4 Hal yang harus dipersiapkan untuk memulai iOS App Development

Anda tertarik untuk belajar membuat aplikasi untuk platform iOS (iPhone, iPod Touch dan iPad) ? Ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan.  Perlu anda ketahui, iOS adalah sistem operasi buatan Apple, diturunkan dari Mac OS X.  Jika anda pernah belajar pengembangan aplikasi untuk platform desktop Mac OS X, anda hanya perlu penyesuaian sedikit.  Untuk anda yang baru pertama kali berkenalan dengan platform Apple, tidak perlu kuatir, karena saya akan menuliskan hal-hal yang perlu anda persiapkan.

Sebuah Mac (MacBook Air, MacBook, MacBookPro, iMac, Mac Mini atau Mac Pro) dengan Sistem Operasi minimal Mac OS X 10.6.6 atau Mac OS X 10.7

Ini merupakan kebutuhan pertama dan sekaligus sebuah entry barrier yang cukup besar, khususnya bagi anda yang tidak memiliki Mac.  Merupakan entry barrier karena harganya cukup mahal bila dibandingkan dengan komputer biasa.

Kenapa harus menggunakan Mac?  Karena tools development seperti Xcode hanya berjalan di atas sistem operasi Mac OS X 10.6.6 ke atas atau Mac OS X 10.7.0 ke atas.  Untuk saat ini tidak ada Xcode untuk platform Windows atau Linux.  Dugaan saya nantinya juga tidak akan pernah ada😦

Apakah bisa menggunakan Hackintosh?  Bisa, jika anda hanya ingin belajar sendiri.  Ingat, yang dibutuhkan sebenarnya sistem operasi Mac OS X.  Jika anda berhasil menjalankan Mac OS X pada komputer biasa (atau dikenal dengan istilah Hackintosh), berarti anda sebenarnya sudah memenuhi kebutuhan pertama ini.

Jika saya menggunakan Hackintosh, bagaimana kompatibilitasnya?  Jika hanya untuk belajar saja, sebagian besar proses pengembangan aplikasi iOS bisa dijalankan dengan baik.  Jika anda berniat mengupload aplikasi anda ke iTunes Store, tentunya sebaiknya menggunakan Mac, terutama bila anda ingin mendapatkan pemasukan dari aplikasi tersebut.

Saya punya iBook/iMac/MacPro keluaran beberapa tahun yang lalu, apakah bisa digunakan?  Hanya Mac dengan processor Intel yang dapat menjalankan Xcode untuk iOS Development.  Cek hardware anda untuk memastikannya.

iOS Device (iPhone, iPod Touch, iPad)

Walaupun pada Xcode sudah disertakan iOS Simulator, anda tetap membutuhkan device realnya untuk mencoba program anda, terutama bila program anda mengakses fitur Accelerometer, Camera, GPS, Gyroscope, Network Connection dan sebagainya.

iOS Simulator, sesuai namanya, hanya merupakan simulasi untuk memberikan gambaran seperti apakah tingkah-laku aplikasi anda saat dijalankan di devicenya.  Tentunya simulasi tidak bisa menyerupai 100% pada kondisi nyatanya.  Contohnya memory.  Pada iOS Simulator, memory menggunakan memory Mac anda (yang tentunya berlipat-lipat dibanding memory pada iOS devicenya).

Apakah saya harus punya semuanya?  Disarankan anda punya iPhone dan iPad, atau iPod Touch dan iPad. Tergantung juga pada aplikasi anda, akan digunakan di layar besar (iPad) atau layar kecil (iPhone), atau mendukung keduanya?

Xcode

Untuk membuat aplikasi native (yang berjalan langsung di device, tanpa melalui 3rd party library atau menggunakan browser) anda dapat menggunakan Xcode.  Sebenarnya tersedia beberapa alternatif tools lain yang dapat digunakan.  Jika anda menggunakan Xcode, dijamin hasilnya akan 100% kompatibel dengan platform iOS.

Sebaliknya jika menggunakan tools 3rd-party, mungkin saja bisa kompatibel 100%, tapi bila Apple mengubah API, anda harus menunggu pihak vendor tersebut membuat updatenya, menyesuaikan dengan perubahan dari Apple.

Developer License (US$ 99 per-tahun)

Anda butuh developer license yang bisa dibeli dari Apple, jika ingin menjual aplikasi anda di iTunes Store.  Anda hanya perlu membuat aplikasi sebaik mungkin, Apple yang akan mengurusi jalur distribusi, periklanan, pembayaran dan sebagainya.  Sebagai imbalannya, Apple mendapat bagian 30% dari penghasilan anda.

Dengan sistem bagi hasil 70:30, menurut saya masih masuk akal karena saya tidak perlu mengurusi sendiri penjualan, mencari pembeli, beriklan dan sebagainya.  Saya tidak perlu berlangganan hosting (untuk fasilitas download aplikasi).  Selain itu, anda bisa menjual macam aplikasi sebanyak yang anda mau.

Beberapa hal yang bisa menjadi bekal anda adalah buku-buku tentang iOS App Development dan Objective-C.  Buku-buku referensi akan saya tuliskan pada tulisan berikutnya.

4 thoughts on “4 Hal yang harus dipersiapkan untuk memulai iOS App Development”

    1. Tanpa lisensi anda tidak dapat mencoba aplikasi langsung di device, jadi hanya mencoba di simulator.

      Selain itu, anda juga tidak bisa menjual aplikasi di iTunes Store.

  1. maaf mas mw tanya.
    Apakah file .ipa nya bisa di build di xcode hackintosh? yg pasti tidak berlisensi. Lalu mencobanya di device yg sudah di jb?
    thengkyu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s