Catatan Instalasi OS di Asus K40IN

Singkat cerita akhirnya saya memutuskan untuk membeli laptop Asus K40IN, lengkapnya: Asus K40IN-VX017.  Spesifikasinya:

Processor : Intel Dual Core T4200, 2Ghz, 1 MB L2 Cache
RAM : 2 GB DDR2-800 Kingston ( saya tambah 1 GB DDR2-800 Visipro, jadi totalnya 3 GB)
OS : No OS (Kosongan, sekarang saya menggunakan Windows 7 Professional lisensi MSDN-AA :)  )

Spesifikasi lengkapnya bisa anda lihat di website ASUS.

Beberapa sistem operasi yang sudah saya coba:

Windows 7 Professional: Lancar, Aero, WEI : 4.4
Processor: 5.2
RAM : 5.2
Desktop Graphic untuk Aero : 4.4
Gaming Graphic : 5.2
Primary Harddisk : 5.8

Ubuntu 9.04 32 i386 (32 bit) : Error, muncul int bug (sepertinya driver chipset MCP75L belum masuk ke kernel)

Ubuntu 9.04 x86_64 (64 bit) : Lancar, semua hardware dikenali kecuali Wifi (Atheros 9285)

Ubuntu 9.10 i386 (32 bit) : Lancar, semua hardware terdeteksi termasuk Wifi Atheros 9285.

Saya juga melakukan beberapa eksperimen berupa instalasi Hackintosh.  Berikut beberapa installer yang sudah saya coba:

Kalyway 10.5.1 : butuh cpus=1 (hanya berjalan single core), graphic tidak terdeteksi (resolusi hanya 1024×768), sound tidak jalan, Wifi tidak jalan, port USB tidak jalan :(

iAtkos 7 : butuh cpus=1 (hanya berjalan single core), graphic tidak terdeteksi (resolusi hanya 1024×768) sound tidak jalan, Wifi tidak jalan, port USB tidak jalan, LAN tidak terdeteksi :(

iDeneb 1.4 : berjalan dual core, graphic tidak terdeteksi (resolusi hanya 1024×768), sound tidak jalan, Wifi tidak jalan, port USB tidak jalan, LAN terdeteksi.

Untuk eksperimen berikutnya saya berencana akan mencoba instalasi menggunakan iPC dan instalasi dengan DVD Installer Snow Leopard.

Anda punya laptop ini? bagikan cerita anda di sini :)
Lebih bagus lagi jika anda sudah berhasil menginstall Hackintosh di laptop seperti ini, saya mohon bimbingannya :)

Anda juga bisa mengikuti diskusi di Kaskus dengan para pemakai K40IN, di sini :)

79 thoughts on “Catatan Instalasi OS di Asus K40IN”

  1. Saya juga menggunakan lappie ini. Konfirmasi juga saya coba install Ubuntu 9.04 32 i386 (32 bit) : Error, muncul int bug (sepertinya driver chipset MCP75L belum masuk ke kernel) gt gan sama. lom coba install lainnya. Install XP tapi g bisa di matikan. cuma layar doank yg mati tapi mesin kagak. tapi udah ter solved di kaskus

  2. @bang_haji : sepertinya bisa, seperti kata @fahrul, masalah-masalah yang ditemui saat install xp dapat dipecahkan semuanya. Sumber yang cukup lengkap ada di salah satu thread di forum Kaskus

    Sementara ini saya belum mencoba install Windows XP

  3. Om. .
    aku beli asus K40IN tak instal windows seven tpii kok drive dari asusnya g keinstall smua. . Kebanyakan drive bisa dinstal dan dirun pake XP atau Vista. .
    Minta saran biar drivenya mau dinstal dan dirun pake windows seven.
    eman2 klu harus ganti ke vista soalnya q blii asli windows sevennya =(

  4. om.. saya jg pake k40in, lagi nyoba install ideneb 1.4 n kalyway 10.5.1 tp gagal terus.. boleh kasih tau step by step n cara setting biosnya ga..

