Downgrade iOS4 ke 3.1.2 pada iPod Touch 2G (MC Model)

Pada tanggal 22 Juni 2010 saya memutuskan untuk mengupdate iPod Touch 3G 8 GB (biasa disebut sebagai iPod Touch 2G MC Model) ke iOS 4.  Proses update berjalan dengan lancar, hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit (sebagian besar waktunya untuk download firmwarenya).  Kebetulan koneksi kampus sedang kencang😀

Walaupun proses update lancar, tapi saya merasa kelebihan yang ditawarkan hanya sedikit.  Masalah terbesar adalah iPod Touch saya terasa lambat dan beberapa kali crash saat membuka aplikasi.  Bahkan untuk masuk ke halaman setting Wifi saja bisa freeze dan terpaksa harus ditutup dengan paksa menggunakan Home Button.

Hari ini saya memutuskan untuk melakukan downgrade.  Ternyata downgrade ke 3.1.3 tidak berhasil.  Saya mencoba downgrade ke 3.1.2, dan berhasil :D  Proses downgrade menggunakan iTunes 9.2.

Proses downgrade sederhana, hubungkan iPod Touch anda ke laptop/komputer, lalu jalankan iTunes.  Tekan tombol Restore sambil menekan tombol Shift pada keyboard.  Arahkan pada file firmware untuk iPod Touch 2G 3.1.2.  Proses downgrade akan segera dimulai.  Voila, sekarang saya kembali ke 3.1.2

52 thoughts on “Downgrade iOS4 ke 3.1.2 pada iPod Touch 2G (MC Model)”

  1. Mas Yuan, aku coba downgrade dg itunes tapi saat tekan restore dan tombol shift kok tdk muncul opsi os 3.12 or 3.13 ada tip lain?
    Apakah mesti pakai Mac? kebetulan saya pakai windows, ditunggu pencerahannya ya..
    Thx. Budi

    1. @Budi : Tombol Restore + Shift itu artinya menginstall firmware dari file yang ada di komputer anda.. berarti untuk downgrade ke 3.1.2 atau 3.1.3, anda harus mendownload terlebih dahulu firmwarenya.

      Anda bisa cari dengan google, gunakan keyword Felix Firmware😀

    2. Mas Budi, sebelumnya anda harus punya dulu firmware 3.1.2 atau 3.1.3 untuk downgrade dengan iTunes, untuk jika mas Budi mau men-downgrade silahkan download firmware 3.1.2 tau 3.1.3 di http://www.felixbruns.de/iPod/firmware/ tapi saya sarankan mas Budi men-download firmware versi 3.1.2, karena versi 3.1.3 sepertinya sedang di blok oleh Apple.

      Thanks,

      1. Mas Alan, di felixburn pilihannya adalah :
        – 3G (2/2.3) ini sesuai ipod saya 3G 8G (saya cek dg 3 digit nomer seri)
        – 4G (10/3.1.1)
        – 4G (4/3.1.1)
        kok ga ada yg versi 3.1.2 atau 3.1.3 ? apakah ada yg lain lagi?
        maaf newbie banyak tanya. Thx.
        Budi

      2. Mas Alan & Yuan, kenapa msh gagal lagi ya?
        Awalnya dah dpt firmware 3.1.2 dan 3.1.3, pertama coba pakai 3.1.3, gagal, terpaksa restore ulang pakai os4 krn ipod masuk recovery mode (kayak hang). Sy ulang lagi downgrade pakai 3.1.2 gagal maning… ipod masuk recovery mode jadi terpaksa restore lagi pakai os4…
        Apa ada yg salah? pls pencerahannya ya…
        Thx

  2. Mas Yuan dan mas Alan,
    Terima kasih atas responya yg cepat… lebih cepat dari proses ipod os4🙂
    Saya akan download firmwarenya & coba downgrade ulang, sayang gak bisa ke versi 3.1.3 ya…
    Terus terang saya merasa tertipu sama apple, ditawarin upgrade ternyata malah lebih jelek performancenya… untung ada ada semua…
    Salam,
    Budi

  3. berarti harus dl firmwire 3.1.2 yang untuk iPod Touch 2G ya bukan 3G… ??? pantesan aja ga bisa2 terus. tq pencerahannya kk yuan

      1. 8gb mc model kk.. sekarang pake os 4 dan sangat2 mengecewakan. dari kemaren nyoba buat downgrade tp gagal melulu…tau2 salah donlot firmwire.. (yg didonlot firmwire buat ipod 3g)

  4. Sy coba beberapa kali gagal terus🙂
    sy sdh banyak browsing memang banyak yg gagal error report 3194, ada macam2 diskusi utk rubah file host, recovery mode vs DFU, mesti punya dulu SHSH blobs (ini syarat mutlah spy bisa downgrade) dll…
    Mas Yuan, anda sgt beruntung bisa gowngrade dg mudahnya, congrat ya…
    Mungkin ada hal kecil penting yg bisa dishare lagi? Thx

  5. @Budi, download firmware yang nama filenya iPod2,1_3.1.2_7D11_Restore.ipsw.

