Ubuntu 10.04 Lucid Lynx Beta 1

Kemarin sore saya berhasil mendownload ISO image Ubuntu 10.04 beta 1 (Lucid Lynx) dari salah satu mirror Ubuntu (lupa namanya).

Pagi ini saya mencoba menginstall Ubuntu dengan bantuan WUBI.  Saya masih enggan untuk menginstall langsung karena harus membuat partisi lagi, memindahkan data dan beberapa kerepotan lainnya.  Dengan WUBI kita bisa menginstall Ubuntu di salah satu partisi Windows yang sudah ada tanpa perlu membuat partisi lagi.  Hebatnya, data-data yang ada di partisi tersebut tidak akan hilang, karena instalasi dilakukan dalam suatu folder (bernama ubuntu)

Percobaan pertama dengan WUBI gagal, saat boot saya hanya mendapati prompt dari grub2.  Jawaban saya temukan dari Google, ternyata harus mendownload wubi.exe yang sudah diperbaiki.  Setelah menginstall ulang ubuntu dengan WUBI yang baru, kali ini tidak muncul lagi prompt dari grub2, melainkan langsung masuk ke tampilan booting dari ubuntu (Plymouth-glow?).

Sayangnya percobaan kedua ini juga gagal, saya tunggu sekitar 15 menit berhenti di tampilan booting tadi.  Saya sudah malas untuk mencari lagi apa yang menyebabkan kesalahan ini terjadi.  Saya lebih memilih mencoba Ubuntu 10.04 Beta 1 ini dengan menggunakan VirtualBox.

Instalasi di VirtualBox berjalan dengan lancar, berikut tampilan dari Ubuntu 10.04 Beta 1 :

Tampilan login

Theme yang aktif pertama kali bernama Ambiance.  Bisa dengan mudah diganti dengan theme yang lain bila tidak cocok🙂

Firefox 3.6, dengan tampilan halaman awal Yahoo! Search, perhatikan juga kotak pencarian di kanan atas secara default menggunakan Yahoo! Search.  Bisa dengan mudah diganti ke Google🙂

Wallpaper warna ungu dipadukan dengan themes berwarna gelap🙂

Saya sudah tidak sabar menanti release final Ubuntu 10.04 Lucid Lynx, yang dijadwalkan akan dirilis pada akhir bulan April 2010 nanti.  Bagaimana pendapat anda tentang Ubuntu 10.04?

One thought on “Ubuntu 10.04 Lucid Lynx Beta 1”

Leave a Reply

