(Lanjutan) Instalasi iAtkos L1 di Dell Inspiron 4050

Beberapa hari yang lalu saya kembali mendapat kesempatan untuk bereksperimen menginstall iAtkos di Dell Inspiron 4050, laptop milik teman saya.  Dulu saya juga pernah menulis pengalaman menginstall Hackintosh di laptop ini.

Instalasi terdahulu rusak karena partisi Hackintoshnya corrupt, kemungkinan disebabkan oleh software Paragon HFS yang diinstall di Windows, yang memungkinkan kita bisa membaca filesystem Mac dari Windows.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, saya kembali meracik USB Flashdisk installer dengan langkah:

  1. Restore iso image iAtkos L1 ke USB Flashdisk berukuran 8 GB.
  2. Install Chameleon Bootloader ke USB Flashdisk tersebut

Saya sempat bingung karena USB Flashdisk tersebut gagal untuk boot ke installer.  Saya juga sempat meracik lagi USB Flashdisk installer dengan menggunakan image Lion GM.  Ternyata gagal juga. Permasalahannya sama: tidak bisa boot ke installer.

Ternyata solusinya mudah:  partisi HFS+ yang sebelumnya ada (dalam kondisi corrupt) harus diformat terlebih dahulu.  Saya mencoba mem-format ke format FAT32.  Begitu saya coba boot, ternyata langsung berhasil, langsung masuk ke installer.

Untuk driver-driver bisa mencoba N4050 Lion Kit.  Walaupun tertulis untuk processor Core i3, tapi bagi anda yang memakai Core i5 atau Core i7 juga bisa menggunakan kumpulan driver tersebut🙂

3 thoughts on “(Lanjutan) Instalasi iAtkos L1 di Dell Inspiron 4050”

  1. permasalahan yang juga sering saya alami, laptop tidak mau booting dari fd, entah itu pemformatan fd yang salah atau file isonya yang memang tidak bisa booting, tpi ada jg laptop yang mudah rusak hardisknya sehingga booting aja bermasalah.

Leave a Reply

