Overclock Asus K40IN – T4200

Saya sudah beberapa kali membaca artikel mengenai kenaikan kinerja laptop K40IN setelah dioverclock.  Komponen yang dioverclock adalah Processor Intel T4200, clock defaultnya adalah 2000 Mhz atau 2 Ghz.  Overclock dilakukan dengan cara menaikkan FSB clock dari semula 200 Mhz menjadi 250 Mhz.

Perhatian : saya hanya membagi pengalaman overclock, saya tidak menganjurkan anda untuk ikut mengoverclock komputer maupun laptop anda, karena overclock sendiri berarti memaksa komponen untuk bekerja diluar standar batas kinerja, sehingga bisa membahayakan komponen itu sendiri.  Saya tidak bertanggung jawab atas segala resiko overclock yang anda dapat sete;ah mengikuti petunjuk saya berikut ini.

Perhitungannya:
Clock awal : 2 Ghz = 2000 Mhz, dengan FSB 200 Mhz, multiplier 10x (200 x 10 = 2000)
Clock tujuan : 2.5 Ghz = 2500 Mhz, dengan FSB 250 Mhz, multiplier 10x (250 x 10 = 2500)

Overclock dilakukan dengan bantuan Nvidia System Tools, anda bisa mendownloadnya di sini.

Berikut adalah score WEI (Windows Experience Index) pada clock default 2.0 Ghz:

Setelah dioverclock ke 2.5 Ghz, terjadi peningkatan score WEI yang lumayan:

Berikut adalah screenshot dari cpu-z :

Validasi cpu-z –> klik di sini

12 thoughts on “Overclock Asus K40IN – T4200”

    1. @feroari : Sepertinya bedanya tidak akan terpaut sangat jauh. Menurut perkiraan kasar saya, selisihnya untuk menjalankan Corel X4 paling cuma beda 1-2 detik saat loading. Jika sudah masuk ke Corel-nya, kecepatannya tidak akan beda jauh (tidak akan terasa perbedaannya)

    1. udah,tp te2p aj g bisa malah udah install ulang win 7.btw apa musti pke yg 64 bit ya?pa jga hrus update bios?slnya gw pke yg bawaan sononya

  1. wah klo gw gak berani gan ngeoverlock laptop asus k40in. agan aja deh yg melakukan eksperimen buat K40IN, klo ada hasil baik buruknya kasih tw gw aja y gan,
    wkwkwk

Leave a Reply

