Instalasi Mac OS X Lion di Asus A43SJ

Sudah dua hari ini saya mengutak-atik laptop Asus A43SJ (Core i3 2330M, Nvidia GT520M) untuk diinstall Mac OS X Lion.  Laptop ini pinjaman (bukan milik sendiri), karena itu saya tidak terlalu banyak melakukan percobaan install (kalau sampai rusak bisa kacau).

Untuk instalasi saya menggunakan media USB Flashdisk 8GB yang diracik sendiri berdasarkan panduan dari sini, kemudian menggunakan MBR patch dari nawcom (agar bisa diinstall di format partisi bertipe MBR). Secara umum jauh lebih mudah menginstall Lion di A43SJ ketimbang K40IN.

Setelah mencoba menginstall dua kali, hasil yang didapat adalah:

  • Processor Core i3 2330M terdeteksi dan bekerja dengan baik
  • VGA Nvidia GT520M bekerja dengan tambahan opsi GraphicsEnabler=yes di org.chameleon.Boot.plist
  • Ethernet (LAN) bekerja dengan tambahan opsi EthernetBuiltIn=yes, lalu ditambah driver Realtek 81xx dari Lnx2Mac
  • Sound bekerja dengan VoodooHDA
  • Wifi bekerja dengan AR9285kext yang didownload dari sini.
  • Fungsi shutdown dan restart berjalan dengan baik
  • Tombol Fn+F5-F7 (mengatur tingkat kecerahan monitor) bekerja dengan baik
  • DVD-RW Drive terdeteksi dan bekerja dengan baik
Hardware yang tidak terdeteksi/tidak bekerja dengan baik:
  • Trackpad
  • Bluetooth
  • Webcam terdeteksi tapi tidak mengeluarkan gambar (dicoba pada aplikasi Photobooth)
  • Sleep tidak bisa
Saya merasakan A43SJ ini jauh lebih lancar menjalankan Lion ketimbang Asus K40IN milik saya.  Karena waktu oprek saya saat ini terbatas, mungkin lain kali akan saya lanjutkan lagi eksplorasi untuk mengaktifkan hardware-hardware yang belum terdeteksi/belum berjalan dengan baik.
Saat dicoba menjalankan film Kungfu Panda 1080p dengan VLC

44 thoughts on “Instalasi Mac OS X Lion di Asus A43SJ”

      1. i’ve got the ‘crafted’ VoodooHDA.kext from my friend and do “kextload” to it 

        hope it gracefully :p

      2. the new problem is coming,, still waiting for root device..

        [what happen here?] actually the booting will be success when we use another os first then restarting again.. is it rite?

        what kind of patch should be taken?

      3. it works charmly till now.. any suggestion for keyboard mapping for windows or linux user?
        the new user need to get used to using this keyboard..eg: collapsing all active windows

      4. are there many tips on your exp for saving the battery?
        i’ve updated my bios to 311

        it only take 2 hours i need 3-4 hours😀

      5. on windows7 the charging take so long..the discharging taken long time too :p
        it is different even charge quickly then discharge quickly too on macosx

        is it normal?

  1. pak saya dah buat USB installernya, tapi kok selalu restart ya pak
    spt g mau masuk menu instal gitu😀
    mohon penjelasan.. makasih

      1. heheh.. thanks.. tnya lagi.. itu pake dvd retail Lion?? atau pake yg lain?? maaf sy enggak tw link downloadnya jg..🙂

  2. wah,notebooknya hampir sempurna ya….. rekomendasi nih buat hackintosh,

    just share : sy pengguna lenovo u460, all working sangat baik(–sempurna=audio,proci,keyboard,usb,webcam) install snowleopard apa lg LION. masalahnya hanya satu WIFinya ga ada drivernya (BCM4313 rencana mau ganti pake yg ARxxx)(ganti pake mini usb Prolink wn2001) http://www.kaskus.us/showpost.php?p=574723543&postcount=586 , thnx

  3. ane juga pake asus a43s, nyobain instal pake cd nya iatkos s3v2,Li, ama L2 gagal semuanya, ada saran gak bro gimana caranya supaya berhasil, soalnya tiap tiap reset sendiri mulu pas proses instalasinya….
    thanx.

      1. mas ngomong2 masalah USB, saya pakai A43SJ dan iAtkos L2. Di laptopnya ada USB 3.0 tapi ga fungsi alias ga bisa detek device kaya flash disk, n mouse. Ada solusi ?

  4. lalu touchpadx bisa kan hanya fitur tambahan apple saja yang gakbisa……!
    tolong kasih tau q soalnya ni pakai asus a43sj
    kasih tau apabila ada perkembangan soalx q penggemar apple

  5. mungkin telat nulis ini tapi ane mau nanya ni bang.. ane masih mahasiswa sih :p
    kok waktu ane mau boot make CD, kok tiba2 dia ngeluarin report error gitu ya? apa karena ada win 7 64 bit? ane install amek iATKOS_L2 nih..
    laptopnya juga sama kok, asus A43S.. mohon pencerahannya🙂

  6. klo masalah webcam coba pake camtwist….
    sy pake asus a43sd instal via ufd distro iatos l2+combo update 10.7.4 pake multibeast 4.6 lancar semuanya,,,hanya nvidiax yg blom bisa
    (dualboot win7 64bit n’ lion 10.7.4)

  7. bro yuan saya berhasil dengan iatkos L2 di acer 4743G (dgn me-remove AppleIntelHDGraphics.kext dan AppleIntelHDGraphicsFB.kext untuk masuk desktop) , spec i5-480M 2.66GHz, yang belum dikenali Display Intel HD Grapics + Nvidia Gf GT540M (masih stuck di resolusi 1024×768). saya pernah dapat kext NVidia, tapi hanya dikenali, resolusi tidak berubah. Kext Intel GMA family juga tidak menolong. Ada solusi buat saya?

  8. kang mau tanya, sound nya kok suaranya ngerebek gigu di speaker, pake headset juga sama.. ada solusi ga ??
    saya pake asus a43sj yang dualcore

  9. saya punya laptop asus A42e nginstal hazard – snow leopard memang berhasil dan sukses tapi waktu tahap kedua ( registrasi data ) gak bisa masuk bro cuman loading aja,,, gmana solusinya yah,,,

Leave a Reply

