Cara Update Hazard 10.6.7 ke 10.6.8

Pada tulisan sebelumnya saya sudah membahas tentang update terbaru untuk Snow Leopard, yaitu 10.6.8.  Saya mendownload delta update kemudian menginstallnya pada Hackintosh Snow Leopard 10.6.7 yang terinstall di laptop saya, Asus K40IN.  Untuk proses update kali ini ternyata tidak berjalan lancar, Hackintosh saya macet pada loading screen (gambar Apple).  Kemudian saya mencoba untuk boot dengan opsi -v untuk mengetahui pada tahapan apa Hackintosh saya macet.

Hasil investigasi boot dengan opsi -v ternyata macet pada tulisan PCI Configuration Begin.  Saya sempat mengalami hal yang waktu akan menginstall Mac OS X Lion 10.7 di laptop ini juga.  Solusinya mudah, bagi anda yang belum terlanjur update, berikut adalah langkah-langkah update yang benar:

  • Download delta update 10.6.8 (update dari 10.6.7 ke 10.6.8)
  • Backup beberapa kext berikut: IOPCIFamily.kext, AppleACPIFamily.kext, AppleHDA.kext dan IO80211Family.kext
  • Install, tapi jangan Restart dulu
  • Copykan kext yang telah dibackup sebelumnya ke /System/Library/Extensions
  • Jalankan Kext Utility untuk melakukan repair permission
  • Restart, jangan lupa berdoa🙂

Konon kabarnya update 10.6.8 ini memberikan peningkatan pada kinerja graphic, tapi saya sendiri masih belum sempat mencobanya.

15 thoughts on “Cara Update Hazard 10.6.7 ke 10.6.8”

  1. Thanks gan infonya,,kmrn dah smpet update dari hazard 10.6.7 ke 10.6.8,cuma waktu boot dng option -v kompi saya stuck di PCI Configuration Begin gara2 lupa backup Kext yg dianjurkan…mudah2an next time sukses,,

  2. misi bro, numpang tanya dong
    saya pake asus k40in, install hackintosh sesuai panduan bro yang dulu (pake nvenabler.kext) ,kalau mau update ke 10.6.8 apa harus pakai kext baru atau gimana bro?

    kemudian untuk hazard, saya sudah download, burn namun waktu booting mengapa selalu restart kembali ke bios? terima kasih

    1. kalau saat ini sudah lancar di 10.6.7, maka yang perlu dibackup adalah kext-kext yang telah saya sebutkan di atas.  Install update sesuai petunjuk di atas.

      untuk mengetahui di mana kesalahannya, pada saat boot dengan DVD installer Hazard, ketikkan -v
      Perhatikan baik-baik apa pesan terakhir yang muncul di layar sebelum restart.

  3. sleep enabler perlu di hapus ngga mas? kemudian saya temui error pada ACPI_Platformplugin… bla..bla timeout… kenapa ya mas? trims

    1. saya sudah tidak menggunakan SleepEnabler sejak 10.6.6, jadi silahkan dihapus saja.  Mengenai error ACPI_Platform….. bisa diatasi dengan menimpa kext AppleACPIFamily.kext dari 10.6.6

      (jadi harus dibackup dulu sebelum anda melakukan update, seperti yang sudah saya tuliskan di atas)

  4. klo saya pake dual boot mac dg windows.. jika tidak bisa boot ke mac OS bagaimana caranya menambahkan atau menghapus kext? jika dengan macdrive tidak ditemui drive error bgmn memperbaiki masalah tidak bisa login ke os x? haruskah install ulang?

    1. jika anda menginstall MacDrive, nanti partisi tempat anda menginstall Mac akan terlihat dan dapat diakses dari Windows.  Anda bisa menambah atau menghapus kext melalui Windows Explorer.

      mengenai tidak bisa login maksudnya bagaimana ya? apakah sudah sampai masuk ke tampilan grafis login?

      untuk mengetahui di mana letak kesalahan, pada saat boot, tambahkan parameter -v

      catat pada bagian apa boot mac berhenti, kemudian coba anda tanyakan di sini atau mencarinya melalui Google.

  5. gan ak nginstall mac kedetek 4.0ghz padalan seharusnya 2.3ghz dan ram 2gb ddr2 padalan ddr3 gi mna ngatasinya ? ak pk legacy kernel ,lepi ku core i5 2410m sandybridge ,lalu mac nya agak berat macet2 dikit, ap karna msh pk 1 core !!!!!!!!!! satu lg gan ..cara nulis opsi -v tu gi mna ya etelah di pencet f8 ? tlg gan jwbanya …….newbie ni di mac

    1. Untuk mengubah frekuensi processor edit file SMBIOS.plist, cari di /Extra/Extensions

      Jika masih berjalan dengan 1 core, maka performanya memang akan menurun drastis, sehingga terasa lambat (ngelag-ngelag)

      Pada saat bootloader Chameleon muncul, langsung ketik -v, tidak perlu tekan F8 (ini bukan Windows)

  6. ga’ bsa tu gan bisanya abis tekan f8 langsung ku ketik -v ap bener ? stu lg gan katanya kl install mac harus install jendela dlu bru mac lionya ,tu gi mna sih ak ga’ mudeng ,ak baca2 di forum hendito gitu !! ap a gan gitu jg ? jelasin dong tlg…..ama biar core nya jalan semua gimana caranya ?? thanx jwbanya

  7. ak install mac di laptop core i5 2410m sandybridge kayknya cma 1 core yg di pake’ ,gi  mana gan biar core nya yg ad berjalan semua ? stu lg cara install mac di partisi MBR gi mna !!! tlg jawabanya

  8. saya udah berhasil update ke 10.6.7,tapi kok komputer saya jadi ngelag ya??

    saya update ke 10.6.8 dan nge-Backup dan tidak nge-Backup juga hasilnya,tampilan komputer saya jadi artifact gtu..dan kadang2 black screen..itu kira2 kenapa ya?saya pke GeForce 9600 GT dengan setingan com.apple.plist Graphic enabler=yes 

    makasih ya🙂

Leave a Reply

