Cara mengurus KIK

Hari Selasa kemarin, tanggal 7 Maret 2011, seperti biasa saya kuliah di gedung FMIPA Utara, lebih tepatnya di Magister S2 Ilmu Komputer UGM.  Saya terkejut karena pintu selatan yang biasanya terbuka untuk masuk ternyata ditutup.  Untuk masuk ke MIPA sekarang harus melewati pintu utama. Ok, tidak apa-apa, toh saya tinggal memutar saja.

Setelah selesai kuliah (dengan kepala berkunang-kunang karena sudah mulai lapar), saya keluar melalui pintu samping (dekat Fisika), ternyata di sana sudah ada penjaga pintu yang menanyakan KIK (Kartu Identitas Kendaraan).  Karena saya belum pernah mengurus, maka saya tidak punya.  Bapak penjaga lalu meminta saya untuk membayar Rp. 1000,-.  Ternyata aturan seperti itu mulai berlaku di FMIPA

Setelah mencari info dengan tanya-tanya teman, ternyata prosedur untuk mengurus KIK sangat mudah.  Yang harus dipersiapkan adalah :

  • fotocopy STNK
  • fotokopi KTM
  • Foto 3X4 sebanyak 1 lembar.
  • formulir KIK

Untuk membuat KIK tidak perlu membayar, hanya perlu antri sebentar karena kartu KIK bisa langsung jadi.  Untuk mengisi formulir KIK dilakukan melalui komputer yang disediakan di sana.  Sebenarnya terdapat fasilitas untuk mengisi formulir itu secara online, tapi sepertinya kik.ugm.ac.id tidak dapat dibuka dari luar jaringan UGM.

Bagi saya kebijakan KIK ini masih bisa diterima asalkan proses pengurusan KIK mudah, cepat dan murah (atau tidak bayar).  Saya sempat membaca beberapa artikel, seperti ini, yang mempermasalahkan kebijakan KIK.  Ada juga yang mendukung (dalam beberapa hal saya setuju dengan argumen yang diberikannya).

Anda sudah mengurus KIK?  Punya cerita lain tentang KIK?

**Update**

Formulir KIK dapat diisi online dengan membuka alamat http://kik.ugm, yang sayangnya hanya bisa dibuka dari dalam jaringan UGM😦

2 thoughts on “Cara mengurus KIK”

  1. Menurut saya kik ga adil buat mahasiswa angkatan 2011 karena kami ga bisa memakainya. Seharusnya kalau ugm Ingin menerapkan kik jgn terbatas semua mahasiswa ugm ugm aktiv harus bisa nikmatinnya

Leave a Reply