  5. @khuman : setting biosnya default, tidak ada yang diganti. Sepertinya bios K40IN tidak ada setting macam-macam yang bisa diubah :D

    Untuk kalyway (10.5.1) anda harus memasukkan parameter cpus=1, sedangkan untuk iDeneb 1.4 langsung install seperti biasa. Masalahnya dari dua distro tersebut VGA G102M tidak terdeteksi dan driver-driver yang ada di internet sepertinya tidak ada yang cocok.

    Jadi sampai sekarang ini saya belum menemukan distro hackintosh yang bisa mengenai Geforce G102M. Mungkin Snow Leopard bisa, tapi karena harus mengubah layout partisi sepertinya saya tidak akan mencobanya dalam waktu dekat ini.

  6. Broww, gua mau instal asus K40in gua OS win xp sp2, tapi gua dapet masalah waktu gua pake cd os xp sp2 ternyata g k deted sata’na,,!! ada masukan g dimana gua bisa download driver sata’nya coz gua cari di situs asus g ketemu2,,!!
    Plesae,,,

  7. aku install xp sp 2 ga mau shutdown loh (led powenya nyala terus,,tapi layar uda mati)…kalo ubuntu karmic ga bisa restart,,tapi shutdown lancar..knapa yak?? ubuntu Netbook Remix juga error kaya jaunty jackalope..sekarang pake win 7..driver2 nya donlot di webnya asus…

    1. @hen : masalah di xp sp2 itu bisa diatasi dengan menginstall patch dari microsoft. saya pernah membaca panduannya di forum kaskus pada thread asus k40in. selain itu saya juga tidak pernah menginstall xp di laptop ini.

      di laptop saya ubuntu karmic koala berjalan dengan lancar, semua hardware dapat terdeteksi dan bekerja dengan baik. restart, sleep dan shutdown berjalan dengan lancar juga.

      untuk ubuntu netbook remix saya sendiri belum pernah mencobanya.

  8. mas, saya juga pake k40in. tp yang core2duo.
    pertama aq instal xp, lalu tak coba install w7. nah ketika setelah di instal w7nya kok hanya ada partisi C saja (system), D,E,F hilang semua. aq coba lagi ke xp. partisi D,E, dan F muncul lagi. namun ketika nyoba w7 lagi D,E, dan F hilang lagi. ada masukan?
    itu masalah yang pertama. masalah yang kedua, kok nggak nggak bisa di crack ya? tidak bisa diactivated. selalu trial 30 day trus. gimana ya?

    1. @nurhasanalfaqih : saat anda masuk ke XP, coba format drive D, E, dan F dengan tipe FAT32 atau NTFS.

      di windows 7 ada opsi untuk menyembunyikan drive kosong, anda bisa mencoba setting ini agar drive yang kosong (baru diformat) bisa muncul di windows explorer pada windows 7.

      Settingnya ada di (Windows 7) :
      Buka Windows Explorer
      Organize > Folder and Search Options, pilih pada tab View, lalu hilangkan centang pada pilihan Hide Empty Drive in the Computer folder

      Masalah aktivasi dan crack saya tidak dapat membantu. :)

  9. Gan,ane br beli ni lapie..tp yg t6600..tanpa os,minta rekomen os yg g ribet buat diinstallin kr2 apa ya?
    Punten maklum nubie..mohon pencerahannya

      1. dasar goblok,ya paling mudah win vista ma win 7 untuk diinstall.pemula kebingunan sama installernya windows xp yang gak user friendly.Sedangkan win7,win8 win vista bahkan anak TK pun bisa nginstall nya karna user friendly

      1. saat boot manager hampir selesai
        muncul perintah
        “windows has encountered a problem bla……bla…..bla……..

        status oxc0000000xg
        info: an unexpected I/O error has occured

        nah itu kata kata yang keluar, gmn bos???

        oh ya, mau tanya skarang aq kok ga bisa masuk bios ya? padahal udah teken f2, del, esc, ato alt+f2, gmn ya caranya ngereset bios?