    Ipod 3G 8 GB (MC Model) itu firmwarenya pakai yang iPod2,1_3.1.2_7D11_Restore, bukan iPod3,1_3.1.2_7D11_Restore

    iTunesnya pakai yang 9.2. Proses restore bisa di Mac atau di Windows, sama saja. Pastikan ada koneksi Internet, karena proses restorenya membutuhkan autentifikasi dari servernya Apple

  6. firmware sdh benar, koneksi internet juga ok, itunes juga 9.2 msh gagal juga
    mungkin mesti ganti komputer🙂

  7. mas saya numpang nanya, udah direstore tapi ipodnya tetep versi 4.0 ini yang salah yang mana ya? padahal versi yang udah diunduh dari iPod2,1_3.1.2_7D11.. makasii

  8. @nengpeni: mungkin waktu klik restore lupa tekan tombol shift? sori kalau sok tahu🙂

    @mas yuan: kayaknya saya sdh nyerah nih… berbagai metoda sdh saya coba gagal terus (error 3194)😦

  9. saya coba upgrade firmware ipod touch 2g saya ke versi 3.1.3 tapi setelah verify kok muncul cannot upgrade or restore : error occurred 3194 (kyk mr. budi diatas) saya harus gimana ??? mohon pertolongannya .

  10. Bro, apakah cara ini juga berlaku untuk downgrade iPhone 3G
    Saya juga mengalami masalah yang sama dengan iPhone 3G nih
    Katanya OS 4 bagus, banyak fitur baru yang menggiurkan tapi begitu upgrade iPhone 3G saya ke OS 4, hasilnya iPhone jadi lelet bener
    Maen game jadi patah2 kayak pentium 3 dipaksa pake VIsta kali ya…
    Makanya jadinya pengen downgrade aja
    Kalo ada caranya, mohon dishare.. 🙂

    1. caranya sama seperti yang saya jelaskan di atas🙂

      sepertinya untuk iPhone 3G anda hanya bisa downgrade ke firmware saat pertama kali membeli/mengaktifkannya.

      anda bisa mencari firmwarenya di link yang sudah diberikan di comment-comment di atas.

  11. bos sama neh dengan yang laen,saya uda ikutin semua,masih juga gagal,saya gunakan ipod touch 3G 32G dari ios 4 mao downgrade ke 3.1.2,tolong di bantu bos..thx bosss

  12. halo boss…. saya punya ipod touch 2G 16Giga non MC firmware pertama saya dapat 3.0 (sdh Jailbreak) mau saya update ke 3.1.3, dan saya sdh mempunyai firmware ipsw 3.1.3 utk itouch 2G saya, trus saya pakai snowbreze utk membuat customnya begitu saya recover pakai itunes terbaru terakir ada error occured 1601 saya coba ganti PC juga masih tetap. jadi mohon pencerahankepada pak yuan atau teman2 yang lain yang sdh bisa sukses mengupgrade. matur suwun

  13. Terima kasih ya mas yuan telah memberitahu saya hal kayak gini.. Saya punya Itouch 2G 8GB firmware asli 3.1.3 tapi saya jailbreak dan mau saya format ulang.. Pas saya restore dia muncul pesan “the device isn’t eligible for bla bla bla”.. Ini kira” apa ya masalah nya.. Apa saya harus install firmware jadi 2G 3.1.2 ? Saya uda mencoba cara mengubah hosts file.. Mohon bantuannya mas n para kk yang uda berhasil.. Terima kasih..

  14. @bonfilio, @ikin, @Leo Nardus :

    untuk saat ini sepertinya tidak bisa downgrade firmware karena sudah dikunci oleh Apple.

    Saya berhasil downgrade ke 3.1.2 tapi gagal ke 3.1.3. Setelah saya ingat-ingat lagi, saya pernah mengaktifkan opsi Save SHSH Blob ke Cydia saat menggunakan firmware 3.1.2 (jailbreak dengan blackrain)

    Kemudian saya upgrade ke 3.1.3, waktu itu masih bisa (belum dikunci oleh Apple). Saya jailbreak dengan Spirit Jailbreak, tapi waktu itu saya tidak mengaktifkan opsi Save SHSH Blob ke Cydia server.

