mas bkn?

12 03 2010
Yuan Lukito

mungkin driver modem tersebut belum mendukung sistem 64 bit. anda sudah pernah coba install driver modem tersebut di windows 7 32 bit?

sepertinya bukan saya, saya juga tidak tahu apa itu yehba :D

12 03 2010
Fahrin

Owh gt ea..
Iya nich mu coba win 7 32 bit,taw mu di xp in ja
Klo mnurut mas,plh yg mana?

Kta’a sich win 64 bit performa’a bgus,tp bnyk aplikasi yg g support

Klo bleh tau,bedanya 64 ma 32 bit pa?
Hehe maklum msh newbie

13 03 2010
Yuan Lukito

Kalau saya lebih suka Windows 7 :)

64 vs 32 bit –> perbedaan di panjang instruksi maksimal, sama juga artinya ada perbedaan di jumlah memory yang bisa dialamatkan

32 bit –> 2^32, sedangkan 64 bit –> 2^64.

Mudahnya, jumlah memory maksimal yang bisa diterdeteksi di system 32 bit hanya sekitar 3.5 GB, sedangkan untuk 64 bit bisa sampai 16 TB++

14 03 2010
reihan

agan agan sekalian ane mau tanya ni. ane kan baru beli asus k40in c2d T6600 baru 1 hari umurnya, tapi tiap ane browser buka fb ato twitter, tiba tiba hank. cursor mouse nya ga bsa di gerakin. di end task jg ga bsa , bener2 hank dah pkonya. trus ane restart lagi maen lagi, eh 15menitan maen hank lagi..
nah ane bngung kok bsa gtu, padahal ini baru trus masih garansi 2 taon. minta info dan mohon bimbingannya ya agan agan sekalian :)

15 03 2010
Yuan Lukito

@reihan : ada kemungkinan yang menyebabkan laptop anda menjadi seperti itu. Saya kelompokkan menjadi 2 :

1. Karena software / perangkat lunak
Bisa jadi instalasi Sistem Operasi anda tidak tuntas, atau ada driver yang kurang kompatibel dengan system anda.

2. Karena hardware / perangkat keras
Anda pernah mengganti memory? atau menambah memory? bisa jadi memory tambahan tersebut tidak kompatibel dengan K40IN (saya sendiri pernah mengalaminya saat menambah memory 2 GB menjadi 4 GB, sistem tidak stabil dan akan hang sama seperti yang anda alami

Kemungkinan lainnya harddisk anda kena bad sector

Saran saya, karena laptop anda baru 1 hari umurnya, tidak ada salahnya anda membawanya ke Toko tempat anda membeli laptop untuk mengajukan komplain :)

16 03 2010
reihan

kalo mnrut saya si bos kemungkinan nomer 1 kyknya.
soalnya kalo nomer 2 si emg iya ane tambahin ram 2 gb. jadinya 4gb. tapi setelah ane copot lagi ram 2gb ny masih tetap hank..
gw jg pake win xp ni. rncna mau di instal ulang pake win 7 .
katanya asus k40in lbh cocokan pake win 7 ya?

kalo mau di bawa ke toko jauh bos, gw di kota jambi. tokonya di jkt. harus dikirim dulu jdny. :(

oia emg bs ya? laptop baru hardisk nya kena bad sector?

16 03 2010
Yuan Lukito

ok, install ulang windows 7, semoga berhasil :)

18 03 2010
alfonz

Bos Yuan, saya juga pake laptop model ini, os win 7 ultimate 32 bit, ram 4gb
Problem nya suka hang tiba2 (random)
Udah coba instal windows xp pakai hd config yg compatible, win 7 juga baik yg compatible n enhanced, tetep aja.
Sekarang pakai yg mode enhanced malah jadi suka lag, jadi kalau jalankan aplikasi under windows gt, tiba2 berhenti sebentar, trus jalan lagi.. yg paling kerasa kalau lagi dengerin lagu, jadi kepotong2
Kenapa kira2 ya??
Device manager ak pastikan ga ada konflik, semua driver bawaan asus
Panas juga sptnya gak mungkin, karena pakai cooling pad
Apa karena ram yg 4gb ini yg gak kompatibel ya? ak pakai 2 keping merk v-gen
Tolong sharing donk

Trims

18 03 2010
Yuan Lukito

yup, dugaan saya juga begitu, sepertinya memang memorynya kurang kompatibel. saya juga pernah mengalami hal ini waktu menambah RAM menjadi 4 GB.