      2. @okembudi : coba gunakan DVD installer yang lain, ada kemungkinan installernya tidak sempurna (ada file yang corrupt atau proses pembakarannya tidak sempurna)

        BIOS anda versi berapa? apakah anda pernah melakukan update BIOS sendiri ?

  10. nah itu dia, cara untuk liat versi bios gimana??
    nah kemarin waktu aq instal driver k40in untuk xp, aq coba instal semua driver nya, termasuk bios nya tapi aq juga ga nerti fungsinya untuk apa, aku kira dengan menginstal semua driver untuk xp maka hasilnya lebih bagus, nah sekarang waktu ingin mengganti ke win 7 aku kesulitan masuk ke biosnya, semua tombol esc, del, f2, alt+f2 udah tak coba tapi ga bsa…..
    gimana bos???

    1. apakah tombol F2 terdeteksi di Windows? siapa tahu keyboard anda rusak di tombol F2-nya? karena masuk bios dengan F2

      jika ternyata keyboardnya tidak bermasalah, coba bawa ke service center asus saja :D

  11. Pak, setelah selesai install xp, muncul dilayar update bios saya ok
    setelah selesai update langsung tidak bisa masuk ke windows lagi, saya coba install
    ulang tetap tidak bisa muncul blue screen error bla bla bla
    apakah ini efek dari update bios?
    emang default ver bios nya berapa?
    saat update (2.20), sudah saya coba downgrade versi (2.08, 2.11, 2.13) tetap tidak bisa.
    mohon pencerahannya pak?
    terima kasih.

  12. @Jamal : coba masuk ke bios, set IDE Mode ke Compatible.

    Efek dari upgrade bios adalah mengembalikan setting bios ke kondisi default (bawaan pabrik). Setting default IDE di K40IN ini sepertinya ke Enhanced, yang tidak disupport oleh Windows XP pada umumnya :)

  13. mas, saya pake k40in core 2 duo t6600..awalnya saya mo bkin backup pake acronis,tp g bisa recovery lewat start up..trs saya coba recovery gi dari awal, u/ windows 7 nya nyampe disuruh masukin cd driver asusnya dah bisa..tp pas install otomatis drivernya malah g ngangkat dari biosnya..
    satu gi cara ngerubah settingan biosnya gimana?biar bisa compatible ma semua os coz install xp m vista mucul bacaan windows has encountered a problem bla……bla…..bla……..mohon pencerahan..
    dibalesnya ke email aja mas..makasih sebelumnya..

    1. untuk XP, setting IDE ke mode compatible, sedangkan vista dan windows 7 setting ke Enhanced.

      supaya tidak mengubah-ubah settingan IDE di bios, silahkan set ke mode Enhanced, dengan catatan pada saat menginstall xp anda menggunakan cd installer xp yang sudah berisi driver SATA (slipstreamed)

      1. Mas, minta slipsteam sata xp (nlite) nya dong. Saya cari2 sampe puyeng ga ketemu. Makasih.

  14. Haloo mas, salam kenal..

    saya pakai laptop yg sama persis, dari awal pembeluan udah saya install Win7..
    Awalnya c aman, tapi g th kenapa akhir2 ini laptop saja sering hang…

    kira2 kenpa ya mas?

    1. penyebabnya ada banyak kemungkinan, saya juga tidak dapat memberikan perkiraan masalahnya karena apa jika tidak melihatnya sendiri. mungkin anda bisa memberikan keterangan yang lebih lengkap, seperti hang saat menjalankan aplikasi apa

  15. wah totally sayah puas dengan lapti yang satu ini… graphic lumayan untuk nemenin saya maen game…. Oh ya kadang2, di monitor ada fliker (berkedip) tapi jarang2, mungkin dalm seminggu hanya 1-2 x…. ada yang punya masalah ini g? sharing dong… saya curiga drivernya, tp belum saya coba sih untuk install ulang driver VGA nya….

