Menangani Keyboard pada penggunaan UITextField

Dalam pembuatan aplikasi, kita akan sering menggunakan UITextField, untuk menerima input dari pengguna.  Input tersebut akan diketikkan oleh pengguna menggunakan keyboard yang akan muncul (touch screen keyboard).  Salah satu permasalahan yang sering muncul adalah pada kasus di mana keyboard yang muncul malah menutupi UITextField yang akan diisi.  Seperti pada gambar di atas, jika pengguna akan mengisi bagian Email, maka keyboard akan muncul menutupi input Email tersebut.

Solusinya? Apple sendiri memberikan panduan yang cukup jelas, yaitu dengan melakukan scrolling view ke atas, menyesuaikan dari tinggi keyboard.  Referensi lebih lengkap mengenai hal ini dapat anda baca langsung pada dokumentasi Apple mengenai Keyboard Management.

Agar lebih mudah dalam menerapkan panduan dari Apple tersebut, anda dapat meletakkan komponen UIScrollView pada View terlebih dahulu sebelum meletakkan komponen lainnya.  Jadi yang akan digeser adalah UIScrollView tersebut.

Contohnya, jika semula seperti ini (Keyboard menutupi input UITextField)

Setelah menerapkan panduan dari Apple, hasilnya akan seperti berikut:

catatan: screenshot kedua diambil setelah saya mengubah view dan menambahkan gambar background, tapi letak UITextField tidak mengalami perubahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s