22 03 2010
alfonz

Thanks reply nya Bos,
Utk RAM ini, waktu di upgrade emang ak ganti 2 keping. Maksudnya, yg standar bawaan Asus merk Kingston 1 keping 2 GB, ak ganti jadi merk Vgen 2 keping @2 GB. Tapi ak uda pastiin spek nya sama spt yg diminta dari Asus, DDR2 800 MHz SDRAM
Problem nya di merk RAM nya atau emang gak support di 4 GB sih bos?
Saran nya gimana nih bos? Turun jadi 2 GB, atau coba merk lain dengan RAM tetep 4 GB? Ada rekomendasi nggak?

Trims

22 03 2010
Yuan Lukito

Biarpun frekuensi sama-sama DDR2 800 tapi sepertinya laptop Asus K40IN ini agak “pemilih”. Saya dulu juga sempat dibuat bingung karena setelah tambah RAM jadi 4GB malah sering hang/error tanpa sebab.

Akan lebih baik jika anda bisa mengganti memorynya seperti memory bawaannya saja (Kingston), yang dijamin 100% kompatibel :)

22 03 2010
alfonz

Yg si bos pakai jadi 3 GB ada merk Visipro juga..
Aturan gimana sih bos kalau mau pakai dua keping ini? Katanya supaya lebih stabil, paling nggak merk harus sama?

Pernah coba pakai win 7 yg 64 bit nggak bos? Krn yg 32 bit ini, RAM nya ke detect cuma 3.5 GB. Katanya kalau mau maksimal dengan RAM 4 GB ini, pakai OS yg 64 bit. Berati software windows nya (spt game, office, dll) juga harus khusus utk yg versi 64 bit atau gimana sih bos?

Thanks

23 03 2010
Yuan Lukito

Yup, kebetulan saya pakai Visipro 1 GB stabil terus sampai sekarang. Waktu itu pengen beli Kingston yang 2 GB tapi stoknya lagi kosong, jadi terpaksa ambil Visipro.

Yup, gunakan sistem operasi 64 bit yang bisa menjangkau memory 4 GB, sedangkan sistem operasi 32 bit hanya mampu menjangkau 3.5 GB.

Jika menggunakan sistem operasi 64 bit kendalanya ada di masalah kompatibilitas software, ada beberapa software tertentu yang tidak jalan di sistem 64 bit.

Sampai saat ini saya masih belum tertarik menginstall sistem operasi 64 bit, karena alasan kompatibilitas tersebut.

23 03 2010
alfonz

Bos, tanya lagi nih
Barusan ak test pakai EVEREST
Disebut memory type: Single Channel DDR2-800 SDRAM (6-6-6-18 CR2)
Trus yg bos punya, memory nya pakai latency berapa? Apa ini pengaruh juga ke kompatibilitas dengan notebook ini yg katanya agak ‘pemilih’?
Tolong dishare donk

Tq

23 03 2010
Yuan Lukito

Ini spesifikasi memory yang saya gunakan :

Memory Visipro 1 GB
Memory Bawaan, Kingston 2 GB

Dulu pertama kali saya langsung menambah memory 1 keping lagi, 2 GB mereknya lupa… Spesifikasi memory tadi sama persis dengan spesifikasi memory bawaan, Kingston 2 GB. Tapi selama 2 hari laptop saya terus-menerus hang. Di toko penjual memory tersebut tidak ada kingston, sehingga saya terpaksa menukar dengan Visipro 1 GB (waktu itu Visipro 2 GB juga tidak ada). Sampai saat ini masalah hang itu tidak pernah terjadi lagi. :)

19 05 2010
elsan

mas,saya pake asus k40in yang core 2 duo t6600..saya bermasalah ama acronis..awalnya saya install dalam windows 7 nya..dah bikin backup,tp g bisa di recovery..trs saya bikin cd bootable-nya,tp tetep g bisa booting..pa ada settingan bios khusus? (IDE configuration-nya dah enchanched)..mohon pencerahan..repot mas kalo mesti install ulang terus..makasih sebelumnya..

