Gnome Shell membuat CPU bekerja keras ?

Saya merasa Fedora 15 di laptop saya (Asus K40IN) berjalan lebih lambat dari biasanya.  Selain itu terdengar suara kipas processor yang bekerja keras, padahal sebelumnya tidak pernah terdengar sekeras itu (baik di Linux, Windows maupun saat menjalankan Mac OS X).  Penasaran, saya cek dengan aplikasi System Monitor, ternyata penggunaan Processor mencapai 100% padahal saya tidak menjalankan program yang berat atau melakukan proses yang membebani processor.

Penggunaan CPU mencapai 100%

Pengecekan berikutnya adalah menentukan process mana yang membebani processor?  Ternyata tersangka utamanya adalah Gnome-Shell !

Process Gnome-shell menggunakan 100% CPU

Sedikit investigasi dengan bantuan mbah Google, kemungkinan ini disebabkan oleh driver Nvidia versi 270.41 ?  Pada system saya juga sudah terinstall driver Nvidia 270.41.  Padahal sebelumnya saya tidak pernah mengalami masalah seperti ini.  Masalah ini baru saja muncul, setelah saya melakukan update system (yum update).

Terinstall paket driver Nvidia 270.41

Beberapa orang juga sudah melaporkan masalah ini kepada developer Gnome. Solusi sementara yang dianjurkan adalah rollback ke driver Nvidia versi 260.

**Update**

Masalah tersebut hilang dengan sendirinya setelah saya restart.  Mungkin ini disebabkan karena saya baru saja mengupdate driver VGA sehingga harus restart terlebih dahulu.  Biasanya saya tidak pernah restart setelah melakukan update dan tidak pernah mengalami masalah🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s