Java Wav File IO

Kemarin saya mendapat tugas kuliah untuk melakukan clustering lagu dengan menggunakan algoritma K-Means Clustering.  Clustering akan dilakukan terdapat 10 lagu, yang terdiri dari 3 genre.  Kemungkinan saya akan memilih genre Pop, Hip-hop dan Country.  Mungkin juga genre Dance atau Trance sekalian🙂

Yang harus kami lakukan adalah mengambil sampel 10 detik untuk masing-masing lagu tersebut.  Setiap sampel dari sebuah lagu dipotong menjadi 10 bagian (setiap 1 detik).  Karena itu totalnya ada 100 sample.  Setiap sample akan diekstrak cirinya, dengan menggunakan pendekatan Zero Crossing Rate, Average Energy dan Silence Ration.

Yang jadi masalah adalah bagaimana cara mendapatkan sampel 10 detik tersebut? Saya berencana akan menggunakan bahasa pemrograman Java.  Java menyediakan JMF (Java Media Framework) tapi sepertinya penggunaannya akan sulit (saya belum pernah mencobanya).  Alternatif lainnya saya akan menggunakan Java Wav File IO yang menyediakan kemampuan untuk membaca data dari wav file.

Mari mulai mengerjakan tugas🙂

Leave a Reply

