IOS Development

Beberapa hari ini saya mulai tertarik untuk belajar membuat program untuk iOS (iPhone, iPad, iPod Touch).  Untuk dapat membuat program tersebut saya harus belajar bahasa pemrograman Objective-C.  Tidak ada pilihan bahasa pemrograman lain (kecuali anda menggunakan 3rd party SDK).

Bagi anda yang berminat untuk belajar juga, saya sarankan untuk memahami terlebih dahulu konsep MVC (Model View Controller).  Kemudian persyaratan berikutnya adalah memahami konsep Pemrograman Berorientasi Obyek (Object Oriented Programming).  Jika anda menguasai Java, anda hanya akan membutuhkan sedikit penyesuaian konsep dan “gaya penulisan”.

Biasanya untuk belajar bahasa pemrograman atau paradigma pemrograman yang berbeda akan membutuhkan waktu untuk penyesuaian sampai kita memahami betul konsepnya.  Sesuai dengan pepatah yang sering muncul di film (terutama film kungfu, atau shaolin) seperti berikut :

“If you have a glass full of water you cannot put Coca Cola into it unless you first empty it.

You must empty your glass that it may be filled.”

Mencoba XCode

Saya berencana akan menuliskan eksplorasi saya dalam bentuk tutorial di blog ini. Sampai ketemu di tutorial perdana (saat ini masih dalam bentuk draft).

6 thoughts on “IOS Development”

  1. Ada saran buku objective C untuk pemula? Saya sendiri adalah programmer, tapi dulunya hanya sebatas pascal, delphi, c++, java script, semuanya non-object. Jadi pada saat membaca buku “Beginning iPhone 4 Development”, stuck di chapter 3 yang sudah mulai membahas coding.

    1. Anda bisa membaca buku yang membahas tentang pemrograman berorientasi obyek (OOP). Secara umum kaidah OOP akan sama di beberapa bahasa pemrograman (Java, Objective-C, Phyton, dsb)

      1. Ok. Boleh tidak request tutorial untuk pemula? misal hanya untuk menampilkan text “Hello World” dengan menggunakan xcode. Atau coding dasar button + text, dimana jika ada action button yang ditekan, maka text akan secara dynamic berubah tulisannya.

  2. apakah di ios ada garbage collector ?
    bagaimana kesan anda setelah pelajari ios ini ?
    apakah mudah, dan tidak seperti di c++

    1. Untuk Objective-C pada iOS tidak ada Garbage Collector, sehingga kita sendiri yang harus mengatur pengelolaan memory yang digunakan oleh program kita.  Anda bisa mencari artikel/bacaan mengenai manajemen memory di iOS, biasanya disebut sebagai Reference Counting.

      Menurut pendapat saya, Objective-C adalah bahasa pemrograman yang sangat menarik, dan dalam beberapa hal malah lebih mudah dipahami jika dibandingkan dengan Java.  Mengenai perbandingannya dengan C++, saya sendiri malah tidak pernah belajar C++ secara intensif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s