      1. saya tidak bisa memastikan, dugaan sementara ada masalah di kabel koneksi layarnya, karena gejala flicker terjadi jika layarnya digerakkan menutup :(
        semoga dugaan saya salah :D

    1. saya juga mngalami hal yg sama..sekarang lebih sering berkedip, apalagi klo baru dinyalain..

      itu masalahnya kenapa yah..??
      mohon pencerahannya.. :((

  16. bro, mau cerita dikit boleh kan.
    Saya pake ASUS K40IN Dual Core T4300 RAM 2Gb (masih standar semua BIOS juga masi standar, belum di upgrade).
    Saya pernah install XP SP 2 dan Win7, saya download dan install driver terbaru dari website resmi ASUS. Sekarang saya pakai Win7 32bit dan sejauh ini tidak ada masalah. Tapi kalau saya pakai untuk online pake USB HSDPA modem kok sering nge-hang total, tidak ada respon sama sekali, di Ctrl+Shift+ESC juga ga bisa, terpaksa saya restart manual dengan pencet tombol powernya dan hal ini sering terjadi saat saya online. Saya juga sudah coba pinjam modem merk lain milik teman saya dan hal ini masih terjadi, terutama saat koneksi internet sedang down. Padahal HD sudah saya cek tidak ada bad sector dan laptop saya tidak pernah nge-hang kalau tidak online pake HSDPA modem.
    Saya jadi bingung masalahnya ada di hardware atau software nya. Mungkin ada yang mengalami hal serupa? Mohon pencerahannya. Sebelumnya terima kasih.

    1. Merek USB HSDPA modemnya? Dugaan sementara saya masalahnya ada di driver USB HSDPA modemnya kurang kompatibel. Anda sudah pernah mencoba menginstall ulang driver USB Modemnya?

      Mungkin anda perlu juga mencoba membuka website produsen USB HSDPA modem tersebut, siapa tahu sudah ada update driver terbaru

      1. Merknya Prolink PHS100. Belum ada update driver terbaru di website resmi nya. Saya juga sudah coba pakai Huawei E220 dan Haier D1200P dengan update driver terbaru dan masalah tetap muncul, laptop saya sering hang total. Dan hang nya saat koneksi internet sedang down.
        Oia, teman saya juga mengalami hal serupa dengan ASUS seri ini. Kira-kira masalahnya apa ya bro?

      2. @adit : saya tidak bisa memastikan apa penyebabnya, salah satunya karena saya perlu melihat dan mencoba sendiri laptop yang bermasalah tersebut.

        hanya untuk berbagi saja, pengalaman saya selama ini dengan laptop Asus K40IN (punya saya masih Dual Core T4200, 2 Ghz) tidak pernah bermasalah dengan USB Modem. Saya sudah menggunakan 2 macam USB Modem, yaitu Sierra 881u (HSDPA) dan Haier CE100 (EVDO-CDMA) dan tidak pernah mengalami masalah hang seperti anda

        Apakah anda sudah pernah mencoba menginstall ulang Windows 7 anda? lalu menginstall semua driver lengkap dari website Asus? Mungkin anda perlu mencoba menginstall modem tersebut dalam keadaan komputer masih “bersih”, belum terinstall program-program lainnya. Dalam kondisi “bersih” tersebut, apakah modem masih menimbulkan gejala hang?

        Jika anda sudah menginstall ulang dan ternyata masih bermasalah (masih hang, dsb), bisa jadi ada kerusakan fisik pada port USB di K40IN anda, tapi itu merupakan dugaan terakhir :)

  17. Salam kenal mas Yuan…

    Mau Lapor… Yang berhasil dengan sukses diinstal di laptop ini…

    Windows XP SP2 & SP3(pake Compatible Mode di setingan BIOSnya), Windows Vista Ultimate(Lelet… Banget), Windows 7 Build RC 7100(Mantab yang satu ini), Ubuntu 9.10 Karmic Koala, Linux Mint 8 Helena, Open Suse 11.2, Fedora 12 Constantine, Mandriva Free 2010,…

