Soundcard ALC662 (Asus K40IN) akhirnya bersuara dengan merdu

Pada awalnya saya masih menghadapi dua masalah yaitu mengenai wifi atheros 9285 yang tidak terdeteksi dan suara “parau” (distorted).  Iseng-iseng saya mencari referensi soundcard ALC662 di Snow Leopard.

Saya menemukan artikel mengenai instalasi Snow Leopard di Asus K50IN.  Sebenarnya antara Asus K40IN dan Asus K50IN hanya berbeda ukuran layar saja, sedangkan chipset, audio, vga semuanya sama.  Ada yang mem-posting driver HDAEnabler untuk ACL662.  Sebelum ini saya menggunakan driver VoodooHDA.

Setelah mencoba mengubah driver HDAEnabler.kext dan menambahkan AsusK50IN.kext, langkah berikutnya adalah menambahkan file DSDT.aml yang telah dipatch untuk Asus K50IN di directory /

Setelah restart, sekarang Hackintosh saya ini bisa bersuara dengan merdu dan tidak pecah🙂

Di System Profiler juga terdeteksi sebagai Intel High Definition Audio

Ini tampilan Audio di System Preferences :

5 thoughts on “Soundcard ALC662 (Asus K40IN) akhirnya bersuara dengan merdu”

Leave a Reply

