Snow Leopard up and running well di Asus K40IN

Saya berhasil menginstall Hackintosh Snow Leopard dengan bantuan EmpireEFI, instalasi menggunakan DVD Installer Snow Leopard (vanilla).  Hardware yang masih belum terdeteksi adalah WiFi Atheros, Card Reader serta Sound.  Sound sebenarnya sudah terdeteksi dengan menginstall VoodooHDA, cuma suaranya pecah.

Masalah yang masih harus dipecahkan:

  1. Fungsi Sleep masih belum berjalan
  2. Keluaran Sound masih pecah
  3. WiFi Atheros

Saya berencana untuk menulis panduan lengkap untuk menginstall Snow Leopard vanilla di Asus K40IN.  Tapi sebelumnya saya akan mencoba dulu menyelesaikan 3 masalah di atas.

Dual Boot Windows 7 dan Snow Leopard

Boot ke Snow Leopard

Snow Leopard

Nvidia G102M QE dan CI aktif (di System Profiler keterangannya salah)

Fungsi QE dan CI sudah aktif, salah satu tandanya adalah menu bar sudah transparan, selain itu bisa digunakan untuk memutar film 1080p dengan lancar🙂

Boot menu (Dual boot) dengan bantuan EasyBCD

Sebagai spoiler, berikut adalah bumbu-bumbu yang perlu anda siapkan:

  1. DVD Installer Snow Leopard Retail (Dual Layer)
  2. Bootable CD EmpireEFI
  3. NVEnabler 64 bit
  4. EasyBCD (untuk dual boot dengan Windows Vista/7)

70 thoughts on “Snow Leopard up and running well di Asus K40IN”

      1. @agha : Langkah-langkah untuk boot ke Installer Snow Leopard :
        1. masukkan cd empireefi
        2. boot dari cd
        3. muncul boot menu, keluarkan cd empireefi, masukkan dvd installer snow leopard retail
        4. tekan f5 sampai muncul opsi boot ke Snow Leopard

        Dalam kasus saya tidak perlu memodifikasi apapun untuk bisa masuk ke installer Snow Leopard.

        Link EmpireEFI yang anda berikan adalah EmpireEFI versi 1.085, sedangkan pada percobaan saya masih menggunakan versi 1.08. Mungkin bisa dicoba dengan EmpireEFI versi 1.08

  1. sy menggunakan versi 1.08 … tetapi pas sy tekan f5 dvd snow leopard nya tidak terdeteksi.. mungkin DVD ratai sy yg rusak … ketika saia coba menggunaka UFD untuk pengganti DVD , UFD terdeteksi.. dan saia coba booting dgn -v kerluar pesan eror sprt ini :
    “EBIOS read error : Device timeout
    Block 0x534”
    .. apa mungkin DVD ratail saia yg rusak ?

    1. Bisa jadi DVD Retailnya corrupt (download error? copy error?). Kemungkinan lainnya DVD tersebut dibakar dengan kecepatan di atas 4x. Kemungkinan lainnya keping DVD Dual Layer yang digunakan kualitasnya tidak bagus.

      Untuk instalasi dengan flash disk saya belum pernah mencobanya.

  2. misi bro, saya tadi waktu googling nemu info kalo update 10.6.2 ada support ke atheros 64bit (source dari netkas.org), saya kurang tahu apakah ini bisa membantu memecahkan masalah wi-fi yang belum terdeteksi…

    thx

    1. ya betul sekali, memang harus di SATA. Terus nantinya di wizard installernya Snow Leopard, harddisk harus diformat dalam format partisi GPT (GUID Partition Table), bukan MBR. Atau bisa dibilang isi 1 harddisk harus dihapus/diformat semua🙂

      1. thanks… wek… 1 harddisk dihapus semua? maksudnya? trus gimana dengan partisi windows dan linux yang saya punya sebelumnya? gak bisa dipertahankan?

      2. iya betul… soalnya harus merubah total layout partisi. sebenarnya ada tutorial untuk instalasi di layout partisi MBR, hanya prosesnya lebih panjang dan membutuhkan flashdisk minimal berukuran 8 GB.

