Sistem Informasi Kost di Yogyakarta?

Website InfoKost.com

Bulan-bulan sekarang ini merupakan awal masuknya mahasiswa baru ke Universitas pilihannya masing-masing.  Yogyakarta sebagai salah satu kota pelajar yang memiliki banyak Universitas dan Sekolah Tinggi tentunya menjadi salah satu pilihan yang strategis bagi mahasiswa baru.  Sebagian besar mahasiswa baru yang akan berkuliah di Yogyakarta sepertinya berasal dari luar Yogyakarta, bahkan banyak juga yang dari luar pulau Jawa.  Mahasiswa dari luar Yogyakarta tersebut tentunya akan membutuhkan kost/pondokan/kontrakan sebagai tempat tinggal mereka selama menempuh pendidikan.

Menurut pengamatan saya setiap tahunnya terjadi ketidakseimbangan antara jumlah mahasiswa baru dengan jumlah mahasiswa yang lulus.  Karena itu kebutuhan kost/pondokan/kontrakan akan meningkat setiap tahunnya.

Beberapa hari ini saya sering melihat mahasiswa baru didampingi oleh keluarganya mencari kost.  Beberapa keluarga memilih cara langsung mendatangi tempat kost untuk langsung melihat kondisi kost tersebut, apakah dirasa cocok atau tidak. Sebagian keluarga lainnya mencari informasi kost dari saudara atau temannya yang sudah kuliah di Yogyakarta.  Sebagian keluarga lainnya mencari informasi di Internet, seperti situs InfoKost. Infomrasi mengenai kost/pondokan/kontrakan juga bisa anda dapatkan di PIKKO (Pusat Informasi Kost dan Kontrakan) yang menyediakan informasi dengan biaya Rp. 20.000,- untuk beberapa alamat kost/pondokan/kontrakan yang sesuai dengan keinginan pencarinya.  Layanan PIKKO memberikan garansi selama 2 minggu jika alamat yang diberikan ternyata tidak valid atau sudah dihuni.

Saya pernah mencari informasi kost melalui PIKKO, beberapa alamat yang diberikan memang valid, tapi sebagian besar sudah diambil/dihuni orang.  Sepertinya database PIKKO jarang sekali diupdate, atau mungkin mereka mengalami kesulitan mengupdatenya.  Seluruh informasi kost/kontrakan yang dimiliki oleh PIKKO ditulis dalam sebuah buku besar, yang akan dicoret jika ternyata sudah dihuni atau sudah diambil orang.

Selain itu, setiap orang yang membeli informasi di PIKKO juga tidak / jarang sekali kembali ke PIKKO dan memberikan update atas alamat yang diberikan sebelumnya.

Saya melihat ada peluang untuk menyediakan layanan informasi kost/kontrakan yang datanya selalu terupdate dan sebisa mungkin akurat.  Bagaimana caranya, tentunya perlu pemikiran dan perancangan lebih lanjut.  Yang paling penting menurut saya adalah bagaimana mendorong pemilik kost/kontrakan agar aktif mengupdate data kost/kontrakan mereka sendiri.

Anda berminat membuat sistem informasi kost?

One thought on “Sistem Informasi Kost di Yogyakarta?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s