Firefox 7.0 Alpha 2 (Aurora) di Mac OS X Lion

Firefox 5.0 di Mac OS X Lion DP4 saya beberapa kali mengalami crash.  Ternyata yang mengalami masalah ini tidak hanya saya sendirian.  Crash akan terjadi apabila membuka halaman web yang menggunakan font khusus (yang harus didownload oleh browser).  Mozilla juga menanggapi hal ini dan berjanji akan segera merilis update 5.0.1 khusus untuk pengguna Mac OS X Lion.

Saya dapat dikatakan jarang menggunakan Mac OS X Lion, hanya sesekali saja.  Saya lebih sering menggunakan Mac OS X Snow Leopard (untuk iOS Development) dan Windows 7 (untuk kegiatan sehari-hari).  Sekedar info, laptop saya (ASUS K40IN) terinstall 3 sistem operasi: Lion, Snow Leopard dan Windows 7.  Saya berencana untuk migrasi ke Lion jika sudah muncul rilis finalnya (diperkirakan pertengahan bulan ini, 14 Juli 2011).

Karena crash yang cukup mengganggu, maka saya memutuskan untuk mencoba Aurora, yaitu Firefox versi 7.0 Alpha 2.  Karena Lion adalah sistem operasi yang jarang saya gunakan, tidak apa-apa jika saya mencoba software versi Alpha di sini :)  Firefox Aurora dapat didownload di sini.  Berikut tampilan Aurora (tidak banyak berubah jika dibandingkan dengan Firefox 5.0).

Secara umum Aurora lebih stabil jika dibandingkan dengan Firefox 5.0.  Keanehan ini hanya terjadi pada Firefox 5.0 versi Mac, sedangkan untuk versi Windows saya tidak pernah mengalami crash sekalipun.  Walaupun stabil, sayangnya beberapa extension yang sering saya gunakan (DownThemAll dan AdBlock) tidak kompatibel.  Jadi sementara ini saya harus bersabar melihat banner-banner iklan bermunculan😦

Saya akan menginstall Firefox 5.0.1 jika sudah keluar dan akan menguninstall Aurora.

Leave a Reply