    Terakhir saya upgrade ke 4.0, ternyata hasilnya mengecewakan. Saya mencoba downgrade ke 3.1.3, gagal karena SHSH Blob dari iPod saya tidak tersimpan di server Cydia. Setelah saya coba 3.1.2, ternyata berhasil karena SHSH Blob iPod saya tersimpan di server Cydia untuk versi 3.1.2

    Jadi bagi anda yang sekarang sudah upgrade ke 4.0 dan ingin downgrade firmware, anda akan berhasil HANYA DAN HANYA JIKA sebelumnya pernah mengaktifkan Save SHSH Blob ke Cydia server. Jika anda tidak pernah melakukan Save SHSH Blob ke Cydia server, anda tidak akan pernah bisa downgrade firmare.

    Semoga penjelasan ini bisa menjawab sebagian besar pertanyaan kenapa banyak yang tidak bisa downgrade firmware🙂

  15. Terima kasih mas Yuan, itouch saya sudah bisa nyala kembali.. Kemarin permasalahan saya adalah pada waktu saya restore dari pengaturan, itouch saya tidak bisa hidup dan mati, hang terus saat mau sign in.. Begitu mas Yuan.. Akhirnya saya coba restore dan berkali-kali mendapat kesalahan seperti kode error 9, 28, 3194, dan berbagai macam.. Akhirnya bisa hidup sekarang tetapi ke firmware 4.. Apa firmware ini asli dari apple? Ato bajakan? Apa kelemahan dan kelebihannya? Mas Yuan, kalo kita uda jailbreak, restore ulang, dan kembali copy back up nya apakah tetap uda di jailbreaker? Terima kasih bantuannya ya..🙂

  16. mohon pencerahan..
    saya punya iPod Touch 3rd Gen 32Gb…
    skrg firmwarenya sdh 4.0.. saya kepingin jailbreak tu iPod, kira2 udah bisa di jailbreak blm versi itu.. jika blm aq harus downgrade ke versi berapa..? (firmware pake yg mana) terus itunes versi brp jg..?
    makasih

  17. Mas Yuan, jadi solusinya sekarang kalau sudah terlanjur melakukan downgrade tapi gagal dan belum pernah mengaktifkanSHSH Blob bagaiman ya mas? ini tampilan iPod Touch cuma bisa ke DFU Mode aja😦
    Mohon bimbingan dan pencerahannya, makasih..

  18. Mas Yuan, saya sudah mencoba lagi restore ke 4.0 dengan iTunes 9.2.1, tapi mucul error 1611, kalau saya pake iTunes 9.1 begitu sudah selesai, muncul lagi ke recovery mode.. terus saya cari firmware 4.0.1 kok adanya yang 4.0.2 ya mas? terima kasih sebelumnya sama suhu Yuan..🙂

  19. saya punya i touch 3rdg 32g dengan FW 3.12 dan jailbroken, tapi karena masih untethered saya pengen upgrade FW dgn tethered jailbreak. Karena kalau restore di itunes otomatis ke fw 4, maka saya pikir hrs balikin ke 3.12 factory setting (tanpa jailbreak), sudah saya coba shift+click plus FW 3.12 bawaan tp tetep ‘the device isn’t eligible for bla bla bla”. Gimana ya caranya…

    TQ

    1. @sid: untuk saat ini tidak bisa restore ke firmware di bawah versi 4. Kecuali anda sudah menyimpan SHSH Blob di Cydia (informasi ini akan muncul berupa tulisan di bagian atas jika anda membuka Cydia).

      Jika anda tidak pernah menyimpan SHSH Blob, pilihan anda tinggal bertahan di 3.1.2 dengan untethered jailbreak atau upgrade ke firmware 4.

  20. wah, terima kasih banyak infonya mas…🙂
    pantesan restore ke 3.1.3 ampe mo nangis kaga bisa2… coba dulu ah yg 3.1.2😀, smg saja berhasil… doakan yaa..🙂

  21. mas saya mo nanya ne..ipod saya 3g 32g.masi virgin.pengen upgrade ke ios 4.0.tapi pas uda mo upgrade lewat itunes, abz proses extracting software itu malah ada tulisan “‘the device isn’t eligible for bla bla bla”. padahal kan saya mo upgrade bukan downgrade. rencananya stlh upgrade mo dijailbrek pake JBme. makasi y

