Ubuntu 10.04 LTS di Asus K40IN

Bagi anda yang menggunakan laptop Asus K40IN dan menemukan masalah tidak bisa boot atau tampilan flicker saat masuk Ubuntu 10.04, berikut ini adalah langkah-langkah yang telah saya lakukan agar berhasil masuk ke desktop Ubuntu :

  1. Pada saat opsi boot muncul, tekan tombol e (untuk menambahkan opsi parameter boot)
  2. Tambahkan kata nomodeset setelah kata quiet
  3. Tekan Ctrl-x untuk boot dengan tambahan opsi tersebut
  4. Kemungkinan besar anda akan berhasil masuk ke desktop Ubuntu dengan resolusi rendah dan tanpa hardware-acceleration untuk VGA.
  5. Langkah berikutnya adalah menginstall package nvidia-current (sudo apt-get install nvidia-current)
  6. Setelah package nvidia-current terinstall, anda harus reboot terlebih dahulu.  Pada boot berikutnya tidak perlu lagi menambahkan opsi nomodeset.
  7. Voila, anda akan masuk ke desktop Ubuntu dengan native resolution dan hardware-acceleration untuk VGA.

Sampai saat ini laptop saya masih menampilkan pesan peringatan (warning) yang kira-kira : Error Probing SMB2 Nforce… tapi sepertinya tidak terlalu pengaruh karena saya tetap dapat masuk desktop dan hardware-acceleration juga berjalan dengan baik

Semoga tips ini membantu😀

27 thoughts on “Ubuntu 10.04 LTS di Asus K40IN”

  1. Saya jg mengalami error smb bla bla bla..
    tp ga ngaruh,, pada awalnya sempet kecewa karena nvidia ku g bs dipake, tp stelah di update package jd maknyos. heee😀

    Btw laptop kita sama🙂

  2. itu yg dinstal 10.04 32 ato 64…saya instal yg 64 error nForce2_smbus 0000:00:03.2: Error probing SMB2 <– tapi di PC..gak bisa apa apa…nge hang ketika splash screen…gimana nih? mobo pk nvidia mcp7..ada bisa bantu??

  3. mas, saya kemaren mencoba untuk nomodeset di lucid, ternyata keluar layar ngeflick setelah logo ubuntu selesai loading..

    Bunyi sound buat login keluar, tapi layar hang ngeflik rusak, ada logo ASUS pas booting, ada logo intel, dan garis2 kacau..

    Semua mode sudah saya coba mas, pake xforcevesa, i915.modeset=0, atopun nomodeset..

    Saya bingung banget mas, pengen banget nyoba lucid ini.. Saya pake K40IN juga, T4200, G102M.. Versi bios 211..

    Knapa ya? saya uda nanya di forum2, blm ada yang bisa menjawab..

    1. di laptop saya cukup dengan menambahkan opsi nomodeset sudah bisa masuk ke desktopnya.

      sebagai catatan, saya sudah mengupdate bios ke versi terbaru, 222. tapi apa mungkin perbedaan versi bios bisa menyebabkan laptop anda tidak bisa menjalankan lucid lnyx?

      **hati-hati dalam mengupdate bios, kerusakan yang mungkin terjadi harus ditanggung sendiri, saya tidak menyarankan anda untuk mengupdate bios**

  4. Wah.. telat saya tahu nih…
    Tapi saya pake cara old skul nan bego nih mas…
    install pake alternate trus masuk masuk recovery mode
    nah dari sana tak remove driver bawaannya trus install driver nvidia yg baru (haha)

      1. pas ubuntu rilis hmpir nyerah nginstall di asus saya. setelah dikasi tau kalo trnyata driver bawaannya yg bikin flicker gtu, akhirnya saya coba terapin dgn memakai alternate dan meremove diver tsb lewat mode recovery (thanks to pak Willy atas pencerahannya di plurk) :p

  5. Makasih banyak mas udah berbagi ilmu, saya udah mencoba tapi permasalahan sama persis dengan @rollcare diatas dengan spek Laptop sama, ya mungkin Bios gak di upgrade…
    Tapi ya itu saya gak berani ambil resiko tuk upgrade Bios.
    Tuk Mas Yuan atau Mas yaniX™ gimana caranya “install pake alternate” seperti dimaksud di atas… Ajarin dong, saya gak tau caranya… thx

    1. @wawan : yang dimaksud “install pake alternate” adalah menginstall ubuntu menggunakan ubuntu versi alternate, anda bisa download iso imagenya di http://kambing.ui.ac.id/iso/ubuntu/releases/10.04/ubuntu-10.04-alternate-i386.iso (32 bit) atau http://kambing.ui.ac.id/iso/ubuntu/releases/10.04/ubuntu-10.04-alternate-amd64.iso (64 bit)

      ubuntu alternate ini sepengetahuan saya tidak berisi live cd ubuntu, tapi hanya berupa installernya saja. langkah-langkah instalasi sama persis dengan instalasi ubuntu biasa

      silahkan mencoba cara alternate ini🙂

      1. @Martino N. R : di laptop saya lampu indikator wifi tetap menyala walaupun wifi sudah dinonaktifkan. Tapi menurut saya ini bukan masalah besar, yang penting fungsi wifi berjalan dengan baik, sedangkan lampu led indikator tidak begitu penting😀

  6. Siang mas,
    Gimana cara disable touchpad di k40in?
    Di menu “mouse” tidak ada settingan buat enable n disable toouchpad
    Saya dah install ubuntu 10.04 n mint 9 tapi sama saja gak bisa disable touchpad
    Makasih

  7. Permisi mas numpang tanya…

    Kalo pas update nya tentunya harus Koneksi internet kan ?

    and kalo pas wa reboot ko malah hang terus ya ? tau solusinya ga ?

    1. Oya mas 1 lg …kebetulan saya kan pake dual booting…1 lg XP…

      apa kalo kita hapus XPnya ubuntu juga kena/ terhapus …?

      Sekian dari saya Terima Kasih banyak….

  8. Mas,, saya mau instal ubuntu tapi kok setelah masuk opsi instal ubuntu malah keluar dekstop w7 yg kacau. Trus laptopnya g bisa diapa apain…

    Solusinya gmn y??

  9. mas kok saya ga mau ngebaca ubuntu 10.04 nya. belum masuk udah hang duluan,, itu gimana solusinya ? (Pengen dual boot sama win7)

Leave a Reply