20 05 2010
Yuan Lukito

sepertinya untuk bisa booting dengan cd bootablenya anda harus mengeset IDE ke Compatible, bukan Enhanced :)

24 05 2010
Elsan

oh gitu y mas..y tar dicoba deh..kalo pengen install ubuntu 10.04 secara offline di k40in gimana?

9 08 2010
Yudi si perusak

@All :
pnyku ASUS K40IN T6500 tak ap pake wXP lancar (SP3)
klu make yg SP2 aneh d XP, klu d psangin tuneup utilities VGAny lngsng ngehang(berhenti) trs ad hotfix yg ngeganggu tpi sya lpa yg mna
umm… Yg jelas d SP3 bsa semua dh, tpi klu mau update ke SP3 mesti download hotfixnya dlu di microsoft.com

percobaan ini sdh sya lakukan 10x lebih install ulang.

@All:
Bisa tak sh nambah RAM sma VGA d ASUS K40IN T6500?
Thx…

11 08 2010
Yuan Lukito

Untuk menambah RAM bisa, maksimal sampai 4 GB. Sedangkan untuk menambah VGA tidak bisa :)

12 08 2010
Yudi si perusak

Mkasih y Mas :)

15 09 2010
josh

Untuk rekan-rekan yang laptop asusnya mengalami hang pada saat online menggunakan modem usb, coba di disable fungsi webcam nya. saya pengguna asus k40in t4400 juga, sering mengalami hang kalau online. Tapi setelah saya disable fungsi webcamnya masalah tersebut hilang.

7 11 2010
insan

mas bro,ane pke OS win7.VGA nvidia G102M 512 bawaan asus k40in.
koq pas d “dxdiag” VGA-nya jd 1267 MB trus integrated RAMDAC.
maksudnya gmn ya?apakah VGA-nya ngambil dari RAM (share).

thanx

7 11 2010
Yuan Lukito

512 MB dedicated, jika kurang maka kekurangannya akan diambil dari memory utama (RAM). 1267 MB berarti jumlah memory vga maksimal di laptop anda yang bisa disediakan oleh Win 7.

19 02 2011
bagus

mas kan saya pake win7,pas saya buka webcamnya,kok gambarnya kebalik ya?
biar gambarnya ke kebalik gimana ya?
mohon bantuannya ya

21 02 2011
Rikky

Mas, saya pake Asus K40IN-VX017. OS Win 7 32 bit.
Kenapa ya iPhone 3GS saya tidak bisa terdeteksi di iTunes.
Klo pindah dicolok ke pc laen, bisa.
Denger2 di forum sih ada masalah soal chipset-nya.
Atau OS-nya?
Tolong bantuannya ya. Tq.

6 03 2011
Bimandika

kalo pake hackintosh snow leopard osx86 build 10A432 Intel pas bootnya commandnya apaan ? -v cpus=1 ?? apa laen ?? terus di coba pake empireEFi eh ga kedetect dvd snow leopardnya , gimana solusinya gan, thanks… boleh minta tutorial intall snowleopardnya ga gan ?? thanks

11 04 2011
paijo

gan k40in gue

11 04 2011
paijo

mw instal drver splendid sellalu macet ditengah jlan knp itu gan…ane bingung …

15 09 2011
Rio Rez

laptop saya asus k4OIN,OS XP, tiba-tiba setelah diturn on,layar hitam,dan keterangannya : NTLDR is missing, press ctrl + alt + del, saya sudah mencoba install ulang dgn windows XP SP 2, XP SP 3,XP SP 4,cuma tidak muncul BIOS sama sekali,layar tetap NTLDR is missing, press ctrl + alt + del,mohon penjelasan dan bantuannya?terima kasih.

30 03 2013
avoir plus de vue sur youtube

Hi, I think your site might be having browser compatibility
issues. When I look at your website in Opera, it looks fine but when
opening in Internet Explorer, it has some overlapping.
I just wanted to give you a quick heads up!
Other then that, fantastic blog!

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