    1. @aan : saat ini anda sudah tidak bisa upgrade ke firmware 4.0, karena Apple sudah ‘mengunci’ dan hanya mengizinkan upgrade ke 4.1. Sebaiknya anda bersabar karena rumornya akan ada jailbreak lagi untuk 4.1, tapi tidak jelas kapan🙂

  22. The SIM card inserted in this iPhone does not appear to be supported

    Only the SIM cards supported Carrier may be used to active iPhone.Please
    insert the SIM card that came with your iPhone or visit a supported Carrier’s store
    to receive a replacement SIM card-
    mas saya setelah restore iphone saya trus pas saya nyalakan lagi keluar peringatan ini…gmn ya mas solusinya..?tapi tlp saya bisa aktif tpi tidak bisa masuk ke menu.cuma panggilan darurat saja……kasih solusi ya mas…knp dgn iphone saya???? terima kasih

      1. kmrn saya lupa versinya tapi saya restore lg pake versi
        iPhone1,1_3.1.2_7D11_Restore terus saya ganti lgi pake versi iPhone1,1_3.1.3_7E18_Restore tpi tetep aja blom bisa masuk menu.klw FU ataw SU saya kurang ngerti….tpi mudah² an ada solusinya ya….tolongin ya mas Yuan…

  23. The SIM card inserted in this iPhone does not appear to be supported

    Only the SIM cards supported Carrier may be used to active iPhone.Please
    insert the SIM card that came with your iPhone or visit a supported Carrier’s store
    to receive a replacement SIM card- masih peringatanya kaya gini….

  24. oh iya tapi sebelumnya idcall iphone saya di sembunyiin…di privat nomor…apakah pengaruh dari situ gitu ya ….? makasih saya tunggu jawaban mas yuan ya….

    1. @ndu_nda : sepertinya iPhone anda termasuk jenis yang SU (Software Unlock), sehingga ketika diupgrade firmwarenya, maka basebandnya juga terupgrade, sehingga kondisi iPhone anda sudah tidak unlock lagi.

      Mengenai cara restore ke keadaan semua (atau diunlock lagi) saya sendiri belum pernah mencobanya.😦

  25. Mas, saya pake iphone 3g versi 4.1 lock telkomsel, saya jailbreak pake redsn0w_win_0.9.5b5-5 firmware iPhone1,2_4.0_8A293_Restore, hasil berhasil, namun icon panggilannya kok menghilang ya,,?
    (buat sms bisa, terima bisa)
    mohon informnya..trims

    1. @Anov : berarti anda melakukan downgrade? (dari 4.1 ke 4.0)?
      iPhone yang dilock oleh operator biasanya akan mengalami masalah seperti ini jika anda mengupgrade atau mendowngrade firmware sendiri.

      Saran saya, kembalikan saja ke firmware bawaannya untuk mengaktifkan kembali fungsi telepon.

  26. Mas, saya pake itouch 3G ios 4.2.1 mau jailbreak pake greenpoi0n, limera1n dan redsn0w (freeze di executing with limera1n terus) gagal terus akhirnya memutuskan untuk downgrade ke ios 4.1.1 menggunakan itunes.

    hasilnya gagal maning gagal maning, udah direstore katanya firmware not compatible ngetes pake yang 4.2.1 tetep not compatible. mulai putus asa deh akhirnya

    punya pencerahan gak mas supaya saya bisa jailbreak itouch saya?
    terima kasih

  27. mas yuan
    saya memakai ipod touch 2g mc model
    saya kini menggunakan ios 4.1dan telah terjailbreak
    saya ingin restore ke ios 3.1.3
    mohon pemberitahuannya
    saya pertama x mau coba downgrade takut salah

  28. Everything published made a ton of sense. However, think about this, suppose you added a
    little content? I ain’t suggesting your content is not solid., however what if you added a title that makes people desire more? I mean Downgrade iOS4 ke 3.1.2 pada iPod Touch 2G (MC Model) | Yuan’s Blog is kinda plain.
    You ought to glance at Yahoo’s home page and watch how they write article titles to get people interested. You might add a video or a related picture or two to get people interested about what you’ve
    written. In my opinion, it would make your posts a little livelier.

  29. Please let me know if you’re looking for a author for your site. You have some really great posts and I think I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d absolutely love to write some content for your blog in exchange for a link back to mine.
    Please shoot me an email if interested. Many thanks!

    1. Bro. Mau tanya ?? Kalo misalkan ipod sudah di upgred ke ios yg baru. Tapi ingin kembali ke versi yang lama. Apakah game di ios yg lama bisa kembali ? Terimakasih

Leave a Reply