        Nanti urutan installnya :

        Snow Leopard dan Windows. Linuxnya diinstall di virtual machine saja🙂

  3. Aku ada sih usb 12Gb (harddisk bekas laptop zaman kuno hehehe…).
    Bisa gak?
    BTW prioritas SisOp di laptop saya sih pinginnya : Linux, Mac, Win.
    Jadi Linux gak mungkin ditaruh di virtual machine.
    Ini aja sekarang malah windows yang aku masukin di virtualboxnya Linux hehehe…
    Ya kalau harus membongkar ulang semua partisi sih… mikir-mikir dulu…
    Tapi suatu saat pasti akan ke-install kok.. tunggu waktu aja…
    Ada ide lagi?

    Sebenarnya banyak pertanyaan, termasuk:
    Bagaimana jika sudah keinstall tiga-tiganya tapi kemudian salah satu harus install ulang? Bagaimana penangannannya supaya dua SO yang lain tidak harus install ulang lagi. Cukup mengubah bootloadernya saja sudah bisa biit lagi begitu…

    1. tidak perlu install ulang semua, hanya menginstall bootloadernya lagi saja.

      Kalau tidak mau mengubah partisi bisa coba install pakai usb dan di partisi mbr. Cara ini butuh Mac (yang sudah jalan)untuk menginstall dari usb ke HD.

  4. “Hardware yang masih belum terdeteksi adalah WiFi Atheros, Card Reader serta Sound”

    – Sound Udah OK bgt
    – Card Reader Ox bgt juga
    – Wifi blom d coba (nunggu hdd kosong buat bikin ghost image)

    CMIIWP…

  5. misi bro, sekarang saya sedang install SL dengan konfigurasi partisi
    MAC HDD
    WINDOWS
    DATA

    windows dan data masih kosong dan diformat dalam format FAT..kemudian bagaimana saya menginstall windows 7 ? apa langsung booting atau harus ada langkah tertentu? thx b4

    1. sekarang snow leopard telah terinstall dengan sukses…namun mengapa saat booting yang muncul hanya layar hitam? adakah sesuatu yang terlewat? thx b4

  6. masalah terpecahkan…ternyata karena bootloader yang belum terinstall

    mungkin dual boot dengan windows akan dicoba dalam beberapa hari ke depan.thx bro

  7. misi bro, numpang tanya lagi bagaimana menginstall windows7 di partisi yang sudah ada snow leopardnya?

    karena saat menginstall terdapat pesan “windows cannot be installed to this disk.the selected disc is of the GPT Partition style”….thx b4

    1. untuk menginstall Windows 7, anda harus menyediakan partisi lain (tidak bisa diinstall di partisi yang sama dengan partisi tempat anda menginstal snow leopard.

      Layout partisi saya :
      Snow Leopard (Tipe : Mac Extended & Journaled)
      Windows 7 (Tipe : Windows FAT)
      DATA (Tipe : Windows FAT).

      Saat menginstall Windows 7, format partisi Windows 7 dengan NTFS (lakukan saat memilih partisi untuk menginstall Windows 7)

      Windows 7 bisa diinstall di partisi GPT.

  8. sy masih ada problem dgn acpi dlm asus k50in..bagai mana sih mau disable acpi sdgkn dalam bios seolah2 tidak ada function disable acpi..waduh,tulung pak.

  9. bang yuan aku juga punya laptop asus K40IN..bisa ga step by stepnya..klo ada video tutorialnya lebih mantap tuh…trimakasih bang.

      1. sepertinya memang untuk menginstall iatkos di K40IN perlu perjuangan panjang.

        mungkin lebih baik anda mencoba menginstall Snow Leopard menggunakan distro Hazard

  10. stelah itu ikon apple muncul ada tulisan error”please shutdown bla bla” yg gw mau tanya
    1.saat akan install sl by hazard perintah apa yg di masukan apakah langsung enter,-v,-v cpus=1?
    2.costum installnya apa aja yg di pilih?