    Overall… Laptop ini memang handal bagi user yang ingin mencari laptop dengan kualitas lumayan high-end…

    Untuk Mas Yuan… Salute buat blognya…

    1. @Mar Diyan : ok, terima kasih untuk laporannya :)

      saya sendiri belum pernah menginstall Windows XP dan Windows Vista di laptop ini, sedangkan sisanya dari yang anda sebutkan sudah saya coba semuanya, dan memang berjalan dengan lancar tanpa ada masalah :)

  18. Halo mas yuan,

    Aku mu nanya nich,seputar modem juga,
    Saya pake asus k40in, os’a win 7 64 bit

    Knp ea pas nyolokin modem huawei e220,software’a dah keinstal tp pas mau mulai dipake,modem’a koq g kedetect

    Mohon pencerahan’a
    Trims sblm’a

    Btw..koq aku pernah liat nama mas yuan di yehba…
    Tp nick’a yuan kilu
    Itu mas bkn?

    1. mungkin driver modem tersebut belum mendukung sistem 64 bit. anda sudah pernah coba install driver modem tersebut di windows 7 32 bit?

      sepertinya bukan saya, saya juga tidak tahu apa itu yehba :D

  19. Owh gt ea..
    Iya nich mu coba win 7 32 bit,taw mu di xp in ja
    Klo mnurut mas,plh yg mana?

    Kta’a sich win 64 bit performa’a bgus,tp bnyk aplikasi yg g support

    Klo bleh tau,bedanya 64 ma 32 bit pa?
    Hehe maklum msh newbie

    1. Kalau saya lebih suka Windows 7 :)

      64 vs 32 bit –> perbedaan di panjang instruksi maksimal, sama juga artinya ada perbedaan di jumlah memory yang bisa dialamatkan

      32 bit –> 2^32, sedangkan 64 bit –> 2^64.

      Mudahnya, jumlah memory maksimal yang bisa diterdeteksi di system 32 bit hanya sekitar 3.5 GB, sedangkan untuk 64 bit bisa sampai 16 TB++

  20. agan agan sekalian ane mau tanya ni. ane kan baru beli asus k40in c2d T6600 baru 1 hari umurnya, tapi tiap ane browser buka fb ato twitter, tiba tiba hank. cursor mouse nya ga bsa di gerakin. di end task jg ga bsa , bener2 hank dah pkonya. trus ane restart lagi maen lagi, eh 15menitan maen hank lagi..
    nah ane bngung kok bsa gtu, padahal ini baru trus masih garansi 2 taon. minta info dan mohon bimbingannya ya agan agan sekalian :)

    1. @reihan : ada kemungkinan yang menyebabkan laptop anda menjadi seperti itu. Saya kelompokkan menjadi 2 :

      1. Karena software / perangkat lunak
      Bisa jadi instalasi Sistem Operasi anda tidak tuntas, atau ada driver yang kurang kompatibel dengan system anda.

      2. Karena hardware / perangkat keras
      Anda pernah mengganti memory? atau menambah memory? bisa jadi memory tambahan tersebut tidak kompatibel dengan K40IN (saya sendiri pernah mengalaminya saat menambah memory 2 GB menjadi 4 GB, sistem tidak stabil dan akan hang sama seperti yang anda alami

      Kemungkinan lainnya harddisk anda kena bad sector

      Saran saya, karena laptop anda baru 1 hari umurnya, tidak ada salahnya anda membawanya ke Toko tempat anda membeli laptop untuk mengajukan komplain :)

  21. kalo mnrut saya si bos kemungkinan nomer 1 kyknya.
    soalnya kalo nomer 2 si emg iya ane tambahin ram 2 gb. jadinya 4gb. tapi setelah ane copot lagi ram 2gb ny masih tetap hank..
    gw jg pake win xp ni. rncna mau di instal ulang pake win 7 .
    katanya asus k40in lbh cocokan pake win 7 ya?

    kalo mau di bawa ke toko jauh bos, gw di kota jambi. tokonya di jkt. harus dikirim dulu jdny. :(

    oia emg bs ya? laptop baru hardisk nya kena bad sector?

