Atheros 9285 berjalan dengan baik di Hackintosh 10.6.4, Asus K40IN

Baru saja saya berhasil mengaktifkan Wifi card Atheros 9285 di laptop Asus K40IN.  Ternyata pada update 10.6.5, Atheros 9285 sudah terdeteksi dan berjalan dengan baik.  Saya terakhir kali mengupdate ke 10.6.3 dan belum mencoba lagi untuk update ke 10.6.4.  Terakhir kali mencoba update ke 10.6.4 saya mengalami kegagalan.  Ternyata kegagalan tersebut karena ada langkah tambahan yang harus dilakukan setelah selesai update dan sebelum restart, yaitu menginstall NullCPUPowerManagement.kext terlebih dahulu😦

Berikut adalah langkah-langkah yang saya tempuh untuk mengaktifkan Wifi Atheros 9285:

Update ke 10.6.4 (posisi terakhir saya masih 10.6.3. Untuk anda yang masih dibawah 10.6.3, update dulu ke 10.6.2 lalu langsung update ke 10.6.4)

Sambil menunggu proses instalasi update 10.6.4 selesai, siapkan NullCPUPowerManagement.kext.  Anda bisa mendownloadnya di sini : http://osx86.sojugarden.com/files/Extensions/NullCPUPowerManagement.kext.zip (copy paste link tersebut ke browser, tidak bisa langsung)

Setelah proses update 10.6.4 selesai, anda akan diminta untuk restart. JANGAN restart dulu. Copykan file NullCPUPowerManagement.kext tadi ke /System/Library/Extensions.  Lanjutkan dengan menjalankan Kext Utility.

Setelah Kext Utility selesai bekerja, silahkan restart (jangan lupa sambil berdoa).  Setelah restart, langkah berikutnya adalah menginstall IO80211Family.kext ke /System/Library/Extensions. Lalu jalankan kembali Kext Utility. Restart.

Icon Airport akan muncul di menubar sebelah kanan atas.

Berikut adalah tampilan detail Airport di System Profiler

Instruksi selengkapnya, silahkan ikuti langkah demi langkah dari man_of_the_oak di forum OSX86.net berikut : http://osx86.net/f47/asus-k50in-t4409/page59.html

Peringatan : mengutak-atik hackintosh membuat anda jadi ingin membeli Macbook Pro/Macbook yang sebenarnya :))

9 thoughts on “Atheros 9285 berjalan dengan baik di Hackintosh 10.6.4, Asus K40IN”

  1. wah keren2, mau nanya, kalau saya update langsung dari 10.6 ke 10.6.4 combo update bisa seperti langkah2 diatas ga ya??
    makasih mas yuan.

  2. Saya, sudah mencoba update ke 10.6.4 tetapi selalu gagal. Saya mengikuti saran man_of_the_oak dengan menghapus semua S/L/E dan E/E dengan milik man_of_the_oak. tetapi kalo mengcopy dsdt.aml selalu error. saya juga sudah mencoba update dengan tanpa ext punya man_of_the_oak tetapi gak berhasil juga, katanya fonts sistem ada yang hilang namanya heu…. aq lupa, tetapi di laptop temen saya acer itu fontsnya otomatis direcover. PS saya sudah menginstal nullcpupowermanagement.kext. mohon bantuannya saya stuck di g bisa update, tetep di 10.6.2. satu hal lagi punya temen saya asus k40in yang dual core g bisa masuk instalasi apple cm sampe dos berhenti dengan kata2 failed with 2 attempt. kalopun lolos dosnya akan ada tulisan still waiting for root disc. gitu seterusnya g masuk2 apple. mohon bantuannya terimakasih.

    1. @saka : untuk S/L/E tidak perlu dihapus semuanya. Coba ikut langkah-langkah ini :
      0. Update BIOS ke versi 222
      1. Install ulang dari awal dengan DVD Installer Snow Leopard Retail (seluruh kext masih default bawaan apple). Boot dengan bantuan iBoot.
      2. Hapus isi E/E jika ada, lalu copykan file E/E dari man_of_the_oak.
      3. Copy S/L/E dari man_of_the_oak ke S/L/E anda.
      4. Jalankan kext utility lalu restart

      Jika anda menjalankan langkah 1-4 di atas dengan baik, anda sudah masuk ke Snow Leopard 10.6.0 64 bit.

      Untuk mengaktifkan Wifi :
      1. Install Combo Update 10.6.4
      2. Jangan restart dulu, copykan NullCPUPowerManagement.kext ke S/L/E, lalu jalankan Kext Utility. Lalu restart.
      3. Anda akan masuk ke 10.6.4. Berikutnya install IO80211Family.kext ke S/L/E. Jangan lupa jalankan Kext Utility, baru restart

      Voila, Wifi anda sudah aktif🙂

      Mengenai K40IN dual core, saya juga menggunakan yang Dual Core T4200. Coba update BIOS dulu ke versi 222.

      1. thx bisa di coba ntar wkk. klo wifi saya sudah aktif di 10.6.2
        Saya cm agak penasaran dengan masalah update ini. saya make distro hazard. tp ntar nyoba instal ver retailnya aj. thx bgt bro.

  3. saya pake acer, intel R dual core 1,73GHz, wifi atheros ar5700eg. Sudah saya lakukan upgrade seperti di atas tapi wifi ga kedetek juga. Saya sudah mempraktekkan dari berbagai forum juga ‘gatot’ alias gagal total. Tolongin saya mas😥

Leave a Reply

