Free hotspot… eh ternyata..

Ok, harus diakui jika saya sedikit mengalami adiksi terhadap Internet.  Jika berada di tempat umum, saya biasanya akan merasa gembira jika tersedia layanan internet, apalagi jika gratis (baca: Free hotspot).  Hal ini disebabkan karena saya tidak memiliki gadget yang dapat mengakses internet melalui jalur data dari provider telekomunikasi.  Yang saya miliki hanya sebuah iPod Touch, sedangkan handphone saya, Nokia 1660 tidak memiliki kemampuan untuk mengakses internet.

Singkat cerita, saya mampir di salah satu pusat perbelanjaan di Jogja, terpampang spanduk besar bertuliskan Free Hotspot di food courtnya (saya lupa mengambil fotonya).  Dengan antusias saya langsung mengeluarkan iPod Touch (sambil menunggu pesanan makanan datang).  Memang ada satu access point aktif, tidak membutuhkan password.  Saya langsung mencoba access point tersebut, dan langsung terkoneksi.  Berikutnya saya mencoba membuka google.com, hasilnya mengecewakan, ternyata ditunggu lama sekali tidak terbuka sama sekali.

Mungkin banyak yang pakai, sehingga jadi lambat.  Tapi setelah saya lihat sekitar, tidak ada satupun yang membawa laptop/notebook/netbook maupun mengeluarkan smartphone.  Sebagian besar sibuk dengan keluarganya, hampir tidak ada yang mengeluarkan gadget.

Iseng saya coba buka alamat access point (kebetulan masih diset ke 192.168.1.1), ternyata diminta login.  Saya coba masukkan password default (bawaan dari pabrik), ternyata bisa masuk :)  Rupanya sang administrator ceroboh dengan tidak mengubah password dari router tersebut.  Saya coba lihat setting koneksi, eh, ternyata router tersebut memang tidak memiliki koneksi ke Internet😦

Lha terus free hotspot itu?  Apa karena itu jadi tidak ada satu orang pun yang terlihat sedang menggunakan layanan itu?

Leave a Reply