  11. bang yuan gw dah install SL by hazard di asus k40in tp setelah logo apple ada pesan error “matikan komputer dengan memencet tombol power”
    yg gw mau tanya
    1.saat akan install sl by hazard perintah apa yg di masukan apakah langsung enter,-v,-v cpus=1?
    2.costum installnya apa aja yg di pilih?
    mohon pencerahanya ya.?

  12. Mas da bro semua….

    ane punya masalah neh…
    laptop ane acer travelmate 6292
    nah ane pernah install ideneb v1.6 10.5.8 ma SL pernah by hazard sukses intalasinya…

    tp waktu direstart knp gmw masuk ke macOS nya ya?? trus ane coba buat bootnya pakai EasyBCD tp tetep g bisa wktu direstart katanya partisi hardisknya yg MacOS g kedetek…

    nah apa tuh masalahnya…mohon pencerahannya masdabro semuanya…

    thank’s sebelumnya…

  13. Mas da bro semua….

    ane punya masalah neh…
    laptop ane acer travelmate 6292
    nah ane pernah install ideneb v1.6 10.5.8 ma SL pernah by hazard sukses intalasinya…

    tp waktu direstart knp gmw masuk ke macOS nya ya?? trus ane coba buat bootnya pakai EasyBCD tp tetep g bisa wktu direstart katanya partisi hardisknya yg MacOS g kedetek…

    nah apa tuh masalahnya…mohon pencerahannya masdabro semuanya…

    thank’s sebelumnya…
    Balas

  14. mas, gwe masih lg tidak brhsil untuk menload installer mac ny, mau nanya
    itu empire efi mau diguna yang v1.08, tapi bisa ngomong yg mana satu mau di bakar.. di website ini ada 3 choice..
    perlukah boot priority di set ke dvd-drive dulu?
    itu sata config perlukah di set ke enhanced or compatible?
    thanks in advance.

  15. mas, gwe masih lg tidak brhsil untuk menload installer mac ny, mau nanya
    itu empire efi mau diguna yang v1.08, tapi bisa ngomong yg mana satu mau di bakar.. di website ini ada 3 choice..
    perlukah boot priority di set ke dvd-drive dulu?
    itu sata config perlukah di set ke enhanced or compatible?
    thanks in advance.

    website nya adalah http://prasys.co.cc/2009/10/empire-efi/

    tapi saya menggunakan asus k40in-VX030c

  16. mas.saya uda install snow leo hazzard di laptop saya asus k40in dual core t4200,tapi ada sedikit masalah saat shutdown yaitu cuma layar aja yang mati kipas dan lampu power masih menyala (seperti di win xp masalah driver kamera).
    kira2 solusinya gimana mas.saya pakai kernel chameleon

      1. coba anda cek dulu apakah sudah menggunakan kernel vanilla atau belum. Chameleon sendiri bukan kernel melainkan hanya semacam boot loader saja.

  17. Thanx atas tutorialnya.
    Saya juga udah berhasil install SL By Hazard di K40IN.
    Tapi ada masalah, SL gak bisa booting kalau tanpa AC Power dicolokkan. Punya Anda begitu juga kah? Ada solusi?

    1. bos,.saya tertarik sekali instal SL d K40in,tapi gak punya DVD Installer Snow Leopard Retail..bisa share dvdnya gak…nanti saya ganti brapa abisnya..trimaksih

      1. @surya : anda bisa cari menggunakan google, atau di forum CHIP/Kaskus juga ada yang berjualan DVD Hackintosh. Saya sendiri tidak mengedarkan/menjual/mendistribusikan dvd hackintosh.

    2. @Teguh : Di tempat saya, bisa booting dengan atau tanpa AC Power. Saya installnya pakai DVD Retail Snow Leopard, tidak menggunakan SL by Hazard, karena itu saya tidak bisa membantu… mungkin ada pembaca lain yang tahu solusinya ?

  18. Saya juga Install SL Hazard dan jg nga bisa boot tanpa colok listrik.
    Kasusnya sama seperti Bro teguh.

    Now lg mau install pake dvd SL Asli….

    wissmeluck!