  22. Bos Yuan, saya juga pake laptop model ini, os win 7 ultimate 32 bit, ram 4gb
    Problem nya suka hang tiba2 (random)
    Udah coba instal windows xp pakai hd config yg compatible, win 7 juga baik yg compatible n enhanced, tetep aja.
    Sekarang pakai yg mode enhanced malah jadi suka lag, jadi kalau jalankan aplikasi under windows gt, tiba2 berhenti sebentar, trus jalan lagi.. yg paling kerasa kalau lagi dengerin lagu, jadi kepotong2
    Kenapa kira2 ya??
    Device manager ak pastikan ga ada konflik, semua driver bawaan asus
    Panas juga sptnya gak mungkin, karena pakai cooling pad
    Apa karena ram yg 4gb ini yg gak kompatibel ya? ak pakai 2 keping merk v-gen
    Tolong sharing donk

    Trims

      1. Thanks reply nya Bos,
        Utk RAM ini, waktu di upgrade emang ak ganti 2 keping. Maksudnya, yg standar bawaan Asus merk Kingston 1 keping 2 GB, ak ganti jadi merk Vgen 2 keping @2 GB. Tapi ak uda pastiin spek nya sama spt yg diminta dari Asus, DDR2 800 MHz SDRAM
        Problem nya di merk RAM nya atau emang gak support di 4 GB sih bos?
        Saran nya gimana nih bos? Turun jadi 2 GB, atau coba merk lain dengan RAM tetep 4 GB? Ada rekomendasi nggak?

        Trims

      2. Biarpun frekuensi sama-sama DDR2 800 tapi sepertinya laptop Asus K40IN ini agak “pemilih”. Saya dulu juga sempat dibuat bingung karena setelah tambah RAM jadi 4GB malah sering hang/error tanpa sebab.

        Akan lebih baik jika anda bisa mengganti memorynya seperti memory bawaannya saja (Kingston), yang dijamin 100% kompatibel :)

      3. Yg si bos pakai jadi 3 GB ada merk Visipro juga..
        Aturan gimana sih bos kalau mau pakai dua keping ini? Katanya supaya lebih stabil, paling nggak merk harus sama?

        Pernah coba pakai win 7 yg 64 bit nggak bos? Krn yg 32 bit ini, RAM nya ke detect cuma 3.5 GB. Katanya kalau mau maksimal dengan RAM 4 GB ini, pakai OS yg 64 bit. Berati software windows nya (spt game, office, dll) juga harus khusus utk yg versi 64 bit atau gimana sih bos?

        Thanks

      4. Yup, kebetulan saya pakai Visipro 1 GB stabil terus sampai sekarang. Waktu itu pengen beli Kingston yang 2 GB tapi stoknya lagi kosong, jadi terpaksa ambil Visipro.

        Yup, gunakan sistem operasi 64 bit yang bisa menjangkau memory 4 GB, sedangkan sistem operasi 32 bit hanya mampu menjangkau 3.5 GB.

        Jika menggunakan sistem operasi 64 bit kendalanya ada di masalah kompatibilitas software, ada beberapa software tertentu yang tidak jalan di sistem 64 bit.

        Sampai saat ini saya masih belum tertarik menginstall sistem operasi 64 bit, karena alasan kompatibilitas tersebut.

