Menginstall Aplikasi buatan sendiri di iPod/iPhone

Bagi anda yang tertarik untuk mengembangkan program di platform IOS, Apple menyediakan beberapa macam alternatif untuk mendistribusikan aplikasi anda.  Saluran distribusi semuanya menuju ke iTunes App Store, kecuali untuk lisensi Enterprise (yang hanya disebarkan secara internal dalam suatu perusahaan).  Biaya paling murah untuk mengikuti developer program sebesar US$ 99 untuk setahun.  Bagi anda yang ingin mendistribusikan/menjual aplikasi anda melalui iTunes App Store, biaya segitu tentunya tidak berarti jika dibandingkan dengan kesempatan yang bisa anda dapatkan🙂

Untuk saat ini saya belum mengikuti developer program karena belum berencana untuk menjual aplikasi ke iTunes App Store.  Selama ini saya mencoba aplikasi buatan saya dijalankan di emulator.  Tentunya tidak semua fungsi bisa dijalankan di emulator.  Misalnya saya tidak bisa mencoba membuat program yang memanfaatkan accelerometer.  Untuk sekedar mencoba aplikasi di device anda sendiri, anda bisa mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di iPhone App minus app store?

Berikut adalah tampilan aplikasi saya (yCounter) saat dicoba dijalankan di device (iPod Touch 2G 8GB)

Aplikasi yCounter di iPod Touch

One thought on “Menginstall Aplikasi buatan sendiri di iPod/iPhone”

  1. Saya sedang ada proyek (bantu teman) yang membutuhkan aplikasi untuk digunakan di iphone. Ada panduan untuk menentukan harga aplikasi untuk iphone? (peter.hwg@gmail.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s