    1. Masalah nggak bisa boot tanpa colok listrik muncul karena saat instal SL Hazard memilih Legacy Kernel.
      Saya sudah menemukan solusinya yaitu saat instal SL Hazard jangan pilih/centang kernel apapun (maka secara default akan memakai kernel Vanilla).
      Semoga sukses.

  19. hi.
    im hanis/harry from singapore.
    i was just surfing for the how to installation of this snow leopard and found your blog showing with the same Asus model that i own.

    i got a couple of question… ive tried the update steps youve shown, but it seems that it causes kernel panic.
    so i just reinstall the snow leoprard again.
    my current version is 10.6.0..

    and how to activate restart/shut down function? every time i want to shut down, ive to hold the power button, means force it to off…

    thanks.

      1. Ok. i’ve follow the instructions given and got the update installed successfully. but when i tried to install the nv enabler 64 kext, it got kernel panic.
        The man_of_the_oak’s step is for k50in (i’ve tried it out – not working as told), so maybe there will be a slight different in drivers/kext.
        On the other hand, you are using k40in.
        If possible, could you post all the steps you’re using to install the 10.6.4 update, from using the 10.6 installation disc, together with all the kext download links..

      2. thank you so much. that problem is resolved, but theres still one problem.
        the sound… i’ve read the article you’ve posted about k40in sound driver – AppleALC662.kext… i’ve tried it out but it seems dont work…
        i may have misunderstand your steps (because i translated your article to bahasa malaysia)
        so if possible, could you post a clear step-by-step on how to install the kext?
        is it before or after install those 10.6.4 new kext?
        and which kext to install first? HDAenabler or AppleALC662 or dsdt.aml or asusk50in ? together with the HDAenabler.kext/AppleALC662.kext/dsdt.aml/asusk50in.kext download links if possible…
        and thank you so much for resolving all my problems before…
        god bless you…
        =)

      3. THANK YOU! the soundcard works!
        one other thing that i notice that has problem in my hackintosh 10.6.4 is the optical drive.
        it does work when i start up the mac but after some while, usually about 30minutes or later, my hackintosh cannot access the drive anymore, and under the system profiler it says that the drive is not available..
        do you have the same problem as mine?

  20. mas, saya masih newbie. kalo specs notebook saya (compaq cq40-606TU) intel core2duo 2.2ghz, intel gma 4500, ram 2GB, wifi ada, hdd 320GB, bisa buat hackintosh snow leopard ga? distro mana yang cocok. panduan pake dual bootnya ditunggu ya

    1. @bima : sepertinya bisa untuk install snow leopard. tapi mungkin graphic acceleration tidak aktif, karena tidak ada driver yang 100% kompatibel dengan vga intel 4500. anda tidak akan bisa memutar video dengan lancar ataupun bermain game.

      mungkin anda bisa mencoba untuk menginstall Leopard saja🙂

  21. mas, ajarin dong/tulis langkah-langkah cara install mac os-nya saya pemula dan ingin install di k40in saya, mulai dari persiapan sampai install…. saya tunggu jawabannya…
    Thanx….

  22. Asslam, Mas numpang nanya aq da laptop Compaq 510
    speq :
    Processor Type Intel Core 2 Duo Processor
    Processor Onboard Intel® Core™2 Duo Processor T5870 (2.0 GHz, FSB 800, Cache 2 MB)
    Chipset Intel 965GM
    memori 3 gb
    Video Type Intel® Graphics Media Accelerator X3100 384 MB (shared)
    Hard Drive Type 160 GB Serial ATA 5400 RPM
    Optical Drive Type DVD±RW

    kira2 bsa ndak install Snow leopard universal v.3.5 ?
    klo bisa costumize install nya, apa aja?

  23. masbro numpang tanya
    laptop saya asus k40in juga
    mo instal dualboot win 7 sama snow leo
    saya punya snow leo 10.6.3 retail
    masalahnya ada di format hdd
    pas saya pake MBR snow leonya gak bisa masuk
    pas sy ganti GPT win 7 yg gak mau
    sy pake win 7 x86
    ada solusi untuk ini gak??

Leave a Reply