      5. Bos, tanya lagi nih
        Barusan ak test pakai EVEREST
        Disebut memory type: Single Channel DDR2-800 SDRAM (6-6-6-18 CR2)
        Trus yg bos punya, memory nya pakai latency berapa? Apa ini pengaruh juga ke kompatibilitas dengan notebook ini yg katanya agak ‘pemilih’?
        Tolong dishare donk

        Tq

      6. Ini spesifikasi memory yang saya gunakan :

        Memory Visipro 1 GB
        Memory Bawaan, Kingston 2 GB

        Dulu pertama kali saya langsung menambah memory 1 keping lagi, 2 GB mereknya lupa… Spesifikasi memory tadi sama persis dengan spesifikasi memory bawaan, Kingston 2 GB. Tapi selama 2 hari laptop saya terus-menerus hang. Di toko penjual memory tersebut tidak ada kingston, sehingga saya terpaksa menukar dengan Visipro 1 GB (waktu itu Visipro 2 GB juga tidak ada). Sampai saat ini masalah hang itu tidak pernah terjadi lagi. :)

  23. mas,saya pake asus k40in yang core 2 duo t6600..saya bermasalah ama acronis..awalnya saya install dalam windows 7 nya..dah bikin backup,tp g bisa di recovery..trs saya bikin cd bootable-nya,tp tetep g bisa booting..pa ada settingan bios khusus? (IDE configuration-nya dah enchanched)..mohon pencerahan..repot mas kalo mesti install ulang terus..makasih sebelumnya..

  24. @All :
    pnyku ASUS K40IN T6500 tak ap pake wXP lancar (SP3)
    klu make yg SP2 aneh d XP, klu d psangin tuneup utilities VGAny lngsng ngehang(berhenti) trs ad hotfix yg ngeganggu tpi sya lpa yg mna
    umm… Yg jelas d SP3 bsa semua dh, tpi klu mau update ke SP3 mesti download hotfixnya dlu di microsoft.com

    percobaan ini sdh sya lakukan 10x lebih install ulang.

    @All:
    Bisa tak sh nambah RAM sma VGA d ASUS K40IN T6500?
    Thx…

  25. Untuk rekan-rekan yang laptop asusnya mengalami hang pada saat online menggunakan modem usb, coba di disable fungsi webcam nya. saya pengguna asus k40in t4400 juga, sering mengalami hang kalau online. Tapi setelah saya disable fungsi webcamnya masalah tersebut hilang.

  26. mas bro,ane pke OS win7.VGA nvidia G102M 512 bawaan asus k40in.
    koq pas d “dxdiag” VGA-nya jd 1267 MB trus integrated RAMDAC.
    maksudnya gmn ya?apakah VGA-nya ngambil dari RAM (share).

    thanx

    1. 512 MB dedicated, jika kurang maka kekurangannya akan diambil dari memory utama (RAM). 1267 MB berarti jumlah memory vga maksimal di laptop anda yang bisa disediakan oleh Win 7.

  27. Mas, saya pake Asus K40IN-VX017. OS Win 7 32 bit.
    Kenapa ya iPhone 3GS saya tidak bisa terdeteksi di iTunes.
    Klo pindah dicolok ke pc laen, bisa.
    Denger2 di forum sih ada masalah soal chipset-nya.
    Atau OS-nya?
    Tolong bantuannya ya. Tq.

  28. kalo pake hackintosh snow leopard osx86 build 10A432 Intel pas bootnya commandnya apaan ? -v cpus=1 ?? apa laen ?? terus di coba pake empireEFi eh ga kedetect dvd snow leopardnya , gimana solusinya gan, thanks… boleh minta tutorial intall snowleopardnya ga gan ?? thanks

  29. laptop saya asus k4OIN,OS XP, tiba-tiba setelah diturn on,layar hitam,dan keterangannya : NTLDR is missing, press ctrl + alt + del, saya sudah mencoba install ulang dgn windows XP SP 2, XP SP 3,XP SP 4,cuma tidak muncul BIOS sama sekali,layar tetap NTLDR is missing, press ctrl + alt + del,mohon penjelasan dan bantuannya?terima kasih.

  30. Hi, I think your site might be having browser compatibility
    issues. When I look at your website in Opera, it looks fine but when
    opening in Internet Explorer, it has some overlapping.
    I just wanted to give you a quick heads up!
    Other then that, fantastic blog!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s